Sukses

Pandji Sebut Kaesang Pangarep Humblebrag Perkara Beli Roti Rp400 Ribu Bersama Erina Gudono

Kaesang Pangarep sebelumnya telah mengklarifikasi cerita di balik roti Rp400 ribu yang dibelikan untuk Erina Gudono.

Liputan6.com, Jakarta - Kontroversi Kaesang Pangarep beli roti hot dog seharga Rp400 ribu di Grand Central Market, Los Angeles, Amerika Serikat (AS), bulan lalu, bersama istrinya, Erina Gudono, masih terus jadi topik hangat perbincangan publik. Maka itu, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengklarifikasi hal yang dimaksud lewat video podcast-nya yang tayang baru-baru ini.

Alih-alih bercerita seperti di rekaman tersebut, menurut komika Pandji Pragiwaksono, Kaesang sebaiknya meminta maaf. "Dari cerita Kaesang, pada akhirnya roti itu dibeli. Emang disebut mahal, tapi tetap lu beli kan pada akhirnya. Kaesang mau tahu enggak, itu namanya humblebrag," kata Pandji di video YouTube-nya, Rabu, 25 September 2024.

Ia menyambung, "Sudah mendingan Kaesang dan istri minta maaf saja. 'Maaf kami tidak sensitif,' karena Anda-Anda ini adalah anak dan menantu seorang presiden, dan presiden bekerja untuk rakyat. Rakyat masih banyak yang enggak punya duit, masih kesusahan. Boro-boro bisa beli roti Rp400 ribu."

Sebagai informasi, menurut kamus Cambridge, dikutip Jumat, 29 Maret 2024, humblebrag merupakan perbuatan mengatakan sesuatu yang seolah-olah keluhan atau hal yang memalukan, namun sebenarnya merupakan cara memberi tahu orang lain tentang sesuatu yang sangat dibanggakan.

Mariana Plata, seorang psikolog, pendidik, dan penulis kesehatan mental yang berbasis di Panama mengatakan bahwa alasan orang melakukan humblebrag adalah malu. "Mereka dengan rendah hati menyombongkan diri untuk menghindari perasaan tidak menyenangkan yang mengintai," katanya, mengutip Psychology Today.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kaesang Disebut Humblebrag

Brene Brown, pionir dalam penelitian rasa malu dan ketahanan, menjelaskan rasa malu sebagai sensasi bahwa "sesuatu yang kita alami, lakukan, atau gagal lakukan membuat kita tidak layak terhubung." "Kita menyamarkan kesombongan kita atas sesuatu yang kita miliki dengan kerendahan hati yang palsu karena kita telah diajarkan untuk menyembunyikan kesuksesan kita," Plata menyambung.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology menunjukkan bahwa orang memilih merendahkan diri sebagai upaya mengesankan orang lain. Menurut Plata, orang sering mengandalkan taktik humblebrag sebagai cara meningkatkan presentasi diri dan pada akhirnya, membuat orang lain menghormati dan memandangnya dengan cara lebih positif.

"Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang-orang menganggap sikap rendah hati tidak hanya tidak tulus, namun kurang efektif dibanding menyombongkan diri dan/atau mengeluh secara terus terang. Menurut penelitian ini, orang-orang yang mengandalkan strategi (humblebrag) melakukannya untuk mendapatkan lebih banyak rasa disukai dan rasa hormat dari orang lain," bebernya.

3 dari 4 halaman

Pembelaan Kaesang Pangarep

Di video podcast, Kaesang Pangarep menyebut, kini ia lebih terkenal ketimbang Baim Cilik. Dengan bercanda, mantan aktor anak itu menyebut soal roti mahal di AS yang dibeli Kaesang dan Erina. "Iya saking terkenalnya makan roti aja dipermasalahin," canda Baim yang sontak membuat Kaesang tertawa.

Adik Gibran Rakabuming itu menjelaskan bahwa saat itu, ia membelikan roti untuk Erina tanpa tahu harganya. Usai beli roti tersebut, Kaesang dan istri sempat tidak menyangka dengan harga makanan tersebut, sehingga keduanya sempat berdebat kecil.

Bahkan, menurut Kaesang, keduanya tidak bisa hidup di AS karena biaya hidup yang mahal. "Kan istri hamil, sudah kamu duduk nanti aku beliin. Dapatnya lobster roll dan ternyata harganya 25 dolar. Ternyata sekitar (Rp)400 ribuan. Wah mahal banget," jelas Kaesang.

"Nah itu, kalau kamu ajak aku hidup di sini (AS) gajiku habis cuma buat beli ginian," imbuh Kaesang mencontohkan perkataannya pada Erina.

"Kalau kita jeli, Mbak Erina lagi protes, 'Kok mahal banget sih nih roti,'" ujar Kiky Saputri membela. Kiky mengatakan bahwa warganet salah paham terkait unggahan Erina kala itu. Menurutnya, unggahan tersebut merupakan bentuk protes Erina.

4 dari 4 halaman

Kaesang Pangarep Pakai Rompi Putra Mulyono

Pekan ini, Kaesang Pangarep menghebohkan publik dengan tampil mengenakan rompi bertuliskan "Putra Mulyono." Ia terlihat mengenakan busana tersebut saat blusukan ke Tangerang. 

Merujuk video yang beredar di media sosial, suami Erina Gudono ini tampak dikerumuni warga Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Selasa, 24 September 2023. Kaesang terlihat meladeni permintaan foto dari sejumlah orang di lokasi.

Kala itu, ia terlihat memakai kemeja hitam berpadu rompi warna senada dengan sablonan merah muda mencolok di bagian belakang, bergambar siluet dinilai mirip Jokowi oleh sejumlah warganet. Sebagai informasi, Mulyono adalah nama kecil Jokowi.

Video terkait penampilan Kaesang kini ramai mendapat komentar warganet dan diunggah ulang banyak akun media sosial. "Yuk bikin kaos rakyat mulyono 🔥," komentar seorang pengguna TikTok.

"Kayaknya mas gibran bakal buat kaos fufufafa nih," balas yang lain. "Yok buat kaos tulisannya,, rakyat mulyono,,," canda warganet. "Mau donk bkin baju "rakyat Mulyono* 🔥🔥," sambung warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.