Sukses

Mengapresiasi Beragam Ide, Kreativitas dan Inovasi Bangsa Lewat Ideaward 2024

Ideward 2024 yang menjadi bagian dari Ideafest 2024 ini mempertemukan para pemimpin nasional, tokoh kreatif, dan instansi pemerintahan yang telah menunjukkan komitmen luar biasa melalui ide-ide kreatif dan inovatif.

Liputan6.com, Jakarta - Malam penganugerahan IDeaward 2024 digelar di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), menjadi ajang penghargaan paling bergengsi dalam menghormati instansi dan individu yang memberikan kontribusi signifikan terhadap kreativitas dan inovasi di Indonesia.

Acara yang menjadi bagian dari Ideafest 2024 ini mempertemukan para pemimpin nasional, tokoh kreatif, dan instansi pemerintahan yang telah menunjukkan komitmen luar biasa dalam membangun masa depan yang lebih baik melalui ide-ide kreatif dan inovatif.

“Saya mengapresiasi penyelenggaraan Ideafest dan Ideaward yang jadi momen penting buat mengembangkan inovasi di sektor ekonomi kreatif. Saya harap melalui Ideafest ini bisa jadi momentum buat perkuat sektor ekonomi kreatif yang telah menyumbang 7,8 persen ke PDB nasional,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam kata sambutannya di IDeaward 2024, Jumat, 27 September 2024.

IDeaward 2024 menghadirkan sejumlah kategori penghargaan yang diberikan kepada instansi dan tokoh-tokoh inspiratif di berbagai sektor. Salah satu penerima penghargaan, Kejaksaan Agung, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada IDeaward 2024 karena telah menjaring berbagai ide dan gagasan yang diberikan para instansi Pemerintah lembaga terkait dengan bagaimana kerja-kerja terbaik yang bisa disumbangkan terhadap bangsa dan negara.

Mengenai terobosan Kejaksaan, Kapuspen Kejaksaan Agung Harli Siregar mengatakan, ST Burhanuddin merubah paradigma bahwa penegakan hukum saat ini menjadi tajam ke atas dan humanis ke bawah.

Agung Harli menilai, Peraturan Jaksa Agung nomor 15 tahun 2020 tentang penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif ini menjadi satu ide dan gagasan yang sangat humanis dan cemerlang dari seorang Burhanuddin.

 

 

2 dari 3 halaman

Pemenang Penghargaan

Dengan begitu masyarakat yang membutuhkan keadilan, masyarakat di tingkat bawah itu bisa benar-benar merasakan penyelesaian perkara berdasarkan keadilan restoratif. "Ada lebih dari 6 ribu perkara yang sudah kami selesaikan berdasarkan pendekatan keadilan restoratif ini dan begitu positif bagi rakyat kecil,” terangnya.

Selain Kejaksaan Agung, pemenang lainnya adalah Metaksosam, Biro Pemberitaan Parlemen, Setjen DPR RI (Lomba Konten Aspirasi), Penghargaan: Kreatif untuk Inovasi dalam Penyampaian Aspirasi Melalui Media Digital. Penerima: Dr. Indra Pahlevi, S.IP., M.Si – Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI.

Lalu dari Provinsi Kalimantan Selatan mendapat penghargaan untuk Tokoh Perempuan Kreatif dan Berpengaruh di Kalimantan SelatanPenerima: Ibu Raudatul Jannah, SKM., M.Kes – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan. Selain itu ada Pemprov Kalimantan Timur yang mendapatkan Penghargaan: Kreatif untuk Keberlanjutan dan Kreativitas LingkunganPenerima: Prof. Dr. Drs. Akmal Malik, M.Si – PJ Gubernur Kalimantan Timur.

3 dari 3 halaman

Mendorong Ide-ide Kreatif

Ada juga Pemkot Tangerang Selatan yang mendapatkan Penghargaan Kreatif untuk Inovasi Teknologi dan InfrastrukturPenerima: Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang Selatan Asep Nurdin.

Acara ini tidak hanya memberikan penghargaan kepada inovator dan pemimpin di bidangnya, tetapi juga menjadi ajang inspirasi bagi para peserta untuk terus mendorong ide-ide kreatif yang mampu membangun masa depan Indonesia. Mereka percaya bahwa semangat inovasi yang ditunjukkan oleh para pemenang ini akan membawa dampak yang lebih besar bagi masyarakat.

IDeaward adalah penghargaan nasional yang dirancang untuk memberikan apresiasi kepada individu, instansi, dan organisasi yang menunjukkan kreativitas dan inovasi dalam berbagai bidang, termasuk teknologi, lingkungan, dan kebudayaan. Ajang ini menjadi platform utama bagi para inovator untuk memamerkan karya mereka yang memiliki dampak signifikan bagi Indonesia.