Sukses

Membuat Kopi Berkualitas yang Bertanggung Jawab dengan Program Berkelanjutan dan Meningkatkan Kesejahteraan Petani

Para petani dan agronomis dari program AAA dari Nespresso mendapat penghargaan atas praktik terbaik dan komitmen mereka terhadap pertanian kopi regeneratif.

Liputan6.com, Jakarta - Nespresso Indonesia memperkenalkan Indonesia Origin Selection, pilihan kopi Nespresso yang dikurasi secara khusus menggunakan kopi dari Indonesia. Dirilis pada Selasa, 2 Oktober 2024 yang bertepatan dengan Hari Batik Nasional, koleksi tersebut dilengkapi dengan kemasan khusus yang terinspirasi dari batik khas Indonesia.

Pilihan kopi tersebut mengajak penikmatnya untuk menjelajahi kopi khas Indonesia, mulai dari kapsul kopi single origin asli Indonesia yang berasal dari Sumatra hingga perpaduan campuran kopi Jawa, yang dibudidayakan dan disuplai melalui program "AAA Sustainable Quality" dari Nespresso.

Pada kesempatan itu, Nespresso juga meluncurkan INDONESIA, kopi bersertifikat Fairtrade pertamanya pada lini Professional. Sejak diperkenalkan pada 2019 di Original Line, kapsul origin INDONESIA sangat populer karena metode pengolahannya yang khas di Indonesia. Kini, lebih banyak orang dapat menikmati kopi yang kental dan beraroma lembut, karena kopi ini dipersembahkan khusus untuk mesin profesional Nespresso.

Para petani dan agronomis dari program AAA juga mendapat penghargaan pada kegiatanini atas praktik terbaik dan komitmen mereka terhadap pertanian regeneratif. Para peserta yang hadir dalam acara peluncuran di sebuah hotel di Jakarta Pusat itu, berkesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan para petani dan agronomis untuk lebih memahami hubungan antara kopi dan petani kopi yang membudidayakannya

"Selama lebih dari 20 tahun Nespresso telah berkomitmen untuk menghadirkan kopi yang luar biasa melalui program AAA Sustainable Quality. Hari ini, kami merayakan upaya dan dedikasi para petani serta agronomis yang telah berhasil menjadikan kopi sebagai kekuatan untuk kebaikan," ucap Fabio De Gregorio, SEA Business Development Manager Nespresso.

 

2 dari 4 halaman

Warisan Bagi Keluarga Petani

"Sebagai distributor eksklusif Nespresso di Indonesia, kami bangga atas pengakuan terhadap tradisi kopi Indonesia dan kepedulian Nespresso terhadap manfaat dan kesejahteraan komunitas petani loka,” terang Hitesh Bharwani, Co-Founder dan Managing Director Kanmo Group dalam kesempatan yang sama.

Program AAA Sustainable Quality adalah program pengadaan kopi bertanggung jawab dari Nespresso, yang dirancang untuk memastikan pasokan kopi berkualitas tinggi yang berkelanjutan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani dan komunitas mereka serta melindungi lingkungan.

Diciptakan bersama dengan Rainforest Alliance, program tersebut telah berkembang dari 300 petani di Kosta Rika pada 2003 menjadi lebih dari 150.000 petani di 18 negara termasuk di Indonesia, dengan menciptakan warisan bagi ribuan keluarga petani.

Program AAA ini memberikan pelatihan teknis yang memberdayakan para petani untuk meningkatkan kualitas kopi dan meningkatkan hasil panen mereka. Nespresso kemudian memberikan penghargaan atas investasi yang dilakukan petani dalam kualitas berkelanjutan, dengan membayar harga premium untuk biji kopi mereka.

3 dari 4 halaman

Kemitraan dengan Petani Kopi

Aspek khas dari programini adalah bahwa Nespresso membeli kopi dari petani yang sama dari tahun ke tahun, memberikan mereka keamanan sebagai mitra jangka panjang yang dapat diandalkan.

Hal ini memungkinkan Nespresso untuk membangun rasa saling percaya dan kemitraan yang berkepanjangan dengan para petani. Melalui inisiatif seperti wanatani, asuransi pertanian dan skema tabungan pensiun, Program ini membantu para petani untuk melindungi tanah dan mata pencaharian mereka untuk masa depan.

Sampai saat ini, pengadaan kopi Nespresso berasal dari dua lahan di Indonesia, yaitu Aceh dengan melibatkan 4.000 petani dan Sunda Hejo (Jawa Barat) dengan melibatkan 1.400 petani.

Nespresso mulai beroperasi di Jawa pada 2015. Melalui kemitraan dengan PT. Olam Indonesia dan Paguyuban Tani Sunda Hejo untuk mendapatkan kopi berkualitas tinggi danmengimplementasikan Program AAA.  Melalui program ini, Nespresso melanjutkantradisi yang ada di klaster “Sunda Hejo” hingga saat ini. “Arabika Jawa dikenal dengan bentuk yang seimbang, menggabungkan rasa manis dan keasaman yang lembut. 

4 dari 4 halaman

Pengolahan Kopi yang Hanya Ada di Aceh

Hal ini dipengaruhi oleh iklim tropis Indonesia, hutan hujan yang teduh, curah hujan yang tinggi, dan tanah vulkanis,” terang Dadang Hendaryah selaku Nespresso’s AAA Agronomist dari Jawa Barat.

Rasa kopinya jernih dan citrus, dengan keasaman yang nikmat, serta sentuhan rasa jeruk mandarin dan kulit melon. Memiliki medium-body dengan cita rasa cokelat dan red fruit yang manis. Kopi ini juga menawarkan rasa pahit yang halus, serta sedikit aroma blackberry yang menggugah selera.

Sementara itu, Kapsul Origin Indonesia memiliki 100 persen kopi Arabika dari Aceh Tengah, sebuah wilayah di bagian utara Pulau Sumatra. “Dampak dari iklim di Indonesia yang sangat lembap, komunitas petani kopi mempraktikkan cara pemrosesan yang unik di Indonesia yaitu “penggilingan basah. Ini metode yang unik karema hanya dilakukan di Aceh,” kata Mentari Amanda selaku Nespresso’s AAA Agronomist di Aceh.

“Sama seperti metode lainnya, buah kopi dipanen seperti biasa dalam proses penggilingan basah, kemudian dihaluskan dengan mesin pengupas manual, difermentasi dalam karung semalaman dan dibilas hingga bersih pada keesokan harinya,” sambungnya.