Sukses

Kutu Busuk Ditemukan di Kursi Penerbangan First Class, Bikin Penumpang Bergidik Ngeri

Bukan sekali ini saja kasus kutu busuk ditemukan di dalam pesawat.

Liputan6.com, Jakarta - Kutu busuk masih terus menghantui banyak orang, bahkan saat di udara. Seorang penumpang American Airlines mengalami "mimpi buruk penerbangan" setelah menemukan seekor kutu busuk merayapi kakinya selama penerbangan dari New York City ke Detroit, Amerika Serikat.

Melansir NY Post, Kamis (10/10/2024), ia menggambarkan penemuan mengerikan itu dalam sebuah unggahan Reddit yang jadi viral. Penumpang yang ketakutan, yang menggunakan nama @HaddawayThrowaway978, dilaporkan menemukan kutu busuk itu saat duduk di "kelas utama" pada penerbangan American Airlines 4412 dari LaGuardia.

"Menemukan kutu busuk ini merayap di kaki saya di tengah penerbangan," tulis mereka di komentar. "Saya menaruhnya di serbet koktail untuk ditunjukkan pada FA (awak kabin) yang segera memberi tahu kapten melalui telepon/interkom."

Itu termasuk foto serbet dengan pengisap darah tersebut, yang dilaporkan mencoba menggigit jari penumpang saat mereka memindahkannya ke kain, menurut komentar lanjutan. Karena takut dihinggapi hama, Redditor tersebut dilaporkan mengganti pakaian mereka di bandara dan "mengantungkannya."

"Pakaian kami sedang dicuci sekarang," tulis penumpang pesawat tersebut. "Berharap tidak ada yang masuk ke ransel atau tas terdaftar saya selama pergantian pakaian."

Haddaway menulis bahwa mereka berharap pesawat itu tidak dapat terbang karena "penumpang gelap" tersebut. Tapi, setelah memeriksa dan melihat, mereka mendapati pesawat itu "kembali ke LGA dan kemudian ke Tulsa!!"

Penumpang pesawat itu menulis bahwa mereka telah mengajukan keluhan pada American Airlines, yang mengeluarkan tanggapan yang "sangat mengecewakan." "Mohon maaf yang sebesar-besarnya atas pengalaman yang Anda ceritakan," tulis mereka, sesuai utas tersebut.

2 dari 4 halaman

Kata Maskapai Penerbangan

American Airlines menyambung, "Komitmen kami untuk menempatkan Anda di pusat perhatian dari semua yang kami lakukan tidak pernah goyah, dan masukan Anda menggarisbawahi komitmen ini. Yakinlah, pengaduan Anda akan ditinjau tim kepemimpinan kami saat kami berupaya memastikan kami memberi pengalaman pelanggan berkualitas tinggi yang layak Anda dapatkan."

Pengguna Reddit bersimpati dengan nasib penumpang tersebut, salah satunya menulis, "Pengalaman yang mengerikan, saya selalu mengeceknya, tapi sulit untuk menemukannya di pesawat." Yang lain bercanda, "Bagaimana menurutmu kutu busuk itu akan sampai ke Detroit? Seperti kamu, mereka akan memilih maskapai dengan tarif terendah."

"Itu kutu busuk remaja, belum dewasa. Kemungkinan besar ada telur di pesawat itu," tulis yang ketiga. Meskipun jarang terjadi, serangan kutu busuk bukanlah hal yang tidak pernah terjadi di penerbangan.

Pada 2017, penumpang Kanada digigit serangga kecil itu dalam penerbangan British Airways dari Vancouver, BC ke London, Inggris. Pakar pengendalian hama mengatakan bahwa penumpang dapat mengurangi kemungkinan digigit kutu busuk dengan menutupi kursi mereka dengan penutup yang dibuat khusus, memasukkan barang bawaan ke dalam kantong plastik, serta mengemas bantal dan selimut Anda sendiri alih-alih menggunakan milik maskapai.

3 dari 4 halaman

Kutu Busuk di Kamar Hotel

Awal tahun ini, liburan sepasang turis di Queensland, Australia berubah jadi mimpi buruk ketika keduanya terpaksa tidur di lobi hotel karena kamar mereka dipenuhi serangga. Benjamin, yang tidak ingin memberikan nama belakangnya, mengaku memesan kamar hotel di Park Regis North Quay Hotel, Brisbane.

Pasangan itu mengaku menemukan kecoak dan kutu busuk di kamar, yang menyebabkan mereka bermalam di lobi karena "tidak punya tempat lain untuk tidur." "Kami meninggalkan (kamar hotel setelah berada di sana selama beberapa waktu) dan pergi makan malam bersama," kata Benjamin pada The Courier-Mail, dikutip dari news.com.au, Rabu, 14 Februari 2024.

“Kami kemudian kembali bersantai di sofa dan makan cokelat," imbuhnya. "Saat menonton TV, kami membiarkan bungkusan cokelat itu terbuka. Pasangan saya hendak mandi, tapi ketika ia kembali ke sofa, ia berkata, 'Apa itu?' Saya melongok ke bawah dan melihat ada dua kecoak di atas cokelat, sedang memakannya."

Foto yang diambil pasangan tersebut menunjukkan serangga yang mereka tangkap di bawah gelas. Keadaan jadi lebih buruk ketika mereka bersiap tidur, dan melihat ada kutu busuk di bantal. "Kami panik," kata Benjamin. "Saya seperti, 'Ya Tuhan, tidak mungkin.'"

4 dari 4 halaman

Awal Wabah Kutu Busuk

Wabah kutu busuk pertama dilaporkan di Paris, Prancis, kemudian merambah ke Asia, seperti Hong Kong, Korea Selatan, dan Singapura. Sebagai tanggapan, hotel-hotel di Paris tengah berupaya mempersenjatai diri terhadap kutu busuk menjelang Olimpiade musim panas ini, lapor kantor berita Jerman, dpa, 10 Januari 2024.

Menurut Le Parisien, pembasmi serangga di ibu kota sudah menerima pemesanan untuk inspeksi kamar hotel dengan anjing pelacak. Para pelaku bisnis perhotelan akan berusaha maksimal memastikan kamar mereka bebas dari parasit.

Tahun lalu, kutu busuk telah dilaporkan terlihat di pemandian, asrama universitas, dan stasiun kereta api di Korea Selatan. Mengutip CNN, 10 November 2023, setidaknya ada 30 dugaan dan laporan kutu busuk yang terkonfirmasi sejak akhir Oktober 2023.

Hal ini mendorong pemerintah negara itu mengumumkan kampanye empat minggu guna memberantas hama penghisap darah tersebut. Sebelumnya, negara ini praktis bebas dari kutu busuk setelah kampanye pemberantasan kutu busuk di masa lalu, dengan hanya sembilan kutu busuk yang dilaporkan ke Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) sejak 2014.

Video Terkini