Sukses

Mal Citraland Kebakaran, Tidak Ada Korban Jiwa tapi Mal Tutup Sementara

Mal Citraland atau Mal Ciputra Jakarta kebakaran pada Jumat dini hari (4/10/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Mal Citraland kebakaran pada Jumat dini hari (4/10/2024), sekitar pukul 00.50 WIB. Api menyebar di lantai lima dan enam mal yang juga dikenal dengan nama Mal Ciputra Jakarta itu.

Akibat kebakaran tersebut, pengelola memutuskan menutup sementara mal yang berlokasi di Jalan Letjen Jendral S. Parman RT/RW 11/01 Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, tersebut. "Demi keamanan dan kenyamanan bersama, kami akan menutup sementara operasional hari ini," kata Humas Mal Ciputra Jakarta, Rida, dalam keterangan resminya, dilansir dari Antara.

Rida menjelaskan, mereka akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menelusuri penyebab kebakaran itu. Ia menyatakan, pihaknya bersyukur tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. "Keselamatan dan kesejahteraan pengunjung, penyewa, dan karyawan adalah prioritas kami," kata Rida. 

Senada dengan itu, Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat, Syarifudin, menyebut bahwa tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

"Korban jiwa dan korban luka berat nihil, tapi satu petugas anggota PJLP (Penyedia Jasa Lainnya Perorangan) dari Sektor Gropet terjatuh di eskalator, namun sudah dapat penanganan dari PMI (Palang Merah Indonesia) setempat," kata Syarif.

Pihaknya menurunkan total 80 personel dan 16 unit armada pemadam kebakaran. "Operasi pemadaman dimulai pukul 01.00 WIB hingga selesai pukul 04.20 WIB," kata Syarif menambahkan.

Penyebab kebakaran sementara diduga akibat arus pendek listrik. "Korsleting listrik, arus pendek," kata Syarif.

2 dari 2 halaman

Dugaan Kerugian Akibat Kebakaran

Akibat kebakaran tersebut, kerugian material diperkirakan mencapai Rp5,6 miliar. Pada video yang beredar, tampak api berkobar melahap hingga ekskalator menuju lantai lima Mall Citraland. Usai sebagian upaya pemadaman berhasil dilakukan, tampak kabel-kabel dan plafon ruangan hangus terbakar dan berantakan. 

Mengutip kanal News Liputan6.com, kebakaran itu pertama kali terdeteksi dari Warung Leko yang terletak di lantai 5 Mall Ciputra. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan, dua orang dimintai keterangan, yaitu E selaku petugas cleaning service dan J, seorang sekuriti mal.

Kepada polisi, mereka menyampaikan, awalnya saat sedang membersihkan eskalator di lantai 5 mendengar suara percikan api. Saat E mencari sumber suara tersebut, ternyata berasal dari restoran Warung Leko. "Petugas cleaning service melihat restoran Warung Leko terbakar," kata Ade Ary dalam keterangan tertulis.

Ade Ary mengatakan, petugas cleaning service turun ke lantai 1 melaporkan kejadian ke sekuriti yang bertugas. Bersama-sama mencari APAR untuk memadamkan api. Namun, upaya itu tak berhasil. "Api semakin membesar lalu pihak sekuriti menghubungi petugas pemadam kebakaran," ujar dia.

Â