Sukses

Profil UIPM, Kampus di Thailand yang Berikan Gelar Doktor Kehormatan pada Raffi Ahmad

Salah satu WNI yang mengaku tinggal di Bangkok mengklaim bahwa tidak ada bangunan kampus di alamat UIPM Thailand yang memberi Gelar Doktor Kehormatan pada Raffi Ahmad.

Liputan6.com, Jakarta - Gelar Doktor Kehormatan alias Doktor Honoris Causa dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) Thailand untuk Raffi Ahmad tengah jadi topik hangat perbincangan publik. Ada banyak narasi yang muncul, termasuk seputar kampus yang katanya berada di Kota Bangkok tersebut.

Melansir laman UIPM Center, Senin (30/9/2024), UIPM Thailand merupakan salah satu cabang jaringan perguruan tinggi internasional UIPM yang menawarkan beragam kursus dan program yang dirancang untuk memberdayakan mahasiswa agar dapat belajar dengan kecepatan dan kenyamanan mereka masing-masing. Ini salah satunya terwujud dalam format 100 persen pendidikan daring.

"Di UIPM, kami melampaui paradigma pendidikan konvensional dengan mempelopori Program Doktor Kehormatan global, yang bertujuan mengakui individu atas kontribusi dan prestasi luar biasa mereka di bidang masing-masing. Melalui program ini, kami berusaha memotivasi dan menghormati individu, mengkatalisasi efek riak dampak positif dalam komunitas global kami," klaim mereka.

Visi kampus itu disebut "melampaui sekadar pengakuan." "Kami membayangkan dunia tempat pemegang gelar doktor kehormatan UIPM mewujudkan kasih sayang, tanggung jawab sosial, dan dorongan tanpa henti untuk melakukan perubahan positif."

"Etos ini mendukung nilai-nilai inti dan ambisi kami, mendorong kami untuk terus meningkatkan individu demi tujuan yang lebih besar demi mengangkat kemanusiaan. Diakreditasi lembaga internasional terkemuka, Program Penghargaan Doktor Kehormatan kami mencerminkan komitmen teguh mempertahankan standar keunggulan dan integritas tertinggi," ungkap kampus suami Nagita Slavina tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Punya Cabang di Beberapa Negara

UIPM memiliki cabang di beberapa negara, termasuk Indonesia, Rusia, Singapura, Thailand, dan Amerika Serikat. Kantor dan kampus UIPM Thailand terletak di Vibhavadi Rangsit 64 Yeak 3 Alley, Talat Bang Khen, Lak Si, Bangkok, menurut situs webnya.

Kampus tersebut mengeklaim telah dipercaya Dewan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN Ecosoc) sebagai lembaga berstatus Special Consultative dan Academic Type. Status ini jamak diberikan lembaga internasional, seperti PBB pada lembaga swadaya masyarakat sampai pendidikan yang berperan mendukung tujuan-tujuan PBB, khususnya di bidang pembangunan sosial, ekonomi, dan pendidikan.

Namun, status Special Consultative tidak berarti lembaga tersebut secara langsung terafiliasi dengan PBB. Lembaga yang tergabung memiliki hak berkontribusi dalam forum-forum PBB sesuai bidang keahliannya. Dalam hal ini, UIPM dapat memberi konsultatif dalam area yang relevan dengan tujuan global, terutama dalam peningkatan kapasitas pendidikan dan pengembangan profesional.

UIPM juga mengaku terafiliasi dengan Dewan Eropa untuk Sekolah Bisnis (ECLBS) dan bergabung dalam CHEA International Quality Group (CIQG). "Sebagai sebuah institusi, kami berdiri sebagai bukti profesionalisme, inovasi, dan inklusivitas dalam pembelajaran daring, akreditasi, dan pengakuan," sebut mereka.

3 dari 4 halaman

Gelar Doktor Kehormatan Raffi Ahmad

Gelar Doktor Kehormatan Raffi Ahmad diberikan President UIPM Professor Kanoksak Likitpriwan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi Raffi dalam industri hiburan dan pengembangan digital di Indonesia. "Alhamdulillah, terima kasih atas pemberian Gelar Doktor Kehormatan kepada saya dari Professor Kanoksak Likitpriwan," ujar suami Nagita Slavina dalam pernyataannya di Instagram, Sabtu, 28 September 2024, dirangkum kanal Showbiz Liputan6.com.

Gelar kehormatan tersebut dianugerahkan dalam bidang Event Management and Global Digital Development yang sejalan dengan kiprah Raffi di dunia hiburan, baik di ranah konvensional maupun digital. "Penghargaan ini saya dedikasikan untuk Allah SWT serta orang-orang yang telah berjasa dalam kehidupan saya," kata Raffi.

"Sebagai seseorang yang memiliki kesempatan berinteraksi ke puluhan juta orang di berbagai platform digital dan juga secara event offline, saya akan terus berupaya memberikan pengaruh yang baik kepada pengikut saya dan terus membantu memotivasi mereka dalam mengejar impiannya."

"Saya bersama tim akan membantu menciptakan lingkungan dimana orang-orang mampu menyumbangkan bakat uniknya dan menciptakan pengalaman yang membawa kebahagiaan bagi orang lain," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Diselidiki Warganet

Di sisi lain, sebagian warganet mempertanyakan kredibilitas kampus pemberi Gelar Doktor Kehormatan pada Raffi Ahmad. Salah satu pengguna X, dulunya Twitter, yang mengaku sebagai WNI yang tinggal di Bangkok, berusaha mendatangi alamat UIPM di ibu kota Thailand.

"Sebagai warga +62 yang tinggal di Bangkok, penasaran sama kampus yang kasih Doctor Honoris Causanya aa @RaffiAhmadLagi Ini guide line cara menuju kampusnya dari halte bus RatchatewiNaik bus biru no 29Turun di halte Grand Miracle Hotel," kata dia dalam cuitan viral yang dibagikan Minggu, 29 September 2024.

Ia menyambung, "Sampai lah di Jalan Vibharadi-Rangsit 64. Cusss otw Vibharadi-Rangsit 64 Yeak 3. Taraaaa~ sampailah di Vibharadi-Rangsit 64, Yeak 3Yang ternyata... Hotel 🤯Sampe masuk dan tanya ke resepsionis terkait kebenaran alamat di website UIPM. Ternyata bukan kampus."

Mendapati itu, banyak pengguna media sosial menuntut klarifikasi Raffi. Sementara, sisanya mengkritik ayah tiga anak tersebut. "Gimana sik pamer kampus yang ga tau asal usulnya gimana," kata seorang warganet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini