Sukses

Raja Charles III hingga Aktor Harry Potter Mengenang Maggie Smith, Pemeran Profesor McGonagall yang Meninggal di Usia 89 Tahun

Dame Maggie Smith, yang terkenal karena perannya dalam film Harry Potter dan Downton Abbey, dikenang sebagai legenda di dunia akting. Meninggal dunia di usia 89 tahun, Raja Charles III hingga aktor Daniel Radcliffe ikut mengenangnya sebagai sosok tak terlupakan.

Liputan6.com, Jakarta - Dame Maggie Smith, aktris legendaris yang dikenal karena perannya dalam film Harry Potter dan Downton Abbey, meninggal dunia pada usia 89 tahun. Berbagai tokoh dan koleganya, termasuk Raja Charles III dan Perdana Menteri Sir Keir Starmer ikut mengenang sosoknya.

Mengutip laman BBC, Sabtu (28/9/2024), Raja Charles III menggambarkan Maggie sebagai harta nasional, sementara Keir Starmer mengatakan dia dicintai oleh banyak orang karena bakatnya yang luar biasa. Daniel Radcliffe, bintang Harry Potter, juga mengenang Dame Maggie Smith dengan penuh kasih.

Aktor tersebut memuji kecerdasannya yang hebat. "Ia adalah seorang yang sangat cerdas, memiliki lidah yang sangat tajam, dapat mengintimidasi dan memikat dalam sekejap dan, seperti yang akan dikatakan semua orang, sangat lucu," kata Radcliffe.

Emma Watson tak terkecuali sangat mengingat Maggie sebagai sosok yang nyata, jujur, lucu, dan menghargai diri sendiri. Dame Maggie Smith dikenal karena kepiawaiannya di dunia akting selama karier yang beragam dan diakui yang berlangsung selama delapan dekade.

Dalam film Harry Potter, ia memerankan Profesor Minerva McGonagall. Ia terkenal karena topi penyihirnya yang runcing dan sikapnya yang tegas terhadap para penyihir muda di Hogwarts. Di drama ITV yang populer seperti Downton Abbey, ia memerankan Violet Crawley, Dowager Countess of Grantham, sosok kepala suku agung yang sangat piawai dalam membuat kalimat-kalimat pendek yang pedas. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernah Menang 2 Kali Piala Oscar

Diketahui Maggie Smith memenangkan dua Oscar untuk The Prime of Miss Jean Brodie pada tahun 1970 dan California Suite pada tahun 1979. Dia mendapat empat nominasi lainnya, dan menerima tujuh penghargaan Bafta.

Dalam sebuah pernyataan, Raja dan Ratu berkata, "Saat tirai ditutup untuk sebuah harta nasional, kami bergabung dengan semua orang di seluruh dunia untuk mengenang dengan rasa kagum dan kasih sayang yang mendalam atas banyak penampilannya yang hebat, dan kehangatan serta kecerdasannya yang bersinar baik di luar maupun di atas panggung."

Maggie Smith mengulangi perannya untuk dua film Downton Abbey. Dalam Downton Abbey: A New Era yang dirilis tahun 2022, karakternya meninggal karena penyakit yang diungkapkannya di akhir film tahun 2019.

Rekan mainnya, Dame Harriet Walter, mengatakan kepada program PM di BBC Radio 4 bahwa ia ahli dalam komedi dan drama. Ia komedian sejati, tetapi saya juga pernah melihatnya memainkan beberapa peran yang sangat menyentuh hati, dalam, dan menyedihkan, yang merupakan jangkauan luas bagi seorang aktris seperti dirinya, katanya.

 biasa dan pengaruhnya yang abadi di dunia akting.

3 dari 4 halaman

Penghormatan dari Rekan Sesama Aktris

Michelle Dockery, yang memerankan cucu perempuan Dame Maggie di layar, Lady Mary Crawley, mengatakan kepada BBC: Tidak ada yang seperti Maggie. "Saya merasa sangat beruntung telah mengenal seorang yang tidak biasa. Dia akan sangat dirindukan dan pikiranku bersama keluarganya," ungkap Lesley Nicol, yang memerankan juru masak Downton Abbey, Tuan Patmore, mengatakan kepada BBC Radio Ulster.

"Mereka (keluarganya) adalah kelompok orang yang sangat dekat, jadi kami semua sangat sedih karena dia tidak ada lagi," kata Pencipta dan penulis Downton Abbey, Julian Fellowes, mengatakan kepada majalah Variety bahwa dia sangat menyenangkan untuk diajak menulis, halus, berlapis-lapis, cerdas, lucu, dan menyayat hati.

Downton mengikuti kesuksesan drama periode tahun 2002 Gosford Park, yang membuat Maggie mendapatkan nominasi Oscar dan Bafta karena memerankan Dowager Countess of Trentham. Maggie akan selalu dikenang sebagai salah satu aktris terbesar dalam sejarah perfilman dan teater. Warisannya akan terus hidup melalui karya-karyanya yang luar 

4 dari 4 halaman

Keluarga Minta Privasi

Kabar meninggalnya Smith diungkapkan oleh anak-anaknya lewat publisis, "Dengan penuh dukacita, kami mengumumkan kematian Dame Maggie Smith. "

Kabar itu menyebutkan bahwa Smith meninggal dengan tenang di rumah sakit pagi ini, Jumat 27 September 2024. Keluarga juga menyebut Maggie Smith yang begitu menjaga privasinya, mengembuskan napas terakhir dengan didampingi sahabat dan keluarganya.

"Ia meninggalkan dua putra dan lima cucu yang berdukacita karena kehilangan ibu sekaligus nenek mereka yang luar biasa."

Dalam kabar duka ini, tidak disebutkan penyebab kematian Maggie Smith. Yang jelas, pihak keluarga meminta agar privasi mereka dihormati. "Kami berterima kasih atas semua pesan dan dukungan Anda semua yang begitu baik dan kami mohon untuk menghormati privasi kami saat ini." 

Mengutip laman People, ia debut di panggung teater pada 1952, dan mulai terjun dalam dunia perfilman tahun 1956 lewat Child in the House—walau belum masuk dalam credit title. Setelahnya, ia tampil dalam banyak proyek film, drama, hingga pertunjukan teater dalam rentang waktu tujuh dekade.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini