Sukses

Backpacker Pemula? Ini Destinasi di Pulau Jawa yang Harus Kamu Kunjungi

Buat yang penasaran, berikut adalah beberapa destinasi di Pulau Jawa yang dapat dikunjungi untuk memulai petualangan backpackingmu.

Liputan6.com, Jakarta Pulau Jawa mungkin dikenal sebagai salah satu pulau terpadat yang ada di Indonesia, tapi dibalik hiruk-pikuknya, pulau ini menyimpan segudang destinasi wisata menarik yang cocok untuk backpacker. Dengan keindahan alam yang beragam, kaya akan budaya, dan pilihan destinasi yang ramah budget, Pulau Jawa adalah pilihan tepat. 

Tak cuma itu, dengan berbagai destinasi ramah kantong, kamu juga bisa menikmati pesona alam yang beragam, mulai dari pegunungan yang hijau, pantai-pantai eksotis, hingga situs-situs sejarah yang penuh pembelajaran. Buat yang penasaran, berikut adalah beberapa destinasi di Pulau Jawa yang dapat dikunjungi untuk memulai petualangan backpackingmu.

2 dari 5 halaman

1. Yogyakarta

Banyaknya penginapan murah, makanan lokal yang ramah di kantong, dan tempat wisata yang menarik membuat Kota Yogyakarta sangat cocok untuk backpacker pemula. Tidak hanya menjadi surga bagi para backpacker karena menjadi kota yang terjangkau, Yogyakarta juga menawarkan pengalaman budaya yang mendalam, lewat situs-situs berharga seperti Candi Prambanan dan Keraton Yogyakarta. 

Di kota ini, kamu juga bisa menikmati kuliner khas, seperti gudeg dan bakpia di Malioboro. Berkeliling kota menggunakan sepeda, becak, atau pun delman juga merupakan cara yang menyenangkan untuk menjelajahi Kota Yogyakarta.

3 dari 5 halaman

2. Kepulauan Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa, yang terletak di Jawa Tengah, adalah destinasi wisata pantai yang indah dan masih alami. Biaya hidup di sana cukup terjangkau, dengan banyak pilihan penginapan murah. Di Karimunjawa kamu bisa melakukan banyak aktivitas, sepeti snorkeling, diving, berkeliling pulau dengan perahu, atau hanya menikmati pantai pasir putih yang tenang.

4 dari 5 halaman

3. Malang dan Bromo

Kedua destinasi tersebut memberikan pengalaman yang kaya untuk backpacker pemula. Dikenal sebagai kota yang sejuk dan banyak penginapan yang terjangkau, Malang bisa menjadi tujuan terbaik untuk dikunjungi. Menariknya, dari kota ini, pun kamu bisa langsung melakukan perjalanan ke Gunung Bromo untuk melihat matahari terbit yang menakjubkan. 

Selain itu, Malang juga memiliki beberapa destinasi wisata menarik seperti Jatim Park dan museum-museum lokal. Berbagai destinasi di Malang dan Bromo ini memungkinkan kamu menikmati keindahan alam dengan biaya yang relatif murah.

5 dari 5 halaman

4. Banyuwangi

Terletak di ujung timur Pulau Jawa yang merupakan pintu gerbang menuju Kawah Ijen. Kota ini menawarkan banyak penginapan dengan harga terjangkau dan makanan lokal yang lezat. Selain trekking ke Kawah Ijen untuk melihat blue fire, kamu juga bisa menjelajahi Taman Nasional Baluran dan surfing di Pantai Plengkung (G-Land).

Itulah dia beberapa destinasi wisata menarik dan ramah kantong di Pulau jawa. Berbagai daerah tersebut memang menjadi pilihan tepat bagi para backpacker yang ingin menikmati petualangan tanpa menguras kantong. Mulai dari pegunungan yang menakjubkan hingga pantai yang indah, Pulau Jawa menawarkan pengalaman yang tak akan terlupakan. Jadi, siapkan backpackmu dan mulailah jelajahi keindahan yang ada di Pulau Jawa!

 

Penulis: Zarifa Kusuma Wardani

Video Terkini