Sukses

Desain Makin Mudah dengan Template Canva yang Terinspirasi Budaya Indonesia

Canva yang sudah populer sebagai platform komunikasi visual, menambah serangkaian elemen dan template desain baru yang terinspirasi oleh warisan budaya Indonesia termasuk batik.

Liputan6.com, Jakarta - Di era serba digital, berbagai hal bisa dieksekusi dengan mudah, seperti mendesain logo untuk produk hingga membuat undangan. Canva yang sudah populer sebagai platform komunikasi visual, menambah serangkaian elemen dan template desain baru yang terinspirasi oleh warisan budaya Indonesia.

Di pameran Inacraft On October 2024 yang dibuka bersamaan dengan peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober 2024, Canva juga membuka booth. Canva memperkenalkan kepada pengunjung Inacraft template dengan tema lokal dan mempormosikan Canva Pro yang memiliki banyak keajaiban desain untuk kebutuhan pelajar, UMKM dan publik secara luas.

“Kami bersemangat memperkaya rangkaian desain khas Indonesia di Canva, dengan adanya penambahan motif-motif batik yang indah ke dalam koleksi elemen tradisional khas Indonesia," ungkap Ruoshan Tao, Head of Marketing for Southeast Asia and Latin America, Canva melalui keterangan tertulisnya. 

Hal ini menurutnya akan memperkuat dedikasi Canva dalam memberdayakan para pelaku kreatif untuk menganut dan mengekspresikan nuansa budaya melalui desain. Ruoshan menyebut menjadi misi Canva yang mengajak dunia untuk mendesain, template Truly Local atau ‘Lokal Banget’ pun akan diperbanyak untuk para penggemar desain yang jumlahnya terus berkembang di Indonesia.

Ia mengatakan, komunitas Canva di Indonesia sekarang bisa mengakses lebih banyak rangkaian elemen autentik. "Template yang didesain secara profesional untuk menampilkan warisan budaya yang abadi dan menghidupkan ide kreatif mereka," ujarnya lagi. 

2 dari 4 halaman

Elemen Lokal Banget dari Canva

Template dan elemen 'Lokal Banget' khas Indonesia mulai diperkenalkan pada 2020. Tema yang dicakup antara lain adalah perayaan, budaya, makanan, pariwisata, olahraga, acara, dan lain-lain. Beberapa elemen paling populer dicari dari berbagai topik tersebut termasuk Nasi Goreng, Sate, Nasi Padang, Orangutan, Harimau Sumatra, Candi Borobudur, Jakarta, Bali, dan Taman Nasional Komodo.

Pustaka Canva makin kaya dengan koleksi yang terinspirasi oleh kekayaan budaya Indonesia yang semarak ini dengan topik-topik seperti masyarakat lokal, seni, tempat bersejarah, motif batik, dan masih banyak lagi. Canva mengundang semua penggemar desain dan komunikasi visual serta para pengunjung Inacraft untuk mampir ke Booth A6, Hall A tempat mereka dapat konsultasi desain, menjelajahi fitur Studio Ajaib yang didukung oleh AI. 

Untuk mengakses elemen Indonesia yang luar biasa ini, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah mudah. Pertama buka desain di Canva, misalnya dokumen presentasi atau konten medsos, lalu klik menu elemen, di kotak cari tulis kata kunci elemen, elemen yang dicari akan keluar dan klik saja elemen yang diinginkan untuk dimasukkan ke desain.

3 dari 4 halaman

2024 Design Trends Report Canva

Mengutip dari kanal Tekno Liputan6.com, 5 Januari 2024, Anda bisa melihat-lihat 2024 Design Trends Report Canva untuk mendapat inspirasi, yang memberikann gambaran mengenai tren mana saja yang akan jadi besar tahun 2024. Gambaran ini berdasarkan desain dari 170 juta pengguna global Canva, sehingga bisa jadi informasi yang penting buat para desainer, pemasar, dan siapa pun yang sering menciptakan konten visual tahun 2024.

1. Pixelation

Tren desain grafis ini memiliki dasar dari video game dan animasi komputer 8-bit klasik, untuk memberikan rasa nyaman dan nostalgia. Huruf berbentuk kotak dan pixel art sangat cocok dengan tren ini.

2. Flow and Form

Flow and Form menggabungkan bentuk-bentuk geometrik dan organik. Tren ini sepenuhnya mengenai vibe yang profesional dan penuh kehidupan melalui blob art yang playful, bentuk-bentuk yang mengalir di mural dan merek-merek yang berjiwa muda.

3. Motion Collage

Tren desain motion collage berasal dari kultur zine, scrapbook buatan tangan dan kolase foto untuk menciptakan tampilan yang rumit dan berubah-ubah.

4 dari 4 halaman

4. Surrealism

Desain ini terinspirasi dari pergerakan seni di abad ke-20, seni fantasi, desain ethereal dan aneh. Hubungan di bawah sadar adalah inti dari tren ini. Menurut Canva, ini akan jadi salah satu tren desain 2024.

5. The Bold Rebrand

Bayangkan skema warna cerah dan berpendar serta huruf sans serif bulat. Organisasi yang ingin berubah secara generasional akan menggunakan tren ini untuk menyalurkan hal positif, keseruan dan optimisme.

Canva mengatakan seiring dengan evolusi berbagai perusahaan di industri yang sangat kompetitif, untuk memberikan pengalaman pengguna dan persepsi brand yang sangat baik, bisa jadi yang terdepan dalam tren desain dengan cepat menjadi prioritas bisnis.

"Bisa tetap selaras dengan tren-tren ini memungkinkan para desainer untuk menciptakan produk yang sesuai dengan audiens target mereka – menangkap perhatian dan memberikan kesan pertama yang positif," kata perusahaan.

Untuk menggunakan aplikasi desain Canva, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan situs web Canva.com atau menginstal aplikasi Canva di Google Play Store.

Video Terkini