Sukses

Harapan Sandiaga Uno pada Calon Penggantinya dan Kegiatannya Setelah Selesai Menjabat Menparekraf

Menpaerekraf Sandiaga Uno mengaku sudah menyiapkan berbagai langkah sekaligus harapan menjelang masa jabatannya berakhir. Ia mengatakan punya sejumlah harapan pada penerusnya nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Para menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) yang dibentuk Presiden Jokowi akan mengakhiri jabatannya sampai akhir pekan ini, termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. Belum diketahui apakah Sandiaga Uno akan kembali ditunjuk menjadi menteri oleh presiden terpilih Prabowo Subianto.

Seandainya tidak terpilih lagi, Sandiaga mengaku sudah menyiapkan berbagai langkah sekaligus harapan menjelang masa jabatannya berakhir. Ia mengatakan punya sejumlah harapan pada penerusnya nanti.

"Harapannya program WBSU ini bisa berlanjut terus, tentunya dengan nama yang lain. Selain itu, program-program yang berkaitan dengan masyarakat banyak seperti desa wisata dan Poltekpar, dan yang sesuai dengan keinginan pelaku pariwisata juga diharapkan bisa dilanjutkan," harap Sandiaga dalam episode terakhir The Weekly Brief with Sandi Uno (WBSU) yang digelar secara hybrid di kantor Kemenparekraf di Jakarta, Senin (14/10/2024).

"Tentunya itu semua bergantung pada kebijakan menteri yang baru nantinya. Saya sudah lihat daftar nama calon-calon menteri, mereka semuanya orang-orang yang pintar dan konon kabarnya para pengganti ini sudah mulai dipanggil (oleh Prabowo) dan mudah-mudahan bisa memberikan akses yang sama seperti sekarang ini,” lanjutnya.

Pria yang akrab disapa Sandi ini menambahkan tidak ada evaluasi terhadap calon menteri selanjutnya karena masih ada sejumlah pekerjaan yang akan diteruskan (work on progress. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengungkapkan beberapa aktuvutasnya nanti setelah tidak lagi menjabat sebagai menteri.

 

2 dari 4 halaman

Tradisi Pantun di Kemenparekraf

"Pelantikan presiden itu kan hari Minggu, ya Senin paginya saya mau lari pagi. Saya juga mau berenang dan naik sepeda karena sudah cukup lama tidak naik sepeda. Oh ya tanggal 21 Senin depan saya kembali lagi untuk Sertijab dengan menteri yang baru," kata Sandi.

"Setelah itu saya mau ketemu ayah dan ibu saya, karena sudah cukup lama saya tidak berlama-lama dengan mereka. Jadi mau spending time dulu sama orangtua saya,” tambahnya.

Sementara itu, Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf Nia Niscaya mengatakan, ada satu tradisi yang dicetuskan Menparekraf Sandiaga yang akan terus dijalankan yaitu pantun. "Traidisi pantun ini akan kita teruskan, dan kita ucapkan terima kasih buat mas menteri yang sudah memulai tradisi berpantun di acara-acara Kemenparekraf, dengan jargon cakep,” ujar Nia dalam kesempatan yang sama.

"Pantun ini kan sudah diakui oleh dunia, dan bukan kaleng-kaleng karena diakui oleh UNESCO, jadi harus kita lestarikan dan teruskan tradisi pantun ini," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Kementerian Pariwisata dan Kementerian Ekonomi Kreatif

Sebelumnya, Sandiaga Uno menyatakan telah menyiapkan dokumen berkaitan wacana peleburan Kemenparekraf menjadi dua kementerian dalam kabinet Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka periode 2024-2029.

"Dari beberapa dokumen yang saya terima dan informasi yang beredar, Kemenparekraf akan dipecah menjadi dua kementerian yakni Kementerian Pariwisata dan Kementerian Ekonomi Kreatif, dan tentunya di dokumen teknokrasi dan transisi telah kami siapkan," ungkapnya di Makassar, Sulawesi Selatan, dikutip dari Antara, Sabtu, 12 Oktober 2024.

Menurut dia, dokumen tersebut telah disiapkan tim Sumber Daya Manusia (SDM) Kemparekraf untuk mempercepat kerja-kerja di dua kementerian tersebut apabila jadi dipisah menjadi dua kementerian.

"Jadi, tidak perlu lama-lama untuk melakukan pemisahan. Apalagi, kita dulu pernah dipisah tahun 2014-2019. Ini nanti tinggal eksekusi dengan baik dan SDM kami di Parekraf sudah siap untuk nanti menyambut dua Kementerian baru ini," tuturnya.

Selain itu, dengan adanya pemisahan dua kementerian tersebut maka tentunya diperlukan berbagai perubahan terkait dengan tata laksana dan prosedur kerja yang sebelumnya satu kementerian menjadi dua di tiap masing-masing kementerian nanti.

4 dari 4 halaman

Menteri Baru

"Tentunya harus direvisi, karena kalau nanti ada dua kementerian maka akan ada kebutuhan tambahan pendanaan," imbuhnya kepada wartawan usai menghadiri wisuda mahasiswa Poltekpar Makassar di Anjungan Pantai Losari.

Kendati masa tugasnya berakhir pada 20 Oktober 2024 seiring dengan permulaan masa pemerintahan Prabowo-Gibran yang di mulai di tanggal yang sama setelah di lantik di Gedung DPR-MPR RI, pihaknya telah menyiapkan penyambutan.

"Tanggal 20 (Oktober), kami sudah menyiapkan semua prosesi menyambut presiden baru. Tentunya, para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif ini paling imajinatif. Jadi, kita nanti di beberapa titik akan menyiapkan prosesi penyambutan presiden baru," ujarnya.

Sandi mengucapkan syukur dengan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan, serta doa dari masyarakat sehingga mampu menyelesaikan pekerjaan yang telah mencapai angka yang fantastis dan signifikan, sehingga akan dilanjutkan oleh menteri baru yang mulai bertugas pada Senin, 21 Oktober 2024.

"Saya sudah menyiapkan semua dokumen teknokrasi dan juga dokumen transisi, tinggal bagaimana ditindaklanjuti," pungkasnya.

 

Video Terkini