Sukses

Adu Gaya Berbatik 6 Perempuan Calon Menteri Prabowo Subianto, Veronica Tan hingga Sri Mulyani

Gaya berbatik para perempuan yang masuk bursa nama-nama menteri di kabinet pemerintahan Presiden Prabowo-Gibran yaitu Veronica Tan, Meutia Hafid, hingga Sri Mulyani sejak dulu telah mencuri perhatian.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam seminggu terakhir sederet nama kandidat calon menteri yang akan mengisi kabinet pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah berseliweran di media nasional. Beberapa nama tentu sudah tidak asing, seperti Sri Mulyani yang saat ini menjabat sebagai Menteri Keuangan di era kepemimpinan presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tapi ada pula sejumlah nama yang baru terdengar seperti Widiyanti Putri Wardhana yang dari kalangan profesional, maupun Ribka Haluk yang dari non-partai. Sebagai sosok calon menteri, publik tak hanya menyoroti soal kinerja maupun prestasi. Tapi sepak terjang para perempuan ini terlihat dari bagaimana mereka eksis dan berdampak di tengah lingkungannya berada. 

Dari sisi fashion keenam kandidat tersebut juga kerap terlihat di muka publik dengan pakaian batik yang merepresentasikan Indonesia. Berikut adu gaya berbatik enam perempuan calon menteri Prabowo dari Veronica Tan hingga Sri Mulyani yang dirangkum Tim Lifestyle Liputan6.com pada Selasa (15/10/2024).

1. Veronica Tan

Sosoknya masih sering dikaitkan dengan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, meski sudah bertahun-tahun lalu bercerai. Namanya kemudian kembali disorot karena termasuk dalam salah satu kandidat menteri Prabowo. 

Diketahui Veronica saat ini masih berkontribusi di masyarakat sekitarnya dengan mendirikan Love Care Indonesia yang memberikan layanan menjaga orangtua yang sakit. Terlihat pada unggahan Instagramnya @veronicatan_official, wanita 46 tahun itu kerap menggunakan busana batik di segala suasana. 

Ia juga kerap diundang dan pernah tampil dalam catwalk di Jakarta Fashion Week 2024. Bahkan ia juga pernah tampil menjadi cover majalah Indonesia Tatler bersama Iriana Jokowi untuk peringatan Hari Kartini tahun 2024. 

Tampak ia memakai busana batik modern yang dimodifikasi dalam outer kebaya berhias bordir yang indah. Di kesempatan lain, ibu tiga anak ini juga kerap menyematkan syal batik untuk tampilan semi formalnya. Kemudian ia terlihat mengenakan batik dengan motif kombinasi kawung yang bernuansa merah putih. 

2 dari 4 halaman

2. Meutia Hafid

Mantan penyiar televisi dan jurnalis Meutia Hafid masuk dalam jajaran calon menteri Prabowo. Wanita yang merupakan politikus partai Golkar itu diketahui kembali terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2024--2029. 

Dalam segala suasana resmi di lingkup Senayan, Meutia kerap memakai batik sebagai busana kerjanya. Ia sempat terlihat mengenakan setelan batik kuning saat bersalaman dengan Ketua DPR RI saat masih dijabat oleh Puan Maharani.

Meutya tampak memerhatikan penampilannya saat pelantikan anggota DPR RI kemarin dengan berkebaya dan berkain batik. Ia memilih kebaya palet abu-abu yang dipadu kain batik biru dan selendang kuning yang menyegarkan mata.  

Mengutip dari kanal News Liputan6.com, Selasa (15/10/2024), kehadirannya di tengah-tengah nama para calon menteri Prabowo ini memunculkan banyak spekulasi, Meutya disebutkan bakal menduduki posisi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) dalam kabinet selanjutnya.

"Datang diskusi sedikit terkait tugas-tugas memang sudah menjadi bidang saya. Beliau mengajak untuk memperkuat tim, bidang saya pokoknya," kataMeutya di Kertanegara pada Senin, 14 Oktober 2024. 

3 dari 4 halaman

3. Afifah Choiri Fauzi

Fauzi Sosok perempuan lainnya adalah Afifah Choiri Fauzi yang merupakan Sekretaris Pusat Muslimat NU. Diketahui, Arifah juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024. Tak heran berkat jasanya, ia dijadikan salah satu calon menteri Prabowo.

Tak begitu aktif memperbarui laman Instagram miliknya, ia sempat mengunggah potret saat berfoto dengan Mantan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Tampilan Afifah tampak sederhana. Wanita berjilbab itu tampak mengenakan busana batik berupa tunik dengan potongan kerah dan motif bunga-bunga yang besar. Nuansa merah muda dan ungu mendominasi pakaian tersebut. 

4. Ribka Haluk

Penjabat Gubernur Provinsi Papua Tengah Ribka Haluk juga terpantau hadir di kediaman Prabowo Subianto di Kertanegara sembari menyapa awak media dengan ramah. Tampak dari unggahan di Instagram pribadinya @dr.ribkahaluk, wanita asal Papua ini kerap menggenakan batik untuk busana resmi bekerja.

Ketika datang ke kediaman Prabowo, ia juga mengenakan busana batik bernuansa cokelat dengan modifikasi kerah shanghai. Pemilihan motifnya sendiri jika diteliti lebih dekat seperti pola bunga atau daun yang abstrak.

4 dari 4 halaman

5. Widiyanti Putri

Widiyanti Putri Wardhana seorang pebisnis di Indonesia dan juga anak dari konglomerat Wiwoho Basuki Tjokronegoro pendiri Teladan Group juga masuk dalam nama yang dipanggil Prabowo di Kertanegara. Ia terlihat mengenakan batik bernuansa cokelat dan sempat menyapa awak media sambil melambaikan tangan dan tersenyum.

Di kesehariannya, tampak wanita yang dipercaya sebagai Sekretaris Jenderal Yayasan Jantung Indonesia (YJI) untuk periode 2018-2024 itu sering mengenakan batik di kesehariannya. Ia juga tampil modis dengan bentuk gaun midi batik yang membentuk tubuh langsing semampainya. 

Sosoknya berhasil menarik perhatian publik terutama masyarakat yang belum mengenal siapa dirinya. Diketahui Widiyanti adalah istri Whisnu Wardhana yang dikenal sebagai seorang pengusaha sukses dan telah menjabat sebagai Presiden Direktur Teladan Resources sejak 2002.

6. Sri Mulyani

Tampak Sri Mulyani mengenakan busana batik nuansa warna alam cokelat dan hitam saat dipanggil Prabowo di kediamannya. Banyak spekulasi yang mencuat dengan kehadiran Sri Mulyani, seperti kemungkinan ia akan menjabat kembali sebagai Menteri Keuangan di kabinet selanjutnya.

 

Video Terkini