Sukses

6 Fakta Menarik Gunung Puntang di Bandung, Dulunya Jadi Lokasi Stasiun Radio Terbesar Zaman Belanda

Berbagai aktivitas bisa dilakukan di Gunung Puntang, seperti susur sungai, mountain bike, berfoto, merendam kaki, pendakian ke Puncak Mega yang merupakan puncak tertingginya.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Puntang merupakan gunung yang ada di Banjaran, Bandung selatan, Indonesia. Lokasi tepatnya ada di Jalan Gunung Puntang, Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Jalan Gunung Puntang tidak jauh dari Banjaran. Jalan ini berada di sebelah kiri dari arah Banjaran jika mau ke Pangalengan Bandung. Gunung ini adalah kawasan favorit untuk menyelenggarakan kemah, baik personal, pelajar dan mahasiswa. 

Gunung ini memiliki ketinggian 1290 mdpl. Di ketinggian ini setiap orang akan merasakan udara yang sejuk dan dingin. Hutannya dikelola Perhutani terdapat hutan heterogen dan homogen yang berdampingan. 

Masih banyak hal mengenai Gunung Puntang selain lokasi maupun ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Puntang yang dirangkum Tim Lifestyle Liputan6.com dari berbagai sumber pada Sabtu, 4 Oktober 2024. 

1. Bagian Pegunungan Malabar

Gunung Puntang masih rangkaian pegunungan Malabar. Letaknya berada di sisi utara Malabar, dengan gerbang Bumi Perkemahan berada di lereng bagian barat lautnya. 

2. Tempat Berkemah Favorit Warga

Alam dan udara pegunungan memang menjadi daya tarik bumi perkemahan ini. Suara gemericik air sungai yang masih jernih sangat disukai mereka yang hobi berwisata alam.

Lahan perkemahan yang luas yang di sekitarnya tumbuhan hutan seperti pohon pinus juga menjadi pesona tersendiri. Dengarkan suara daun-daun ketika angin bertiup kencang, benar-benar membuat suasana hutan semakin terasa syahdu.

 

2 dari 4 halaman

3. Basis Stasiun Pemirsa Radio Belanda

Berdasarkan kisah yang beredar, di sini pernah berdiri Kerajaan Puntang. Belum ada penelitian mengenai kebenaran keberadaan kerajaan ini. Namun banyak yang percaya onggokan batu seperti batu Korsi, batu kaca-kaca, dan batu Kompaan di kawasan Puntang merupakan peninggalan kerjaan tersebut.

Mengutip dari laman Resmi Perhutani, Sabtu, 4 Oktober 2024, Gn. Puntang juga memiliki sejarah yang sempat mengguncang dunia yakni adanya Radio Malabar, dan Petilasan Loji pada Zaman Penjajahan Belanda, Gua Belanda sekaligus pada saat itu merupakan basis stasiun pemirsa Radio Belanda yang menyebarkan berita ke seluruh dunia.

Radio Malabar didirikan oleh pemerintahan Hindu Belanda pada tahun 1917 dengan tujuan menjadikan sarana komunikasi antara Indonesia sebagai negara jajahan dan pemerintah Belanda.

Pada awal didirikan radio ini pertama kali dipimpin oleh seorang teknisi dari Belanda bernama Cornelius Johannes de Groat dan diresmikan pada tanggal 5 Mei 1923 oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda yang bernama Dirk Fack.

3 dari 4 halaman

4. Ada Owa Jawa di Gunung Puntang

Mengutip dari laman blog Mooi Lake House, Sabtu, 4 Oktober 2024, selain lahan perkemahan di Gunung Puntang terdapat penangkaran Owa Jawa. Hewan ini adalah sejenis primata anggota suku Hylobatidae. Dengan populasi tersisa antara 1.000 – 2.000 ekor saja.

5. Objek Wisata Goa Belanda hingga Curug

Di gunung ini terdapat objek wisata sekitar gunung seperti Goa Belanda, Kolam Cinta, dan curug atau air terjun. Curung yang ada di sana cukup terkenal yakni Curug Siliwangi.

Untuk ke curug ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapainya. Lagi pula jalannya hanya jalan setapak yang di kedua sampingnya terdapat pepohonan. Bagi yang suka berpetulang dan senang trekking tempat ini sangat cocok.

Curug ini berjarak sekitar 3,5 km dari area perkemahan. Jika jalan kaki dengan kecepatan normal dan melalui jalan setapak yang terjal, bisa menghabiskan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Di perjalanan pengunjung bisa menemukan sungai yang harus disebrangi. Sungai tersebut tak memiliki jembatan dan kedalamannya dangkal, serta di sana banyak bebatuan yang besar.

4 dari 4 halaman

6. Jaraknya Sekitar 20 Km dari Kota Bandung

Wisata Gunung Puntang berada di Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung, sekitar 20 KM dari arah kota Bandung. Areal wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Banjaran.

Wilayahnya merupakan Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Banjaran, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung – Selatan. Jika arus lalu lintas lancar, waktu tempuh perjalanannya sekitar satu sampai satu setengah jam saja. Ketik kata kunci “Wana Wisata Gunung Puntang” di mesin pencari seperti Google untuk menentukan arah dan rute menuju Gunung Puntang. 

Untuk menikmati pemandangan dan fasilitas di kawasan Gunung Puntang, kita membayar tiket masuk Rp 25.000 dan tiket masuk berkemah Rp 35.000. Baik juga diketahui bahwa biaya pakir kendaraan roda dua Rp7.000, sementara roda empat Rp 12.000.

Tertarik untuk ke Gunung Puntang? Anda bisa datang hari biasa atau akhir pekan, dengan mengajak teman dan keluarga berkemah di sini menikmati udara segarnya pegunungan.

 

Video Terkini