Sukses

Gaya 3 Paslon di Debat Perdana Pilkada Jakarta: Kompak Pakai Baju Putih, Pramono Anung-Rano Karno Kenakan Syal Oranye

Di debat perdana Pilgub Jakarta 2024, Ridwan Kamil mengenakan kaus turtle neck dan rompi putih. Lalu Dharma Pongrekun memakai kemeja putih lengan panjang kerah Shanghai. Sedangkan Pramono Anung mengenakan kemeja putih lengan panjang, dan syal oranye.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta menggelar debat Pilkada Jakarta 2024 pada malam ini, Minggu (6/10/2024). Debat perdana yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat ini mengusung tema 'Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global'.

Ketiga pasangan calom |(paslom) kompak mengenakan baju serba putih pada debat perdana Pilkada Jakarta 2024. Dilansir dari akun Youtube KPU Provinsi Jakarta, paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) memakai baju putih. Ridwan Kamil mengenakan kaus turtle neck dan rompi putih serta celana panjang warna krem.

Sementara Suswono mengenakan baju putih dengan kerah Shanghai, celana panjang dan peci hitam. Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya, yang ikut mendampingi sang suami dengan mengenakan busana berwarna serupa

Lalu paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana memakai kemeja putih lengan panjang kerah Shanghai dan celana panjang hitam. Sedangkan paslon nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno terlihat mengenakan kemeja putih lengan panjang, celana panjang hitam, peci hitam dan syal berwarna oranye yang disematkan di pundak.

Keduanya juga terlihat mengenakan kaus oranye sebagai inner. Warna oranye memang identik dengan Kota Jakarta, termasuk klub sepak bola Jakarta, Persija Jakarta. Kedatangan pasangan Pramono Anung-Rano Karno di Jakarta International Expo Kemayoran langsung disambut salawat 'Tholaal Badru Alaina' dari massa pendukung.

Pantauan tim Pemilu Liputan6.com, Minggu (6/10/2024), Pramono-Rano tiba sekitar pukul 18.10 WIB. Massa pendukung Pramono-Rano Tampak meriah menyambut paslon jagoannya. Tampak pula artis Mandra, yang merupakan lawan main Rano Karno di serial Si Doel Anak Sekolahan.

 

2 dari 4 halaman

Persiapan Debat Pilgub Jakarta

Juru Bicara Pramono-Rano, Iwan Tarigan mengatakan, tidak ada persiapan khusus yang dilakukan pasangan cagub-cawagub tersebut dalam menjalani debat nanti."Mas Pram dan Bang Doel, tetap melakukan kegiatan sehari hari, berolahraga pagi dan menerima tamu. Tidak ada persiapan khusus," ungkap Iwan dalam keterangannya, Minggu.

Ia menjelaskan, tidak adanya persiapan yang khusus dilakukan karena dengan melihat latar belakang dari Pramono maupun Doel. "Karena tema debat hari ini adalah pekerjaan sehari hari Mas Pram ketika beliau aktif menjadi anggota DPR RI selama 4 Periode dan Sekretaris Kabinet selama 10 Tahun," jelasnya.

"Dan Bang Doel yang berpengalaman sebagai Wakil Bupati, Wakil Gubernur dan Gubernur Banten," sambungnya.

Berbeda dibanding paslon lainnya, pendukung Pramono-Rano tampak lebih siap menyambut. Hanya kedua sosok tersebut yang mendekat ke massa, sementara dua paslon lainnya hanya melambaikan tangan dari jauh.

Sebelumnya, Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno alias Doel bakal menjalani debat perdana. Kegiatan debat pertama cagub-cawagub ini yang dilaksanakan di Kemayoran, Jakarta Utara, hari ini Minggu (6/10/2024)

3 dari 4 halaman

Peserta Debat Perdana Pilkada Jakarta Disambut Meriah

Sedangkan kedatangan paslon lain yakni Ridwan Kamil-Suswono pun disambut yel yel meriah dari pendukung mereka. Pantauan Liputan6.com, Minggu. Ridwan Kamil-Suswono tiba di Jiexpo Kemayoran sekitar pukul 17.54 WIB. Saat turun dari kendaraan yang mengantar, massa pendukung Pramono-Rano langsung bersikap meriah.

Momen tersebut pun digunakan Ridwan Kamil uatau RK untuk ikut berjoget sambil melambaikan tangan menyapa massa yang datang untuk meramaikan debat Pilkada Jakarta 2024. Suswono sendiri terlihat hanya tersenyum sambil ikut melambaikan tangan. Meski sudah berpengalaman saat maju di Pilgub Jabar, RK tidak mau menganggap enteng pesaingnya pada debat perdana Pilkada Jakarta 2024 . Dia mengakui, segala sesuatunya tengah dipersiapkan, termasuk berlatih.

Dharma Porengkun-Kun Wardana sendiri tampak tiba sekitar pukul 17.42 WIB. Kedatangan mereka justru malah seolah disambut pendukung Pramono-Rano.Mereka makin kencang meneriakkan yel yel, berbanding terbalik dengan pendukungnya sendiri, yang bahkan hampir tidak terlihat.

Sementara itu, polisi menyiapkan rangkaian pengamanan dalam rangka menyukseskan acara debat perdana Pilkada Jakarta 2024. Salah satunya demi mengantisipasi terjadinya gesekan antar pendukung paslon calon gubernur dan wakil gubernur.

 

4 dari 4 halaman

Polisi Terjunkan 1.634 Personil Gabungan

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro menyampaikan, berdasarkan pengalaman saat pendaftaran ataupun pengambilan nomor urut, momen tersebut selalu dihadiri oleh massa pendukung non-undangan. Undangan massa tiap paslon saat itu hanya 110 orang, namun yang datang bisa mencapai 500 sampai 600 orang.

"Itu baik masa dari ketiga paslon. Tentu ini juga menjadi perhatian kami, kami menyiapkan pasukan khusus per paslon agar tidak terjadi gesekan antar massa paslon," tutur Susatyo Minggu.

Menurutnya, ada sebanyak 1.634 personil gabungan yang diturunkan, terdiri dari TNI-Polri hingga penyelenggara Pilkada 2024.Seluruhnya mengisi ring 1 yakni di dalam area debat, serta ring 2 dan ring 3 yang berada di luar lokasi.

"Itu per 15 menit itu sudah diatur siapa yang datang duluan, kemudian pada pukul berapa. Kami juga berharap agar paslon bisa tepat waktu dan sampai dengan saat ini kami belum melakukan rekayasa lalu lintas. Kami masih memonitor dan berkoordinasi dengan para petugas pengawal," jelas dia.

Â