Sukses

Jelang Laga Timnas Indonesia vs Bahrain, Maarten Paes Diputarkan dan Diminta Hafalkan Lagu Balonku

Di Bahrain, Maarten Paes satu kanar dengan Sandy Walsh di hotel. Siapa sangka, Sandy yang sudah kebih lama memperkuat timnas Indonesia mengerjai Paes dengan kelakuan kocaknya.

Liputan6.com, Jakarta - Tim nasional atau timnas Indonesia menghadapi tuan rumah Bahrain pada lanjutan Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di National Stadium, Kamis (10/10/2024) pukul 23.00 WIB. Pemain yang terakhir bergabung memperkuat skuat Timnas Indonesia adalah Maarten Paes.

Kiper andalan timnas Indonesia ini telah mendarat di Bahrain pada Selasa, 8 Oktober 2024. Keberadaan Paes di Bahrain ini sekaligus menandakan skuat Timnas Garuda telah lengkap sebanyak 26 pemain setelah sebelumnya kondisi Paes dikabarkan masih belum fit karena cedera jari tangan.

Namun akhirnya kondisinya sudah pulih. Di Bahrain, Paes satu kanar dengan Sandy Walsh di hotel. Siapa sangka, Sandy yang sudah kebih lama memperkuat timnas Indonesia mengerjai Paes dengan kelakuan kocaknya.

Dalam video yang dibagikan akun Instagram @garudaletsgo.id, pada Rabu, 9 Oktober 2024, Sandy sempat memberikan sambutan kepada sang roommate. Uniknya, ia tidak lupa dengan jargon Maarten Paes yang begitu populer yakni 'Peh'.

"Back together Maarten Paes, Peh," ujar Sandy. "Peh," balas Maarten. Setelah itu, Walsh juga menyambut kehadiran Paes dengan memutarkan sebuah lagu. Bukan lagu kebangsaan Indonesia Raya maupun Tanah Airku, Sandy justru memutar lagu anak-anak yaitu Balonku dengan volume yang cukup kencang.

Mendengar lagu tersebut diputar, Maarten Paes langsung menengok ke arah Sandy. Menariknya, Paes juga langsung menggoyangkan kepalanya menguikuti irama lagu 'Balonku'. Bahkan, pesepak bola klub Dallas FC itu tampak tersenyum mendengarkan lagu tersebut. Momen kelakuan kocak Sandy Walsh putar lagu 'Balonku' buat Maarten Paes ramai jadi perbincangan warganet.

 

2 dari 4 halaman

Sandy Walsh Sering Putar Lagu Balonku

Menurut sejumlah warganet, Sandy memang sangat suka memutar lagu 'Balonku' dan bahkan meyakini pemain klub KV Mechelen itu meminta Paes atau pemain naturalisasi lainnya untuk menghafal lagu tersebut. Sebagai pemain yang lebih Yunior, Paes kemungkinan menuruti permintaan Walsh.

"Setelah lulus jongkok challenge, pelajaran selanjutnya balonku dari pak kumis, jangan lupa hapalin ya lagunya😭🤣," komentar seorang warganet.

"Ternyata mereka masih disatuin😭," tulis warganet lain.

"Kasian paes sudah tidak bisa terselamatkan..😂," sahut pengguna yang lain.

"Sandy ada aja kelakuannya 😭🤣," ujar warganet yang lain.

"Sombong dia karna dia udh hapal lagu balonku 🤣 yg lain pada sibuk ngapal lagu Indonesia raya si paes malah sibuk ngapalin lagu balonku 🤣," timpal warganet lainnya.

Maarten Paes, kerap menunjukkan semangat nasionalisme di berbagai kesempatan. Meskipun tidak memiliki keturunan Indonesia, Paes sangat antusias untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Neneknya yang pernah tinggal di Kediri, Jawa Timur sering menceritakan betapa indahnya Indonesia dan kelezatan kulinernya secara turun-temurun.

Pria yang kini tinggal di Amerika Seikat (AS) setelah dikintrak klub Dallas FC ini memperkenalkan makanan Indonesia kepada teman-temannya. Informasi itu diketahui dari unggahannya di Instastory-nya pada Kamis, 26 September 2024.

3 dari 4 halaman

Maarten Paes Doyan Makanan Indonesia

Paes membagikan momen saat menikmati hidangan di restoran Indonesia, Balistreet Cafe, yang terletak di Dallas, Texas. Ia terlihat bersama teman-temannya menikmati beberapa makanan khas Indonesia seperti soto, rendang, satai ayam, sampai kue lapis Surabaya.

"Menunjukkan masakan Indonesia kepada teman-teman," tulisnya dalam keterangan unggahannya.  Pria 26 tahun ini juga sempat berfoto dengan kue lapis Surabaya yang sepertinya jadii favoitnya dan berfoto dengan pemilik restoran. Paes memang menggemari kuliner Indonesia. Saat berada di Dallas, Paes juga pernah membagikan unggahan sedang memasak makanan nusantara yaitu soto ayam.

Maarten Paes memang sempat diganggu masalah pergelangan tangan, yang membuatnya harus absen dalam dua laga terakhir untuk klubnya. Meski begitu, dia tetap dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia di laga lanjutan grup C FIFA World Cup Qualifiers round 3 melawan Bahrain dan China.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengeklaim masalah cedera Paes nampak tidak begitu serius, tetapi pihaknya masih akan memastikan kondisi sang kiper jelang pertandingan.

4 dari 4 halaman

Peluang Paes Bermain Lawan Bahrain

"Kemungkinan 70 persen dia (Maarten Paes) bisa bermain. Akan dilihat dulu (kondisinya) hari ini dan besok, setelah itu akan diambil keputusan oleh tim pelatih," ucap Shin Tae-yong saat sesi latihan, Selasa, mengutip kanal Bola Liputan6.com.

"(Cedera Paes) tidak begitu parah. Paling kalau tidak dimainkan, (tujuannya) hanya untuk menjaga pemain saja. Tapi akan diambil keputusannya nanti," sambung juru taktik Timnas Indonesia sebagaimana dinukil dari rilis PSSI.

Selain Maarten Paes, kondisi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders juga jadi sorotan. Dua pemain yang baru saja resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) ini harus melewati perjalanan panjang dari Belanda untuk memenuhi panggilan perdana mereka di Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong (STY) menyebut pihaknya saat ini masih fokus memulihkan kondisi Mees dan Eliano jelang laga kontra Bahrain. Dia berharap mereka bakal fit saat menatap laga yang berpotensi menjadi debutnya bersama Timnas Indonesia.

"Mees Hilgers (dan Eliano) datang kemarin, mereka melakukan perjalanan jauh dan lama, jadi fokusnya memang ke pemulihan saja. Harapan saya, (mereka) harus bagus (kondisinya) dalam tim," kata STY.

Â