Sukses

Usai Sebut Dirinya Pengangguran, Anies Baswedan Bikin Konten Review Buku

Episode pertama dari serial "Anies Baca Buku" ini sudah tayang di akun YouTube miliknua dengan judul Anies Baca Buku: Atomic Habits.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Anies Baswedan belakangan ini ramai menjadi perbincangan di media sosial (medsos) karena memasang status 'open to work' atau sedang mencari pekerjaan di Linkedln. Ia bahkan menyebut dirinya pengacara alias pengangguran banyak acara dalam beberapa unggahannya di medsos.

Namun, tidak hanya memasang status sedang mencari pekerjaan, kini Anies Baswedan juga melakukan aktivitas produktif lain yang menuai sorotan. Melalui akunTwiter atau X miliknya @aniesbaswedan, suami Fery Farhati itu mengumumkan akan membuat serial "Anies Baca Buku" di kanal YouTube miliknya.

"Memenuhi banyak permintaan teman-teman, saya akan rutin cerita buku-buku yang saya baca," tulis Anies dalam unggahannya, Jumat, 11 Oktober 2024. Anies mengatakan mengusahakan membuat konten review buku satu sampai dua kali setiap minggu.

"Ada yang minta saya bikin sebulan sekali, ada yang minta setiap hari (mohon maaf nih, saya kan banyak acara)," jelasnya. "Jadi sementara ini kita usahakan 1-2 kali seminggu ya," sambungnya.

Episode pertama dari serial "Anies Baca Buku" ini sudah tayang di akun YouTube mantan Menteri Pendidikan tersebut dengan judul Anies Baca Buku: Atomic Habits karya James Clear. Konten yang diunggah pada Jumat, 11 Oktober 2024 itu pun langsung menyita perhatian dari warganet. Baru sehari dibagikan, konten tersebut sudah ditonton lebih dari 37 ribu kali.

Anies mengatakan sengaja mengulas Atomic Habits karena buku tersebut tergolong bacaan yang ringan dan sudah dikenal oleh banyak orang. "Buku ini termasuk salah satu yang paling sering saya kasih jadi hadiah ke teman-teman mahasiswa kalau sedang kuliah umum. Bukunya best seller, pasti banyak yang sudah baca, tapi saya yakin tetap lebih banyak yang belum baca," terangnya.

 

2 dari 4 halaman

Pujian Warganet untuk Anies

"Ini dari pengalaman nyata seseorang yang sesuai judulnya, melakukan hal-hal kecil secara teratur hingga bisa mencapai banyak pencapaian tak terduga. Intinya, tidak harus melakukan sesuatu yang besar saja, cukup lakukan hal-hak kecil asallkan konsisten bisa mendapatkan hasil yang memuaskan," sambungnya.

Unggahan Anies Baswedan ini tentunya tak luput dari sorotan warganet. Selain banyak yang memberikan pujian, beberapa warganet masih menyinggung soal wapres terpilih yang mengaku tidak suka baca buku.

"Banyak gaya banget pengangguran satu ini," komentar seorang warganet.

"Review bukunya serasa didongenin," kata warganet lain.

"Lanjutkan konten seperti ini pak biar lebih banyak lagi anak-anak Indonesia yang tertarik dan meminati membaca buku dan semoga bisa meningkatkan tingkat literasi Indonesia,” tulis warganet yang lain.

"Saat wapresku gak baca buku, tapi suka komen Cabul, Eh Pak Anies Tak henti2nya menjadi guru bangsa untuk terus mencintai ilmu dengan menularkan virus membaca," singgung warganet lain.

"Terima kasih Pak Anis, sering" bedah buku ya.. biar rakyat RI melek pengetahuan, mungkin diantara kami ada yg ga bisa beli buku.," ujar warganet lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Aktivtas Anies Sejak Jadi Pengangguran

Aktivitas Anies Baswedan belakangan ini seakan tak pernah lepas dari atensi warganet. Seperti baru-baru ini, media sosial diramaikan dengan pembaruan akun LinkedIn Anies menjadi "Open to Work".

Pembaruan status itu menandakan si pemilik akun sedang mencari pekerjaan. Tentu hal ini tak lepas dari kegagalan Anies memenangkan Pilpres 2024 maupun maju di Pilkada DKI Jakarta. Selain itu, Anies ternyata juga melakukan sejumlah aktivitas lain yang tak kalah menarik perhatian warganet.

Meski sudah tak lagi bekerja alias pengangguran, Anies ternyata tetap berkolaborasi dengan komunitas Bike2Work yang mendorong pekerja untuk bersepeda saat ke kantor. Aktivitas ini dilakukan Anies tepat pada Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2024, membuatnya semakin terkesan hendak pergi ke kantor.

Kegiatan itu juga dibagikan di akun Instagramnya. Tak heran bila aktivitasnya menjadi bahan candaan warganet. "Pak Anies ikut bike to work emang kerja dimana," seloroh seorang warganet. "Monmaap boss. kalo mau join 'bike to work', harus ada 'work'nya dulu. ga bisa modal 'bike' aja tanpa 'work'. makasih," komentar yang lain.

Kegiatan lain yang unik dan baru-baru ini menjadi pembicaraan ketika Anies menjajal wahana dinosaurus merah muda di Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan. Ayah empat anak ini ternyata ingin membuktikan apakah benar wahana itu berbahaya atau tidak.

4 dari 4 halaman

Naik Dinosaurus sampai Nonton Konser

Kegiatan lain yang unik dan baru-baru ini menjadi pembicaraan ketika Anies menjajal wahana dinosaurus merah muda di Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan. Ayah empat anak ini ternyata ingin membuktikan apakah benar wahana itu berbahaya atau tidak.

"Melewati wahana monorail dinosaurus dan ditantang untuk naik karena katanya ngeri-ngeri sedap. Ternyata memang benar ngeri, saat belok, rasanya miring," cuit Anies. Bukan hanya memainkan wahana dinosaurus di Ragunan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga memberi makanan kepada beberapa hewan, seperti jerapah yang diberi nama Julang oleh Anies, maupun harimau Hari dan Tino yang sempat terpapar Covid-19.

Tak hanya jalam-jalan sendirian, ia juga membuktikan diri sebagai suami yang baik dan tetap romantis dengan mengajak sang istri, Fery Farhati menonton konser John Legend. Keduanya sempat mengabadikan momen mesra mereka lewat video selfie.

Konser John Legend yang ditonton oleh Anies berlangsung di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 6 Oktober 2024. Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang dikunjungi pelantun lagu 'All of Me' itu.

 

Video Terkini