Sukses

Akun IG Timnas Indonesia Diserbu Warganet Usai Sebut IShowSpeed Pakai Kostum KW

Akun Tim Indonesia menampilkan beberapa desain jersey resmi timnas . Desainnya ternyata agak berbeda dengan yang dipakai IShowSpeed, terutama pemisahan warna hitam dengan merah.

Liputan6.com, Jakarta - Kedatangan Yiutuber Amerika Serkat (AS) IShowSpeed ke Indonesia menarik perhatian banyak pihak. Begitu pula dengan penampilannya yang salah satunya mengenakan jersey atau kostum tim nasional (timnas) Indonesia. Akun Instagram resmi Tim Indonesia @timindonesiaofficia menyinggung IShowSpeed saat mengunjungi Yogyakarta. Ia memakai kostum timnas dengan warna dasar hitam dan sedikit warna ,merah di bagian kanan.

Hal itu bermula ketika Darren Jason Watkins alias Speed mengenakan jersey timnas Indonesia yang disebut KW alias palsu. Desain jersey timnas Indonesia yang dipakai ISowSpeed dinilai berbeda dengan desain resminya. "IShowSpeed pakai Jersey Tim Indonesia, tapi kok???," tulis unggahan akun @timindonesiaofficial, pada Selasa 24 September 2024.

Akun Tim Indonesia kemudian menampilkan beberapa desain jersey resmi timnas yang resmi. Desainnya ternyata agak berbeda dengan yang dipakai IShowSpeed. Yang paling terlihat adalah pemisahan warna hitam dengan merah.

Kostum yang dikenakan Speed warna hitamnya lebih dominan, sedangkan di yang versi aslinya terlihat warna hitam di bagian kiri dan meraj di bagian kanan lebih seimbang. "Begini Loh desain-desain resmi Jersey Tim Indonesia edisi olimpiade," tulis akun @timindonesiaofficial pada Selasa, 24 September 2024.

"Jadi, bisa disimpulkan Jersey yang dipakai IShowSpeed itu KW," sambungnya. Meski begitu, unggahan akun IG  resmi Tim Indonesia itu justru dibanjiri komentar negatif dan cibiran dari warganet.

"Support kaga, nyinyir iya.. ," kata seorang warganet. "Ngasih kontribusi kaga? malah nyorotin sisi jersey,” komentar warganet yang lain.

"Pihak perindividu kayak Reza Arap dkk yang gak dapat anggaran miliaran lewat APBN aja mau kontribusi dan itu biayanya lebih dari 3 digit, belum koordinasi dan lain-lain eh ini malah nyorotin sisi lain. lucu," tulis"warganet lain.

"Terus kenapa kalo KW?? Makanya kasih dong, itu juga kemungkinan dari fans, masih mending itu ada logo garuda yang melambangkan tim Indonesia," ujar pengguna yang lain.

"Ya mungkin dia beli KW karena kalian kurang bagus dalam mendistribusikan jersey ori kalian," sahut warganet yang lain.

"Bukannya langsung reach out ke organizer dia (si arap) biar dapet jersey asli malah bikin post gini 😀,” kata warganet lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

IShowSpeed Promosikan Pariwisata Lokal

Konten YouTuber IShowSpeed selama di Indonesia ternyata tidak hanya dipantau para penggemar di dalam negeri, namun juga warganet Malaysia. Sebelum mendarat di Jakarta, pemilik nama asli Darren Jason Watkins Jr. ini telah menghabiskan waktu selama sekitar 24 jam di Kuala Lumpur.

Di sederet komentar online, sejumlah pengguna media sosial asal Negeri Jiran mengaku iri mendapati konten Speed di Indonesia. Menurut mereka, Malaysia "gagal" mempromosikan pariwisata lokal melalui siaran langsung kanal YouTube Speed, yang punya 31,5 juta pengikut.

"Saya pikir, Malaysia Tourism bisa memanfaatkan momen semacam ini di masa mendatang. Sayang sekali kita tidak memanfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan negara dan budaya kita. Ditambah lagi, dia mungkin saja hanya datang ke sini sekali seumur hidup. Maka itu, kita setidaknya membiarkan dia merasakan budaya dan membuat kenangan tidak terlupakan di Malaysia," kata seorang pengguna X, dulunya Twitter..

Mengamini itu, warganet lain berkomentar, "Sangat disayangkan Malaysia melewatkan kesempatan untuk mempromosikan pariwisata kita. Indonesia benar-benar menampilkan semua budaya terbaik di sana (siaran langsung Speed)."

3 dari 4 halaman

Menparekraf Minta Maaf Soal Kedatangan IShowSpeed

"Seharusnya kita ajak Speed makan nasi lemak kak ros, nonton Boria Suka Suka. Kedengarannya sangat menyenangkan," yang lain menyarankan.

Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno akhirnya angkat bicara soal kritik yang dilontarkan oleh Reza Arap ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf mengenai kedatangan IShowSpeed ke Indonesia baru-baruini. Melalui akun X pribadinya, Reza Arap kedapatan membalas cuitan Sandiaga Uno yang memberikan apresiasi atas kedatangan Youtuber Amerika Serikat itu e Indonesia.

Namun, alih-alih ikut mengapresiasi dan mendukung unggahan Sandiaga Uno, Reza justru mengungkapkan kekecewaannya. Pasalnya, ia menganggap Kemenparekraf tidak punya andil apa pun atas kedatangan IShowSpeed di Indonesia.

"Kemana saja, pak? Saya urus semua sendiri pakai koneksi, relasi, dan financial saya yang saya punya yang tidak mungkin sebesar Kemenparekraf," tulis Reza dikutip dari akun Twitter atau X @yourbae.

"Kenapa baru muncul pas semua udah terjadi dan selesai lalu merasa bangga akan hal tersebut, pak? Saya nggak butuh credit. Tapi kalian ke mana saja?" ltulisnya lagi.

4 dari 4 halaman

Mendatangkan IShowSpeed ke Indonesia

Menanggapi hal tersebut, Sandiaga memilih untuk berlapang dada dengan mengakui kesalahan dan menerima kritikan personel grup Weird Genius tersebut. Pria yang akrab disapa Sandi ini bahkan menganggap hal itu sebagai masukan yang positif.

"Sosok Reza Arap ini kan seorang pelaku ekonomi kreatif, dia masuk ke games, dia juga pemusik, ya termasuk sosok yang berprestasi. Ya kita tentunya sangat mengapresiasi masukan yang diberikan," kata Sandi dalam The Weekly Brief With Sandi Uno yang digelar secara online, Senin, 23 Septemnber 2024.

"Saya rasa bagus masukannya. Kita jangan baperan. Segala masukan itu harus kita terima dengan lapang dada, dengan tangan terbuka. Karena ini mungkin bagian dari mencintai. Dan kita mengapresiasi juga,” tambahnya.

Meski begitu, Sandi memastikan, bahwa sejauh ini, Kemenparekraf tak pernah dihubungi pihak Reza Arap mengenai kedatagan IShowSpeed.. Padahal, Kemenparekraf sendiri selama ini selalu terbuka bagi para pelaku ekonomi kreatif. Begitu pula dengan para Youtuber untuk melakukan segala bentuk event dan promosi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini