Sukses

Detail Gaun Tata Juliastrid, Wakil Indonesia di Miss Cosmo 2024 yang Curi Perhatian

Puteri Indonesia Pariwisata Ketut Permata "Tata" Juliastrid akan berkompetisi di malam final Miss Cosmo 2024, Sabtu (5/10/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pasang mata tidak bisa beralih dari sosok Puteri Indonesia Pariwisata Ketut Permata Juliastrid yang tengah mengikuti ajang Miss Cosmo 2024. Di babak pre-eliminary, penampilan Tata, sapaan akrabnya, dianggap "sangat mencerminkan kecantikan perempuan Indonesia."

Rekaman aksinya di atas panggung pun jadi viral di X, sebelumnya Twitter, sejak Jumat, 4 Oktober 2024. Tidak sedikit yang mengungkap kekaguman dan dukungan padanya. "Bener bener Indonesia banget ini😍😍," kata seorang pengguna, sementara yang lain menulis, "WINNER, NO DOUBT👸👸."

Visual Tata Juliastrid yang menawan tergambar sempurna dengan pemilihan gaun yang tepat, menurut warganet. Di akun Instagram Puteri Indonesia, pihaknya menyebut bahwa gaun rancangan desainer Wiki Wu itu dinamai, "Cosmogenesis: The Birth of Creation."

"'Cosmogenesis' melambangkan asal mula penciptaan, seperti yang dibayangkan dalam pikiran saya dan diungkapkan melalui gaun ini. Saya percaya bahwa proses pembentukan ciptaan baru, bahkan secara metafisik, melibatkan banyak elemen," kata sang desainer.

"Demikian pula dalam membuat gaun ini, saya memadukan berbagai teknik dan bahan untuk menciptakan kompleksitas yang tidak berlebihan, tapi tetap membungkus tubuh Permata yang melengkapinya dengan indah. Kawat halus yang dijahit ke dalam gaun melambangkan logam, sementara kristal melambangkan mineral."

Detail potongan laser di gaun Tata Juliastrid menggambarkan konsep radiasi, sementara warna merah mencolok melambangkan api. "Setiap elemen terjalin bersama untuk menceritakan kisah penciptaan," ujar dia.

 

2 dari 4 halaman

Inspirasi Gaun Tata Juliastrid

Bentuk gaun Tata terinspirasi visi yang sering muncul dalam mimpi sang desainer, yakni seorang penari Bali yang bersinar, terbungkus "Prada Bali," menari di batas langit dan laut. "Visi ini sepenuhnya terwujud setelah menyaksikan penampilan memukau Ketut Permata selama malam preliminary Puteri Indonesia."

"Keanggunan dan esensinya sangat cocok dengan konsep ini, dan karenanya, saya merancang 'Cosmogenesis' khusus untuknya—Ketut Permata, perwujudan penciptaan," tandasnya. Penampilan Tata juga didukung Bubah Alfian sebagai kepala kreatif, serta stylist Reva Marchellin.

Tata dan sejumlah finalis lain  akan tampil di malam final Miss Cosmo 2024, Sabtu (5/10/2024), di Ho Chi Minh, Vietnam. Ini merupakan kali pertama Yayasan Puteri Indonesia (YPI) dan Mustika Ratu mengirimkan perwakilan mereka ke kontes kecantikan tersebut.

Miss Cosmo memperkenalkan slogan "Impactful Beauty" yang mengartikan kecantikan bukan hanya tentang penampilan fisik, tapi berdampak positif pada masyarakat dan lingkungan sekitar. Pengaruh ini direfleksikan melalui tindakan maupun ide.

3 dari 4 halaman

Kostum Nasional di Ajang Miss Cosmo 2024

Tata telah memulai masa karantina pada 12 September 2024 dengan rangkaian aktivitas yang diadakan di tujuh kota tujuan wisata: Hanoi, ⁠Ninh Binh, ⁠Bao Loc, ⁠Da Lat, ⁠Quy Nhon, ⁠Long An, dan ⁠Ho Chi Min. Grand final akan diselenggarakan di Phu Tho Stadium, Ho Chi Min, Vietnam.

Puteri Indonesia Pariwisata 2024 itu membawa kostum nasional karya desainer Inggi Kendran bertajuk "The Endless Stream of Saraswati Goddess." Busana itu terinspirasi sosok Dewi Saraswati sebagai "Jñāna Pravāha," yang diibaratkan sebagai sungai yang mengalir dengan lembut.

Sungai itu tidak henti-hentinya membawa kebijaksanaan dari generasi ke generasi, melintasi waktu dan ruang, serta perwujudan aliran pengetahuan yang abadi dan tidak terputus. Aliran ini tidak hanya menggambarkan kontinuitas, tapi kedalaman dan kemurnian pengetahuan yang disampaikan Dewi Saraswati.

"Jñāna Pravāha Sarasvatī" juga melambangkan pengetahuan yang berkelanjutan dan relevan, yang beradaptasi dengan perubahan zaman, tapi tetap berakar kuat pada nilai-nilai universal dan abadi. Dengan demikian, "Jñāna Pravāha Sarasvatī" jadi simbol dari pengetahuan tak lekang waktu yang terus mengalir dan memberi kehidupan. Sosoknya membawa cahaya kebijaksanaan dan kecemerlangan ke seluruh alam semesta.

4 dari 4 halaman

Minta Dukungan

"Kami sangat bangga dengan dedikasi dan kerja keras Permata yang akan membawa nama Indonesia dan memperkenalkan kekayaan budaya kita pada dunia. Harapannya, semua masyarakat Indonesia dapat mendukung dan mendoakan Permata untuk meraih hasil terbaik di ajang ini," kata Ketua Dewan Penasihat YPI, Putri Kus Wisnu Wardani, dalam keterangan tertulis yang diterima Lifestyle Liputan6.com, Kamis, 5 September 2024.

Ia menyambung, "Permata akan unjuk bakat berupa menyanyi, bermain biola, dan menari. Penampilan ini jadi bagian dari persiapannya untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional." Tidak ketinggalan, Tata mengungkap rasa terima kasih dan syukurnya atas kesempatan yang diberikan untuk mewakili Indonesia di ajang Miss Cosmo 2024.

"Ini adalah sebuah tanggung jawab besar. Saya mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia agar saya dapat mengharumkan nama bangsa di ajang internasional," ujarnya.

Saat jumpa pers, bulan lalu, Tata tampil memukau menggunakan riasan kosmetik Queen Series by Mustika Ratu. Permata juga membawa suvenir berupa produk jenama kecantikan itu untuk seluruh finalis Miss Cosmo 2024.

Video Terkini