Sukses

Sosok Larasati Moriska Anggota DPD Termuda yang Jadi Pimpinan Sementara MPR RI

Anggota DPD termuda Larasati Moriska merupakan anak dari pasangan suami-istri Asni Hafid dan Nardi Azis yang berkiprah sebagai politisi.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPR dan DPD RI periode 2024--2029 resmi dilantik di Gedung DPR hari ini, Selasa (1/10/2024). Ada sejumlah fakta menarik dari acara pelantikan tersebut, salah satunya tentang Larasati Moriska, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Utara.

Wanita berusia 22 tahun itu mencetak sejarah sebagai anggota DPD RI termuda se-Indonesia, Larasati Moriska juga didaulat sebagai pimpinan sementara DPD RI dan MPR RI. Dilansir dari Antara, Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah mengumumkan bahwa Guntur Sasono dan Larasati Moriska menjadi pimpinan sementara MPR RI.

"Sesuai dengan ketentuan Pasal 20 ayat (2) Peraturan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2024 tentang Tata Tertib Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia yang menyatakan bahwa pimpinan sementara MPR berasal dari anggota MPR yang tertua dan termuda dari fraksi dan/atau kelompok DPD yang berbeda," kata Siti di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Menurut Siti, penentuan tersebut juga berdasarkan pengumuman Komisi Pemilihan Umum RI Nomor 3562/PP/07/SY/01/2024 tentang calon terpilih Anggota DPR dan DPD tertua dan termuda dalam Pemilihan Umum Tahun 2024

"Pertama, Ketua MPR RI Guntur Sasono usia 78 tahun dua bulan 30 hari, calon terpilih anggota DPR Partai Demokrat daerah pemilihan Jawa Timur VIII. Kedua, Wakil Ketua MPR RI sementara Larasati Moriska usia 22 tahun delapan bulan nol hari, calon terpilih anggota DPD daerah pemilihan Kalimantan Utara," ujarnya.

Sosok Larasati cukup menarik perhatian publik dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai sosoknya. Ungkapan buah jatuh tak jauh dari pohonnya sepertinya pas disematkan pada Larasati. Dilansir dari akun Instagramnya dan sejumlah sumber lainnya, Larasati Moriska merupakan anak dari pasangan suami-istri Asni Hafid dan Nardi Azis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Larasati dari Keluarga Politisi

Ia tumbuh dan besar di lingkungan keluarga politisi kawakan. Senator yang lahir di Nunukan, Kalimantan Utara pada 1 Januari 2002 ini baru saja menyelesaikan kuliah sarjana jurusan bisnis di Universitas Prasetiya Mulya, Tangerang.

bu Larasati merupakan mantan Anggota DPD RI hasil Pemilu 2019. Sementara sang ayah, Nardi Azis sempat menjadi Ketua DPRD Kabupaten Nunukan periode 2009--2014. Asni Hafid ternyata saudara kandung Bupati Nunukan saat ini, Asmin Laura.

Sementara sang kakak, Tamara Moriska yang kembali jadi caleg Partai Hanura, lolos lagi ke DPRD Kaltara. Sebagai Generasi Z (Gen Z) Kaltara, ia tentunya membawa harapan besar bagi pembaharuan politik di Indonesia.

Larasati berharap kehadirannya di Parlemen menjadi langkah awal bagi lebih banyak anak muda untuk terlibat dalam politik. "Ini bukan hanya tentang usia, tetapi tentang ide-ide baru, semangat, dan keberanian untuk melakukan perubahan yang nyata bagi bangsa dan negara," ujarnya, dilansir dari merdeka.com.

Sementara itu, anggota termuda DPR pada pelatikan periode 2024--2029 adalah Annisa Maharani Alzahra Mahesa (Annisa M.A Mahesa). Saat ini ia berusia 23 tahun.

3 dari 4 halaman

Anggota DPR Termuda

Penunjukan pimpinan Sidang Paripurna pelantikan dan pengucapan sumpah anggota DPR RI ini dilakukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang mengatur bahwa pimpinan sementara dipilih dari anggota tertua dan termuda.

Lalu, siapakah sebenarnya sosok Annisa M.A Mahesa? Melansir kanal News Liputan6.com, Annisa merupakan kader Partai Gerindra yang lolos ke Senayan setelah meraup meraih 122.470 suara, dari 99,83 persen data masuk atau sekitar 7.542 TPS dari daerah pemilihan atau Dapil Banten II.

Dapil Banten II sendiri meliputi Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon. Annisa mengungguli sejumlah tokoh senior, termasuk Wakil Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto, mantan Wali Kota Cilegon Edi Ariadi, dan mantan Wali Kota Serang Tubagus Haerul Jaman. Dan rupanya, wanita kelahiran 17 Juli 2001 ini rupanya merupakan putri almarhum Desmond Junaedi Mahesa atau Desmond J Mahesa, politikus senior Partai Gerindra.

Kini Annisa Mahesa mengikuti jejak sang ayah yang merupakan mantan anggota DPR RI pada periode 2009--2023. Desmond J Mahesa juga pernah menjabat sebagai Ketua DPP Partai Gerindra (2008--2013). 

4 dari 4 halaman

Pimpinan Sementara DPR

Selain itu, Desmond juga pernah diculik pada era orde baru. Annisa atau yang akrab dipanggil Icha lulus dari SMA Negeri 34 Jakarta di 2019. Lalu pada usianya yang ke-23, Icha telah memiliki dua gelar Sarjana. Icha mengambil kelas internasional dan double degree di Universitas Indonesia selama dua tahun pada 2019-2021 dan kemudian sisanya dilanjutkan di Universitas Melbourne pada 2021-2023.

Pimpinan sementara DPR RI ini juga memiliki minat pada bidang tarik suara hingga pada 2018 berhasil meraih Gold Trophy and Medal dalam acara Bali Internasional Choir Festival yang diikuti oleh berbagai negara di dunia seperti China, Malaysia, Kanada, dan Polandia. Icha menjadi pernah runner up Odyssey of The Mind 2017 World Finals yang dihelat di Michigan State University pada Mei 2017.

Icha pernah internship coordinator/marketing officer di Ecare Careers di Melbourne, Australia pada Oktober-Desember 2022. Kemudian, Icha pernah menjajal menjadi social media manager di Warung Saco Betawi Peranakan selama Juni 2021-Februari 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini