Sukses

Di Indonesia Aja Travel Fair 2024, Ada Transportasi Alternatif Siasati Mahalnya Harga Tiket Pesawat Domestik

Di Indonesia Aja Travel Fair (DIATF) 2024 akan terselenggara di empat kota: Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Medan.

Liputan6.com, Jakarta - Di Indonesia Aja Travel Fair (DIATF) kembali hadir tahun ini. Tidak hanya di satu tempat, pameran perjalanan hasil kolaborasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) ini hadir di empat lokasi, yakni Suarabaya, Jakarta, Medan, dan Makassar.

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Odo Manuhutu, mengatakan bahwa tujuan DIATF 2024 berlangsung di empat kota adalah meningkatkan kesadaran akan program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI). "Bukan hanya untuk pemerintah daerah, namun juga masyarakat luas," katanya saat jumpa pers virtual, Selasa, 24 September 2024.

Salah satu yang sayangnya masih disoroti dari berwisata di Indonesia adalah mahalnya harga tiket pesawat domestik. Mengakali itu, Ketua Umum DPP ASTINDO, Pauline Suharno, mengatakan bahwa PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan keikutsertaan mereka di DIATF tahun ini sebagai transportasi alternatif para pelancong.

"Kereta api bisa mengangkut penumpang dalam jumlah banyak dengan harga terjangkau," ucapnya di kesempatan yang sama. Opsi ini kian menarik, karena terdapat diskon 20 persen untuk kereta api kelas komersial yang bisa didapatkan hanya di booth KAI selama acara berlangsung.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini, mengatakan bahwa pameran perjalanan, seperti DIATF, kian memudahkan wisatawan mendapat berbagai penawaran menarik. Perluasan lokasi penyelenggaraan DIATF sejalan dengan pihaknya yang ingin lebih gencar mempromosikan lima Destinasi Super Prioritas (DSP).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Paket Kunjungan Desa Wisata

Sebagai informasi, lima DSP di Indonesia adalah Candi Borobudur, Jawa Tengah; Danau Toba, Sumatra Utara; Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB); Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT); dan Likupang, Sulawesi Utara. Selain itu, Ayu menyoroti paket kunjungan ke desa wisata, yang menurut dia, tidak kalah menarik.

Ia berbagi, "Ada banyak desa wisata di sekitar lima DSP maupun di luar itu yang menarik dikunjungi. Semua informasinya bisa didapatkan melalui Jaringan Desa Wisata (Jadesta) Kemenparekraf." Melengkapi itu, berbagai event daerah juga akan dipromosikan selama DIATF 2024.

Apa yang ditawarkan desa wisata, Pauline menyambung, sejalan dengan tren pariwisata terkini. Ia mengatakan bahwa alih-alih semata mempertimbangkan tujuan melancong, turis sekarang lebih mencari pengalaman unik. Dengan kata lain, mereka bisa saja menyambangi destinasi yang pernah didatangi, namun untuk agenda berbeda.

"Aktivitas wisata dengan pengalaman unik, kemudian ekowisata, itu akan kami tawarkan (selama DIATF), dengan menyesuaikan tren perjalanan masa kini," ujar dia. "Wisawatan sekarang lebih suka slow travel."

3 dari 4 halaman

Tren Pariwisata

Mengamini itu, Ayu berkata bahwa destinasi-destinasi hidden gem masih diburu para pelancong. "(Wisatawan) menghindari tempat-tempat ramai," kata dia, seraya menambahkan bahwa perjalanan wisata kuliner juga masih diminati.

Ia mengungkap, pelancong sekarang suka berkegiatan dalam komunitas. Perkumpulan lari, misalnya, akan bersama-sama melancong ke suatu daerah untuk menjajal track lari yang berbeda. "Mereka mencari daerah yang banyak wisata petualangannya," imbuhnya.

Tren perjalanan lain yang ia catat adalah wisatawan ingin perjalanan mereka berdampak, terutama dalam perbaikan destinasi wisata yang disambangi. Ayu mencontohkan, ini terefleksi dari kegiatan-kegiatan, seperti bersih-bersih pantai, menanam bakau, dan pelepasan anak penyu.

"Wisatawan sekarang punya kesadaran untuk berkontribusi lebih," sebut dia.

DIATF 2024 sendiri kembali didukung LPS. Di setiap kota penyelenggaraan, pihaknya akan membuka booth yang memberi informasi dan sosialisasi terkait mekanisme perlindungan simpanan, serta manfaat yang didapat masyarakat. "Peningkatan kesadaran masyarakat tentang perlindungan simpanan akan semakin penting seiring bertumbuhnya konsumsi dan aktivitas ekonomi," ujar Sekretaris Lembaga LPS, Annas Iswahyud.

4 dari 4 halaman

Kapan DIATF Berlangsung?

Beragam jenis perjalanan yang bisa diplih sesuai minat itu akan ditawarkan selama DIATF 2024 berlangsung di empat kota. Berikut jadwal lengkap pameran perjalanan tersebut:

  • Tunjungan Plaza, Surabaya, 27--29 September 2024.
  • Puri Indah Mall, Jakarta, 4--6 Oktober 2024.
  • Center Point Mall, Medan, 25--27 Oktober 2024.
  • Mall Panakkukang, Makassar, 1--3 November 2024.

Selain diskon tiket kereta api yang sudah disebutkan di atas, promo lain selama DIATF 2024 adalah potongan harga paket wisata 20--25 persen, diskon tambahan senilai Rp150 ribu hingga Rp1 juta pada jam tertentu, serta cicilan 0 persen. Pauline menyambung, ada pula cashback sebesar Rp300 ribu bagi pemegang kartu kredit dan debit BCA, BRI, BNI, Bank Mandiri, dan CIMB Niaga.

Soal target, ia mengatakan bahwa pihaknya membidik nilai transaksi "tidak terlalu jauh" dari DIATF tahun lalu. "Tahun lalu (nilai transaksinya) Rp7 miliar, jadi tahun ini ditargetkan tidak jauh dari angka tersebut. Ekspektasi kami tentunya (nilai transaksi) meningkat," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.