Sukses

Brand Kosmetik Lokal Luncurkan Serum Skin Barrier yang Pemakaian Salah Satu Bahannya Disunahkan dalam Islam

Ada dua produk perawatan skin barrier terbaru yang dilincurkan Fabil Natural.

Liputan6.com, Jakarta - Perawatan skin barrier semakin jadi perhatian konsumen Indonesia. Sebagai lapisan pelindung terluar, skin barrier berperan penting dalam melindungi kulit dari polusi, iritasi, serta menjaga kelembapan alami.

Dengan meningkatnya kesadaran konsumen akan pentingnya skincare untuk perawatan kulit jangka panjang, lebih dari 70 persen konsumen Indonesia kini menginginkan kulit bersih dan sehat sebagai tujuan utama. Demi memenuhi kebutuhan tersebut, brand kosmetik lokal Fabil Natural menggandeng Cosmax, salah satu produsen kosmetik global, dalam memperkenalkan pentingnya menjaga kesehatan skin barrier.

"Skin barrier sangat penting untuk melindungi kulit dari polusi dan iritasi. Ketika rusak, kulit rentan terhadap masalah, seperti jerawat, kemerahan, dan penuaan dini," terang Tri Widayanti, Founder Fabil Natural, saat sesi media gathering di bilangan Jakarta Pusat, Kamis, 3 Oktober 2024.

Tiwi, sapaan akrabnya, menyoroti masa depan perawatan kulit yang semakin mengedepankan penggunaan bahan alami, seperti herbal, serta jaminan halal. Maka itu, jenama kecantikannya meluncurkan dua produk teranyar, yaitu Fabil 20 persen Niacinamide Brightening Serum dan Fabil Skin Barrier Cream.

Kedua produk ini dirancang untuk memperbaiki skin barrier yang rusak dan memberi kelembapan optimal. Serum ini diperkaya Niacinamide yang dikenal efektif mencerahkan kulit, mengurangi noda bekas jerawat, serta memperbaiki tekstur kulit yang kasar.

Sementara itu, Fabil Skin Barrier Cream berfungsi sebagai penjaga kelembapan alami kulit dan melindungi dari agresor lingkungan, seperti polusi dan cuaca ekstrem. Proses pengembangan produk diklaim melibatkan serangkaian uji, termasuk CT Test, Dermatology Test, dan Stability Test, dengan tim Cosmax terlibat di setiap langkahnya.

2 dari 4 halaman

Tidak Semata Berfokus pada Formulasi

Dua produk tersebut menggunakan kemasan tidak transparan guna menjaga stabilitas bahan. Menurut Rian Destiyani Putri, Research and Innovation Skin Care Team Leader Cosmax, konsumen semakin cermat dalam memilih produk yang memiliki fungsionalitas tinggi, serta didukung sains dan teknologi yang terbukti.

Dengan meningkatnya permintaan akan produk halal dan berbahan alami, Fabil Natural berkomitmen terus berinovasi dalam menghadirkan produk sesuai kebutuhan konsumen Muslimah. "Melalui kolaborasi bersama Cosmax, kami percaya bahwa produk halal berbahan alami bisa terus mendukung kecantikan alami wanita Indonesia dan akan semakin diminati," sebut Tiwi.

Kolaborasi ini tidak hanya bertujuan memenuhi tren, tapi memastikan kesehatan kulit jangka panjang bagi para konsumen, sejalan dengan kesadaran akan keberlanjutan lingkungan. Uniknya, brand kecantikan ini kerap memformulasikan bahan herbal alami yang pemakaiannya berhukum sunah di ajaran Islam.

Menurut Tiwi, Fabil saat ini jadi perusahaan skincare dan kosmetik sunah herbal pertama di Indonesia. Ia berharap, mereknya bisa memberi manfaat kesehatan dan kecantikan bagi banyak orang lewat produk-produk mereka.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kesehatan dan Kecantikan

Begitu juga dengan produk terbaru skin barrier mereka yang salah satunya mengunaka bahan sunah menurut Islam, yaitu moringan, atau lebih dikenal dengan daun kelor. Tiwi mengungkap mendapat ide memasukkan unsur bahan sunah dari seorang ustaz yang sering dijumpainya ketika mengikuti kajian.

Ia menyadari bahwa untuk menyebarkan syiar, seseorang tidak harus jadi ustaz, ustazah, atau ahli agama. Pasalnya, hal itu juga bisa dilakukannya sebagai pengusaha.

"Ustaz saya bilang, sebagai pengusaha kosmetik bisa menyebarkan ajaran agama dengan memasukkan bahan-bahan yang disunahkan agama supaya lebih berkah. Ternyata memang ada beberapa bahan sunah yang bisa dimasukkan dalam pembuatan produk kecantikan, seperti kurma dan moringa," ungkap Tiwi.

"Moringa atau daun kelor ini sudah kami teliti dan dipastikan aman untuk jadi bahan pembuatan kosmetik, bahkan punya banyak manfaat, seperti mengandung vitamin yang bisa mencegah kanker dan menjaga tekanan darah," jelas wanita yang pernah kuliah dan bekerja di luar negeri ini.

4 dari 4 halaman

Produk Kosmetik Wudu-Friendly

Produk lainnya yang memakai moringa adalah Fabil Liquified Longwear Lipstick with Moringa yang memiliki formulasi Wudu-friendly. Fitur itu diklaim mampu membuat air tetap bisa melewati sela-sela bibir ketika berwudu.

Fabil juga telah membantu lebih dari sembilan ribu orang untuk berjualan jadi reseller, agen, dan distributor yang tergabung di dalam komunitas Laskar Fabil. Komunitas tersebut mayoritas diisi ibu rumah tangga yang ingin membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarganya.

Hal ini sejalan dengan salah satu visi mereka untuk membantu pebisnis Muslim dan membangun peradaban bisnis yang Islami.

"Dengan komitmen mendalam terhadap konsep green science, kami mencoba memberi solusi perawatan kulit yang tidak hanya aman dan efektif, tapi juga sesuai prinsip halal. Ke depan, kami terus berinovasi dan menciptakan produk-produk terbaik, dengan standar produksi yang baik dan berkelanjutan," tutup Tiwi.

 

Video Terkini