Sukses

Konflik Timur Tengah Makin Meluas, Dikhawatirkan Bisa Berdampak pada Kunjungan Wisman ke Indonesia

Menparekraf Sandiaga Uno merasakan sendiri pengalaman naik pesawat dari negara Timur Tengah mengalami penundaan atau delay.

Liputan6.com, Jakarta - Konflik Israel dan Palestina yang sudah berlangsung genap setahun kini sudah meluas ke beberapa negara seperti Lebanon dan Yaman. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengaku khawatir konflik di Timur Tengah bisa berdampak pada kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

Sandiaga Uno mengatakan, saat ini sudah mulai terasa dengan penundaan penerbangan menuju Indonesia dari negara asal wisatawan. Ia pun merasakan sendiri pengalaman naik pesawat dari negara Timur Tengah mengalami penundaan atau delay.

"Minggu lalu saya mau pulang dari Timur Tengah ke Indonesia pesawatnya delay dan dialihkan ke Korea Selatan. Begitu di Korea Selatan ternyata banyak yang delay juga sampai dua jam dan bahkan ada yang lebih, karena Korea Utara menerbangkan banyak balon ke Korea Selatan, itu jadi menganggu penerbangan," ungkap Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar secara hybrid, Senin (7/10/2024).

"Jadi dampaknya bisa semakin luas karena bisa saja banyak wisman mengurangi waktu kunjungan atau bahkan batalkan rencana ke Indonesia. Kalaupun ada yang berwisata spending nya bisa saja berkurang,” lanjutnya.

Pria yang biasa disapa Sandi ini pun berharap konflik Timur Tengah bisa segera berakhir karena dikhawatirkan bisa semakin menganggu kunjungan wisatawan bahkan mungkin juga di bidang lainnya.

Sandi menambahkan, situasi geopolitik dunia tetap harus diwasapadai Walaupun bila dilihat dari Top 5 kunjungan wisman tidak terhubung dengan negara-negara Timur Tengah tapi lebih sering dari Australia, India, Tiongkok, Malaysia, Singapura dan Timor Leste, tapi tetap perlu hati-hati karena wisman yang berkualitas bisa saja berkurang.

"Banyaknya wisman berkualitas justru dari Eropa, termasuk juga dari Timur Tengah dan dari Amerika di Pantai Timur. Jadi menurut saya ini harus kita sikapi. Saya titip ke Ibu Nia (Niscaya) dan jajaran dan timnya untuk terus memantau situasi ini," kata Sandi.

 

2 dari 4 halaman

Jumlah Wisman ke Indonesia

"Kalau kita lihat jumlah wisman di bulan Januari-Agustus tahun ini dibandingkan Januari-Agustus tahun lalu, nampaknya ada peningkatan 20,38 persen. secara jumlah, wisman hingga Agustus 2024 mendapatkan 9920.086. wisatawan Kalau kita lihat dari mana saja, originasinya tidak jauh-jauh, dari Malaysia (14.09) persen, Australia (11,47), Tiongkok (9,41), Singapura (9,37), dan Timor Leste (5,1)," terang Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya,

"Mengenai target, kita mempunyai dua skenario target, target bawah dan target atas. Target bawah dulu 9,3 juta diubah Bappenas menjadi 10,41 juta, dan dengan capaian Januari--Agustus ini, kita sudah mencapai 87,35 persen. sementara untuk target atas, tetap 14,3 juta dan kita sudah mencapai 63,59 persen. jadi masih ada peer untuk mencapai target atas," sambungnya.

Pada pekan lalu, Kemenparekraf mengapresiasi sejumlah maskapai penerbangan internasional yang membuka rute penerbangan baru ke Indonesia yang berpotensi meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Ada dua maskapai internasional yang membuka rute penerbangan baru tersebut yaitu Scoot Airlines dan AirAsia.

Scoot adalah maskapai penerbangan berbiaya rendah asal Singapura yang sebelumnya sudah membuka beberapa rute penerbangan ke beberapa daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bali, dan juga Lombok. Menurut Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya, kali ini, Scoot menghadirkan penerbangan Singapura-Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

 

3 dari 4 halaman

Rute Penerbangan Baru ke Indonesia

"Kemarin, pada Sabtu, 28 September 2024, pukul 16.35 WIB Scoot untuk pertama kalinya mendarat di Bandara Kertajati, Jawa Barat. "Terima kasih Scoot dan ini sudah akan melayani penerbangan dua kali sepekan, Selasa dan Sabtu dengan kapasitas 112 penumpang," terang Nia Niscaya dalamThe Weekly Brief With Sandi Uno yang digelar secara hybrid di Jakarta, Senin, 30 September 2024.

Sementara, maskapai penerbangan asal Malaysia, AirAsia, membuka rute penerbangan Hong Kong-Denpasar pada hari ini, Selasa (1/10/2024) dan Hong Kong-Jakarta pada 8 Oktober 2024. "Kedua rute itu frekuensi penerbangannya adalah setiap hari dan pesawat yang digunakan adalah Airbus 320 dengan kapasitas 180 penumpang," jelas Nia.

Kemenparekraf menyambut baik kehadiran rute penerbangan baru ini. Dengan hadirnya rute-rute penerbangan baru ini diharapkan akan menambah pilihan maskapai penerbangan bagi wisman atau turis asing yang ingin berkunjung ke Indonesia "Mudah-mudahan ini akan memberikan dampak positif terhadap jumlah kunjungan wisatawan," kata Nia.

Kedatangan perdana pesawat dari Maskapai Scoot Airlines di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada Sabtu dari Singapura, disebut menjadi momentum peningkatan aktivitas penerbangan di sana.

"Kami (kemarin) menyambut langsung penerbangan perdana Scoot Airlines dari Singapura. Kami harapkan ini menjadi momentum dari keramaian Bandara ini," kata Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dalam keterangan di Bandung, Minggu, 30 September 2024, dilansir dari Antara.

4 dari 4 halaman

Penerbangan ke Bandara Kertajati

Pada tahap awal ini, Scoot Airlines yang merupakan anak perusahaan dari Singapura Airlines, melayani penerbangan ke Kertajati sebanyak dua kali dalam sepekan. Namun Bey optimistis pada waktu mendatang, rute tersebut akan meningkat menjadi setiap hari.

"Baru dua kali dalam sepekan, tapi kami harap akan terjadi peningakatan setiap hari ada," ucapnya. Bey juga meyakini kunjungan wisatawan ke destinasi di Jawa Barat akan meningkat dengan rute baru ini. Bahkan, Bey menyebut sudah menginstruksikan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar untuk gencar mempromosikan pariwisata Jabar ke Singapura.

"Mudah-mudahan kunjungan ke destinasi wisata Jabar juga meningkat, kan banyak wisata kita yang bagus-bagus. Saya sudah minta ke Disparbud Jabar untuk terus mempromosikan wisata Jabar ke Singapura," harapnya.

Selain itu dalam waktu dekat tim sepak bola Persib Bandung akan melakoni laga tandang melawan tim dari Singapura pada AFC Championsip League 2. Hal ini memungkinan tim Persib akan terbang dari Bandara Kertajati. "Nanti juga persib kan akan main di Singapura mudah-mudahan berangkat dari sini juga dan bobotohnya," imbihnya.