Sukses

AHY Raih Gelar Doktor, Annisa Pohan Kasih Tantangan Baru untuk Suaminya

Annisa Pohan begitu takjub dengan energi dan kapasitas AHY yang bisa menyelesaikan pendidikannya dengan begitu cepat di tengah kesibukan yang padat, baik sebagai ketua umum partai maupun menteri.

Liputan6.com, Jakarta - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) baru saja menyandang gelar doktor. Ia menyelesaikan kuliah S3 program studi Pengembangan Sumber Daya Manusia di di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Jawa Timur. Gelar tersebut didapatkan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) ini setelah menjalani ujian doktor terbuka.

AHY dinyatakan lulus dengan predikat cum laude dengan masa studi 3 tahun 1 bulan. Pencapaian tersebut disambut suka cita oleh keluarga, terutama Annisa Pohan. Ikut mendampingi suami dalam ujian doktor terbuka, terlihat ia membagikan potret AHY saat momen berlangsung pada Senin, 7 Oktober 2024.

Annisa begitu takjub dengan energi dan kapasitas AHY yang bisa menyelesaikan pendidikannya dengan begitu cepat di tengah kesibukan yang padat, baik sebagai ketua umum partai maupun Menteri dan kepala keluarga.

"Alhamdulillah manusia yang di mata saya masyaAllah banget ini energi dan kapasitas otak beliau, bisa menyelesaikan program S3 dengan cepat, padahal itu juga dirinya merasa sudah ketunda satu semester karena harus pemilu, sehingga cuti selama pemilu," tulis Annisa dalam unggahannya pada Kamis, 10 Oktober 2024.

Rasa kagum dan bangganya pada suami pun semakin besar dengan predikat cum laude yang diraih. Meski begitu, ia juga menyebut hal itu tak mungkin tercapat tanpa campur tangan Tuhan.

"Udah sesibuk itu saja bisa cepat dan cum laude! Sungguh ajaib memang suamiku ini, tapi semua tentunya karena kebesaran Allah SWT yang menganugerahi itu semua, masyaAllah tabarakallah," lanjutnya.

 

2 dari 4 halaman

AHY Ditantang Jadi Dosen

Menariknya di akhir keterangan unggahan, wanita berusia 42 tahun itu memberi tantangan pada sang suami. Melihat pencapaian akademik AHY, ia berharap ilmu itu bisa disebarluaskan dan bermanfaat buat banyak orang.

Annisa kemudian menantang AHY untuk menjadi dosen. "Gimana pap, siap menjadi dosen dan berbagi ilmu?" tulisnya sambil menandai akun AHY. Melihat tantangan yang diberikan ibu satu anak itu, warganet langsung memberi dukungan.

"Cocoknya emang jadi dosen," komentar seorang warganet.

"Yakin banget kalau beliau mengajar jarang mahasiswi yang bolos, pasti kelas full teruss," sahut warganet lain.

"Setuju banget kalo suaminya mba Annisa jadi dosen, sangat capable," sebut yang lain.

"Cocok bisa jadi dosen mas AHY,” kata warganet yang lain.

"Klu ini jelas kampus nya dan yakin memang no tipu2," ujar warganet lain.

"Calon presiden masa depan🔥🔥," timpal waerganet lainnya.

Ketika mendampingi AHY saat diwisuda, Annisa tampil bersahaja mengenakan ansambel bernuansa abu-abu dalam potongan kebaya kartini berpadu kain batik sebagai bawahan dan selendang. Ia melengkapi penampilan dengan aksesori serba perak mulai dari sepasang anting, kalung, dan bros.

3 dari 4 halaman

Ungkapan Syukur AHY

Rose makeup-nya dipadukan dengan riasan semi bold di bagian mata, sementara rambut hitam Annisa ditata dalam sanggul rapi. Di sisinya, AHY tampil necis dengan setelan jas gelap berpadan kemeja putih dan dasi motif garis-garis. Hadir di momen itu, SBY mengenakan setelan jas serupa putranya, namun dipadankan dengan dasi biru.

Di unggahan Instagram-nya, Selasa, 8 Oktober 2024, AHY menulis, "Alhamdulillah, saya dinyatakan lulus Sidang Ujian Terbuka dan secara resmi memperoleh gelar Doktor ke-88 dari program studi pengembangan SDM, Universitas Airlangga. Saya dedikasikan ini semua bagi Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono, Memo tercinta."

Sebelum ini, AHY dan Annisa sudah lebih dulu menghadiri acara HUT ke-79 TNI di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu, 5 Oktober 2024. Saat itu, finalis GADIS Sampul 1997 tersebut tampil anggun dalam balutan kebaya encim berwarna biru berpadu selendang ungu cukup mencolok.

Tidak melulu di agenda resmi, pasangan yang menikah pada 2005 ini sempat menunjukan dukungan mereka untuk SBY ketika presiden ke-6 RI itu tampil di atas panggung Pestapora 2024, Jumat malam, 20 September 2024. Berdiri di depan barikade, AHY dan Annisa kompak memakai busana bernuansa biru muda.

4 dari 4 halaman

Annisa dan AHY Tonton Aksi SBY

Annisa terlihat kasual dengan midi dress lengan panjang. Rambutnya dikuncir setengah, memperlihatkan sepasang anting bulat yang dipakai. Sebagai penggenap tampilan, perempuan berusia 42 tahun ini menyampirkan tas dalam warna serasi.

Dilihat lebih dekat, aksesori itu ternyata merupakan rilisan rumah mode Italia, Prada, tepatnya seri Re-Edition 2005 Re-Nylon. Melansir situs webnya, Sabtu, 21 September 2024, tas tersebut merupakan bagian dari kampanye "SEA BEYOND," program edukasi yang diluncurkan Prada Group dan Komisi Oseanografi Antarpemerintah (IOC) UNESCO pada 2019.

Aksinya bermaksud meningkatkan kesadaran tentang keberlanjutan dan pelestarian laut. "Hingga Juli 2023, proyek SEA BEYOND didukung satu persen dari hasil Prada Re-Nylon Collection untuk terus memperkuat kemitraan antara Prada Group dan IOC/UNESCO," kata jenama fesyen tersebut.

Tas yang tersedia dalam 13 warna, termasuk biru muda yang dipilih Annisa Pohan itu, dibanderol 1,6 ribu euro (sekitar Rp27 juta). Serasi dengan istrinya, AHY terlihat berkemeja biru muda lengan pendek berpadu celana hitam dalam potongan formal.

 

Video Terkini