Sukses

SBY Spontan Karaokean Lagu Coldplay di Mal, Definisi Pensiun dan Nikmati Hidup Tanpa Beban

Tak lama setelah tampil membawakan beberapa lagu di acara Pestapora 2024, SBY kembali bernyanyi dalam suasana yang berbeda dan unik.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah pensiun jadi Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono mulai menunjukkan sederet hobinya. Selain melukis, pria kelahiran Pacitan yang akrab disapa SBY juga jago bernyanyi. Tak lama setelah tampil membawakan beberapa lagu di acara Pestapora 2024, presiden keenam RI ini kembali bernyanyi dalam suasana yang berbeda dan unik.

Alih-alih konser di atas panggung, ia justru santai berkaraoke di sebuah mal. Aksinya itu awalnya dibagikan di akun Instagram putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yaitu @agusyudhoyono pada 11 Oktober 2024.  "Menikmati masa pensiun. Sehat-sehat dan happy selalu Pepo.. 💙💙💙," tulisnya dalam keterangan unggahannya.

Dalam video singkat itu, SBY terlihat berada di tengah pameran toko perkakas dan elektronik di halaman luar sebuah mal. SBY tampil sederhana dengan mengenakan kaus kerah, celana panjang hitam dan sepatu berwarna senada.

Ia duduk sambil memegang mic di depan sebuah televisi ukuran besar yang memutar lagu Coldplay berjudul 'Yellow' dengan format karaoke. Sambil membaca liriknya, SBY pun menunjukkan suara emasnya. Kegiatan ini terjadi di tengah suasana yang ceria.

Aksi SBY karaokean di toko elektronik itu sontak mencuri perhatian banyak orang. Beberapa pengunjung dan pegawai toko mengabadikan momen SBY bernyanyi. Ayah dua anak itu sepertinya tidak terpengaruh suasana sekitar dan tetap bernyanyi.

Setelah selesai bernyanyi, SBY pun meletakkan mic di atas kursi dan berdiri meninggalkan tenpat tersebut. Ia mendapat tepuk tangan meriah dari orang-orang di sekitarnya.

 

2 dari 4 halaman

SBY Menikmati Masa Pensiun

Unggahan itu kemudian ramai dibagikan ke beberapa akun media sosial, salah satunya di akun Instagram @mood.jakarta pada Minggu, 13 Oktober 2024.Tak sedikit warganet yang menuliskan rasa kagum, baik soal suara maupun aksinya yang terkesan tanpa beban dan tidak menjaga jarak meski dirinya seorang mantan presiden.

"Inilah impian para pria, pensiun dan menikmati dunia di penghujung umur tanpa beban,” komentar seorang warganet.

"The real menikmati masa tua," kata warganet lain.

"Suaranya bagus, sehat-sehat selalu pak SBY," sahut warganet yang lain.

"The real definisi udh bingung mau ngapain lagi selain nikmatin kehidupan dunia," sebut pengguna yang lain.

"Bapak harus duet sama Aldi taher.,” ujar warganet lainnya menghubungjan SBY dengan Aldi Taher yang sering membawakan lagu-lagu Coldpolay termasuk Yellow.

Sebelumnya, SBY juga membawakan lagu Yellow saat tampil di konser Pestapora 2024 yang berlangsung di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat malam, 20 September 2024. Ia menyanyikan beberapa lagu lain, seperti "Pelangi di Matamu" dari Jamrud sampai "Kamu Nggak Sendirian" dari Tipe-X.

3 dari 4 halaman

SBY Menyanyi di Pestapora

Ada juga lagu ciptaannya ikut dibawakan SBY, yakni "Untuk Bumi" dan "Kuyakin Sampai di Sana". SBY sempat meminta saran penontonnya. Tampak SBY mendapat dukungan dari anak dan menantunya yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Annisa Pohan. Ibas Yudhoyono dan istrinya, Aliya Rajasa juga menyemangati ayahanda mereka, termasuk cucunya.

AHY mengunggah momen tersebut di akun TikTok miliknya @agusyudhoyonoahy,  "Luar biasa konsernya Pepo!" tulis AHY pada Jumat, 20 September 2024.

AHY dan Annisa Pohan ikut terekam menyanyi "Ada Pelangi di Matamu" yang dipopulerkan Jamrud. SBY menyapa penontonnya yang bersorak untuknya dengan mengatakan, "Apa kabar Pestapora? Masih ingat aku? Alhamdulilah."

Ia lalu berterima kasih kepada panitia Pestapora karena telah mengumpulkan sekian ribu orang selama tiga hari untuk menyaksikan para penyanyi Indonesia. Selain kehadiran SBY acara ini juga dimeriahkan oleh sederet musisi populer dan ternama Indonesia, di antaranya Tulus, Superman Is Dead, Rizky Febian, Reality Club, Maudy Ayunda, Maliq & D’essentials, JKT48, dan Slank.

4 dari 4 halaman

Standar Keamanan SBY di Pestapora

Mengutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, 18 September 2024, menurut Ucup selaku Festival Directory Pestapora 2024, tidak ada permintaan khusus yang diajukan SBY untuk tampil di event ini. Mantan orang nomor satu negeri ini justru sangat mendukung acara yang mengangkat seni dan budaya.

Tentu diberlakukan protokoler mengingat SBY merupakan mantan presiden republik ini. Semua itu dipersiapkan oleh pihak SBY sendiri.

"Standar keamanan aja, protokolernya dia gitu yang ada. Nggak yang gimana-gimana, ya beliau hadir sebagai seniman. Akses beliau juga sama, nggak ada hal spesial yang diminta, beliaunya juga tidak berkenan dispesialkan gitu," ujar Ucup di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa, 17 September 2024.

Ucup tak bisa memastikan situasi selama SBY berada di Pestapora 2024. Menurutnya, mungkin saja SBY akan berkumpul bersama para musisi yang turut memeriahkan acara tersebut.

"Mungkin ya, mungkin beliau ke sini atau mungkin beliau karena main di Pestapora Stage, mungkin ada satu tenda transit sendiri. Antara beliau ke sini atau gimana belum tahu infonya," katanya lagi.

Video Terkini