Sukses

Prediksi Tren Skincare Halal 2024: Konsumen Lebih Kritis Terhadap Kandungan Produk dan Unsur Keberlanjutan Lingkungan

Tren skincare halal diprediksi bakal mendominasi pasar pada 2025, khususnya di kalangan Muslimah yang semakin selektif dalam memilih produk perawatan kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan meningkatnya kesadaran konsumen akan pentingnya skincare untuk perawatan kulit jangka panjang, lebih dari 70 persen konsumen Indonesia kini menginginkan kulit bersih dan sehat sebagai tujuan utama. Fabil Natural, merek skincare lokal, menggandeng Cosmax, salah satu produsen kosmetik global terkemuka, untuk memperkenalkan pentingnya menjaga kesehatan skin barrier.

"Skin barrier sangat penting untuk melindungi kulit dari polusi dan iritasi. Ketika rusak, kulit rentan terhadap masalah, seperti jerawat, kemerahan, dan penuaan dini," jelas Tri Widayanti, Founder Fabil Natural, saat sesi media gathering di bilangan Jakarta Pusat, Kamis, 3 Oktober 2024.

Tiwi, sapaan akrabnya, menyoroti masa depan perawatan kulit yang semakin mengedepankan penggunaan bahan alami, seperti herbal, serta jaminan halal. Tren skincare halal juga diprediksi bakal mendominasi pasar pada 2025, khususnya di kalangan Muslimah yang semakin selektif dalam memilih produk perawatan kulit.-

Permintaan akan produk yang halal, aman, dan berbasis bahan alami diprediksi akan terus meningkat, sejalan dengan tren kesadaran konsumen akan pentingnya kesehatan kulit dan keberlanjutan lingkungan.

"Pada produk derma skincare, konsumen akan mencari produk yang memiliki fungsionalitas tinggi dengan dukungan teknologi, sains, dan kemanjuran yang terbukti," ungkap Rian Destiyani Putri, Research and Innovation Skin Care Team Leader Cosmax dalam kesempatan yang sama.

Konsumen bakal semakin cermat dalam memilih produk yang memiliki fungsionalitas tinggi, serta didukung sains dan teknologi yang terbukti. Dengan maraknya produk skincare di pasaran, konsumen kini lebih kritis terhadap kandungan produk yang digunakan, memastikan bahan-bahan alami dan pengujian yang ketat sebelum memutuskan membeli.

 

 

2 dari 4 halaman

Kesehatan Kulit dan Keselamatan Konsumen

"Melalui kolaborasi dengan Cosmax, kami di Fabil Natural akan terus berinovasi dalam menghadirkan produk yang mengutamakan kesehatan kulit serta keselamatan konsumen. Kami percaya bahwa melalui produk-produk halal berbahan alami, kami dapat mendukung kecantikan alami wanita Indonesia," timpal Tiwi.

Fabil Natural baru saja meluncurkan dua produk teranyar, yaitu Fabil 20 persen Niacinamide Brightening Serum dan Fabil Skin Barrier Cream.Kedua produk ini dirancang untuk memperbaiki skin barrier yang rusak dan memberi kelembapan optimal. Serum ini diperkaya Niacinamide yang dikenal efektif mencerahkan kulit, mengurangi noda bekas jerawat, serta memperbaiki tekstur kulit yang kasar.

Sementara itu, Fabil Skin Barrier Cream berfungsi sebagai penjaga kelembapan alami kulit dan melindungi dari agresor lingkungan, seperti polusi dan cuaca ekstrem. Proses pengembangan produk diklaim melibatkan serangkaian uji, termasuk CT Test, Dermatology Test, dan Stability Test, dengan tim Cosmax terlibat di setiap langkahnya.

Dua produk tersebut menggunakan kemasan tidak transparan guna menjaga stabilitas bahan. Dengan meningkatnya permintaan akan produk halal dan berbahan alami, Fabil Natural berkomitmen terus berinovasi dalam menghadirkan produk sesuai kebutuhan konsumen Muslimah.

3 dari 4 halaman

Kesehatan Kulit Jangka Panjang

"Melalui kolaborasi bersama Cosmax, kami percaya bahwa produk halal berbahan alami bisa terus mendukung kecantikan alami wanita Indonesia dan akan semakin diminati," sebut Tiwi.

Kolaborasi ini tidak hanya bertujuan memenuhi tren, tapi memastikan kesehatan kulit jangka panjang bagi para konsumen, sejalan dengan kesadaran akan keberlanjutan lingkungan. Uniknya, brand kecantikan ini kerap memformulasikan bahan herbal alami yang pemakaiannya berhukum sunnah di ajaran Islam.

Menurut Tiwi, Fabil saat ini jadi perusahaan skincare dan kosmetik sunah herbal pertama di Indonesia. Ia berharap, mereknya bisa memberi manfaat kesehatan dan kecantikan bagi banyak orang lewat produk-produk mereka.

Belum lama ini, Tiwi mengatakan bahwa Fabil Natural menargetkan menjadi perusahaan skincare dan kecantikan halal terbesar di Asia Tenggara (ASEAN). Perusahaan juga akan terus berinovasi dengan mengedepankan standar produk berkualitas untuk menyasar pasar Indonesia. Fabil Natural sendiri telah menjadi pelopor perawatan kulit alami, herbal, dan berbasis sunnah. 

4 dari 4 halaman

Pendekatan Halal

"Dengan komitmen mendalam terhadap konsep green science, Fabil Natural memberikan solusi perawatan kulit yang bukan hanya aman dan efektif, tetapi juga sesuai dengan prinsip halal. Ke depan, kami terus berinovasi dan menciptakan produk-produk terbaik, dengan standar produksi yang baik," ujarnya, dikutip dari Antara, 13 September 2024.

Tiwi menambahkan, Fabil Natural lahir dari kesulitan mendapatkan produk skincare yang aman dan cocok bagi kulit sensitif. Dia pun berinisiatif untuk menciptakan skincare dengan bahan-bahan alami terbaik. Saat ini, Fabil Natural memberikan penekanan pada kesehatan kulit dengan menggunakan pendekatan halal skincare and beauty.

Inspirasi datang dari produk salah satu merek luar negeri yang sempat dipakai oleh sang pendiri. "Setelah enam tahun berada di industri kecantikan, Fabil Natural telah memiliki 200 jaringan penjualan yang lengkap baik secara online maupun offline, dari marketplace hingga toko-toko kecantikan, di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Tiwi, pihaknya berkomitmen untuk selalu menyediakan produk yang baik dan aman. "Kami juga mengedukasi konsumen untuk memilih produk yang bagus dengan melihat ingredients list-nya. Produk Fabil Natural dirancang untuk membantu konsumen memiliki kulit sehat dan glowing secara alami," pungkasnya.