Sukses

PM Singapura Lawrence Wong Pulang Kampung Naik Pesawat Kelas Ekonomi dari Laos

Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong memilih naik kursi pesawat kelas ekonomi dengan ruang kaki yang lebih besar usai menghadiri KTT ASEAN 2024 di Laos.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong mendapat sorotan. Kali ini karena suksesor Lee Hsien Loong itu naik kursi pesawat kelas ekonomi saat pulang kampung ke Singapura dari Vientiane, Laos.

Pria berusia 51 tahun itu menghadiri KTT ASEAN ke-44 dan ke-45 serta KTT Terkait yang diselenggarakan di kota tersebut sejak awal pekan. Ia pulang ke Singapura pada Sabtu, 12 Oktober 2024, dengan menumpang pesawat Scoot.

 

Rekaman dari CNA, yang dibagikan di media sosial, menunjukkan seorang penumpang lain dalam penerbangan tersebut merekam video PM Wong saat ia menaiki pesawat. Awak kabin dan penumpang bersorak sorai menyambutnya. Dia balas melambai sambil tersenyum sebelum duduk di kursi barisan depan.

Warganet memuji aksinya dengan mengatakan bahwa PM Wong tampak "rendah hati", "membumi" dan merupakan "contoh luar biasa" dalam menggunakan maskapai bertarif rendah. Mengutip AsiaOne, Minggu (13/102024), berdasarkan penelusuran, harga tiket pesawat sekali jalan dari Vientieane ke Singapura dengan Scoot mulai dari 197 dolar Singapura (sekitar Rp2,4 juta). Namun, kursi dengan ektra ruang kaki di barisan depan dihargai lebih mahal.

PM Wong juga mengabadikan momen naik pesawat kelas ekonomi dalam unggahan di media sosialnya. Ia mengunggah video yang merekam sekelompok penumpang lanjut usia, yang diidentifikasi CNA lebih dari 40 warga Singapura yang pulang dari tur di Laos, terlihat bertepuk tangan dan melambaikan tangan.

"Kembali dari Laos. Terasa seperti di rumah sendiri, begitu saya naik pesawat! Terima kasih semuanya atas sambutan hangatnya!" tulisnya dalam keterangan.

 

2 dari 4 halaman

Indonesia Dipimpin Wapres Ma'ruf Amin

 

PM Wong berada di Vientiane dari tanggal 9 hingga 12 Oktober bersamaan dengan KTT tersebut. Ini merupakan KTT ASEAN pertama yang dihadirinya dalam kapasitasnya sebagai perdana menteri. Kunjungannya juga bertepatan dengan 50 tahun hubungan diplomatik antara Singapura dan Laos.

Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin delegasi Indonesia di KTT ASEAN tersebut. Mengutip kalan Global Liputan6.com, Direktur Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu RI) Sidharto R menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) absen tahun ini karena tengah melakukan persiapan transisi pemerintahan.

KTT ASEAN yang diselenggarakan di Viantiane meliputi serangkaian pertemuan yang terdiri dari ASEAN Inter-Parliamentary Assembly, ASEAN Plenary, ASEAN Plus Three Summit hingga East Asia Summit. Para pemimpin ASEAN juga bertemu dengan sejumlah negara yang menjadi mitra wicaranya seperti Australia, Kanada, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), India, Jepang, Korea Selatan, dan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

ASEAN Indo-Pacific Forum (AIPF), pertemuan yang digagas Indonesia dalam keketuaannya tahun lalu, juga turut digelar. "Ini adalah outlook dari geopolitik dan geoekonomi ASEAN, yang intinya ASEAN adalah kawasan yang terbuka, inklusif dan semua negara mitra juga diuntungkan dari stabilitas kawasan," tutur Sidharto dalam pernyataan pers bersama media, Jumat, 4 Oktober 2024.

3 dari 4 halaman

Momen Iriana Jokowi Naik Pesawat Kelas Ekonomi

Aksi pejabat naik pesawat kelas ekomi juga pernah ditunjukkan di Indonesia. Pada Mei 2017, Iriana Jokowi diketahui menggunakan fasilitas ekonomi di ruang tunggu Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Banten. Ia berbaur layaknya warga kebanyakan tanpa pengawalan mencolok.

Aktivitas Iriana ini diketahui melalui akun Instagram @lambe_turah. Istri Presiden Jokowi yang tidak menggunakan fasilitas VIP Lounge layaknya pejabat dan istri, tertangkap kamera sedang menunggu pesawat menuju Solo, Jawa Tengah, menggunakan baju merah.

"Ibu Iriana Joko Widodo Gapernah mau di vip, gapernah mau nunggu di garuda lounge, duduknya pun di economy class. Maunya duduk bareng penumpang biasa gini," tulis caption video berdurasi singkat itu.

Tindakan yang tidak biasa dari seorang istri presiden itu mengundang pujian sejumlah warganet. "Humble sekaliii ibu kita yg satu ini," ujar warganet berakun @dianayumarita, dikutip dari Fimela. Pujian juga dilayangkan oleh pemilik akun @santydwi76. "Sederhana, Saluttt banget sama keluarga pak Jokowi."

Aksi Iriana naik pesawat ekonomi juga pernah terekam pada 2015. Ia bahkan sempat diajak berfoto seorang warga bernama Arvan yang duduk di kelas bisnis.

4 dari 4 halaman

Kaesang dan Erina Naik Pesawat Jet Pribadi

Dilansir dari dream.co.id, Arvan mengalami kejadian itu saat terbang dengan pesawat Garuda Indonesia dari Solo ke Jakarta pada Rabu, 9 Desember 2015. Awalnya, Arvan yang duduk di kelas bisnis menyadari keanehan di sekelilingnya. Dalam ruangan itu ternyata hanya ada dirinya dan seorang pramugrari yang terlihat kelelahan.

Belakangan, sesampai pesawat mendarat di Jakarta, dirinya baru sadar ada seorang tamu khusus yang jadi penumpang. Alih-alih menempati kelas bisnis, tamu itu membaur bersama penumpang lain di kelas ekonomi.

"Siapa tamu spesialnya?" dirinya bertanya. "Ibu Iriana (Istri Presiden Joko Widodo). Beliau duduk di bangku 21 E, kelas ekonomi," jawab pramugari itu sembari tersenyum.

Belakangan, Iriana lebih sering menumpang pesawat kepresidenan karena mendampingi Jokowi bertugas ke berbagai daerah dan negara lain. Sementara, putra dan menantunya, Kaesang Pangarep dan Erino Gudono, tertangkap basah menaiki pesawat jet pribadi saat hendak mengikuti kelas persiapan kuliah master di University of Pennsylvania.

Kaesang yang diminta mengklarifikasi kasus itu di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mengutip kanal News Liputan6.com, juru bicara Kaesang, Francine Widjojo menyebut Kaesang hanya menebeng pesawat jet tersebut bersama tiga orang lainnya, termasuk Erina. Mereka ditemani empat orang sebagai perwakilan pemilik pesawat.

Video Terkini