Sukses

Ungkap Tak Bahagia, Kesehatan Mental BamBam GOT7 Bikin Khawatir Jackson Wang dan Fans

BamBam GOT7 mengeluhkan jadwal kerjanya yang terlalu padat hingga membuatnya sangat kelelahan sejak Juli tahun ini. Sempat berpikir cuti, belakangan ia kembali aktif dengan kondisi kesehatan mental yang terkesan memburuk.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi kesehatan mental BamBam GOT7 menuai perhatian dari rekannya sesama artis dan para penggemarnya sejak memberitahu secara terbuka bahwa ia tak bahagia. Ia berbagi kondisinya yang sedang tidak baik dalam berbagai kesempatan.

Pertama adalah di tengah tur 2024 [BAMESIS] SHOWCASE di Manila awal September 2024. Ia sempat mengungkapkan langsung kepada Ahgases -sebutan bagi para fans GOT7-  soal merasa tak bahagia belakangan ini.

"Aku merasa seperti semakin kamu dewasa, hari-hari bahagia.. semakin lama berkurang.. Aku ingin mengatakan aku merasa tak bahagia lebih sering dari aku merasa bahagia belakangan ini. Aku hanya ingin jujur karena kalian adalah orang-orang yang bisa kuajak bicara. Kalian adalah orang-orang satu-satunya yang kubisa bersandar. Jadi, itu alasannya aku benar-benar ingin mengekspresikan perasaanku," ucapnya, dikutip dari Koreaboo, Rabu (2/10/2024). 

Saat itu, ia juga meminta para penggemarnya untuk tetap bahagia meski dia tidak bisa. Dia mengakui banyak hal yang di benaknya dan panggung adalah tempat satu-satunya dia merasa bebas dan bahagia karena para fans membantu menyemangatinya.

"Jadi, panggung itu seperti taman bermain bagiku sekarang. Saat aku sendirian, aku banyak berpikir, jadi aku menghargai kalian yang datang ke sini dan bersenang-senang untukku," ucapnya seraya menyatakan bahwa dia tidak akan menangis karena kondisinya saat itu.

Pidatonya saat itu banyak membuat penggemar tersentuh. Tapi, ada yang mengkhawatirkan kondisinya sehingga ia meminta maaf kepada para penggemarnya.

 

2 dari 4 halaman

Permintaan Maaf BamBam

Lewat X, dulunya Twitter, dia menuliskan, "Dua minggu terakhir ini aku ingin meminta maaf karena bersikap begitu negatif dan sensitif. Kadang-kadang aku akan mengambil cuti untuk diriku sendiri dan akan kembali sebagai orang yang positif lagi, semoga semua orang yang membaca unggahan ini selalu bahagia dan dikelilingi dengan cinta. Hati-hati."

Banyak Ahgases meninggalkan komentar cinta dan dukungan untuk BamBam. Semua orang mendorongnya untuk meluangkan waktu sebanyak yang dia mau sambil meyakinkannya bahwa tidak diperlukan permintaan maaf.

Setelah permintaan maaf itu, ia mengaku bahwa kondisi mentalnya telah membaik, meski dia masih merasa tidak bahagia karena jadwalnya yang sibuk. Pada 23 September 2024, ia pun mengumumkan akan mengambil cuti.

Pada 29 September 2024, publik kembali dibuat khawatir setelah dia menuliskan pesan yang berbunyi 'gone for good' (pergi untuk kebaikan) di 2025. Ia menyambung pesan itu dengan mencuit selamat malam di X, dan dibalas seorang penggemar yang mengirimkannya pesan dukungan. 

 

3 dari 4 halaman

Jadwal Kerja yang Terlalu Padat

Namun, cuitan balasannya membuat fans semakin khawatir. Ia menyatakan bahwa orang-orang di sekitarnya adalah 'alasan ia sekarat'. Penggemar mengaitkan kondisi kesehatan mental BamBam dengan jadwal kerjanya sebagai idol dan perusahaan yang tak memperlakukannya dengan baik.

Pada Juli 2024, BamBam sempat mengunggah status soal kondisinya saat itu yang menunjukkan bahwa dia sangat kelelahan. "Saya hanya ingin tidur dan tidak bangun agar akhirnya bisa istirahat," cuitnya.

Dia kemudian mengunggah status yang penjelasannya lebih panjang. Itu tanggapannya atas kekhawatiran fans kepadanya.

"Sudah berjalan lama dari tahun lalu hingga sekarang dan perjalanan masih panjang. Ada banyak tekanan dan stres karena tubuh saya tidak terasa enak untuk waktu yang lama.

Terkadang saya menjadi sensitif dan emosional. Saya akan melakukan yang terbaik tahun ini dan akan meluangkan waktu untuk beristirahat. aku akan baik-baik saja.

Maaf jika saya menimbulkan kekhawatiran. Semoga harimu menyenangkan," tulisnya saat itu.

 

4 dari 4 halaman

Dukungan dari Jackson Wang

Tak hanya penggemar yang khawatir, Jackson Wang, rekannya di grup yang sama, berusaha menghibur BamBam dengan pesan dukungan. Pada Selasa, 1 Oktober 2024, Jackson membagikan dua tanggapan di cuitan BamBam. 

"Orang-orang yang dekat dengan kita khususnya industri. Satu-satunya hal yang mereka pedulikan adalah menjalani hidup seperti Anda menjalani hidup. Niat berbeda. Itu fakta, itu kenyataan."

"Kita semua melaluinya, hanya saja aspeknya berbeda. Jangan menganggapnya negatif. Terkadang kita harus lebih egois dan memperbaiki keadaan. Itu tidak selalu berarti buruk. Kita semua punya pilihan. Buatlah pilihan itu bam. Berada di tempat di mana Anda mendapatkan apresiasi. Jangan lupa siapa Anda. Mencintaimu apa adanya," sambungnya.

Jackson kemudian menuliskan cuitan kedua yang menekankan bahwa tidak peduli dengan siapa dia dikelilingi, BamBam akan mendapat dukungan dari penggemar karena siapa dia. Jackson menanggapi curahan hati BamBam secara terbuka karena ia juga pernah mengalami masalah yang sama di masa lalu. Mereka sering mendiskusikan masalah karena berhubungan bak keluarga meski mereka sudah bernaung di agensi berbeda.

Video Terkini