Sukses

Inspirasi Desain Rumah Minimalis yang Cocok untuk Keluarga Muda

Cari tahu inspirasi desain rumah minimalis yang cocok untuk keluarga muda demi mewujudkan hunian yang sesuai dengan gaya hidup dan kepribadian masa kini. Cek infonya yuk!

Liputan6.com, Jakarta Mewujudkan desain rumah minimalis impian jadi kenyataan mungkin jadi salah satu life goals yang ingin dicapai mereka yang berencana memiliki rumah sendiri. Terlebih untuk para keluarga muda di era modern seperti sekarang ini. Rumah tak hanya berperan sebagai tempat berteduh dan beristirahat saja, tapi juga mendukung gaya hidup kekinian. Seperti menikmati quality time dengan keluarga, work from home, bikin konten, dan masih banyak lagi. Inilah yang membuat desain rumah minimalis dan modern. 

Namun, dari sekian banyaknya model rumah kekinian yang ada, sebagian dari kamu mungkin merasa bingung. Desain interior seperti apa sih yang cocok jadi pilihan saat akan melakukan renovasi rumah? Sebelum melakukan eksekusi, ada baiknya cari tahu terlebih dulu inspirasi rumah minimalis yang bisa diaplikasikan untuk hunian favorit keluarga muda. Kira-kira mana yang sesuai karaktermu? 

2 dari 5 halaman

1. Japandi

Desain rumah minimalis modern yang tengah booming beberapa waktu belakang ini adalah Japandi. Konsep tersebut merupakan gabungan dari interior ala Jepang dan Skandinavia dengan melibatkan elemen minimalis dari kedua budaya. Desain ini fokus pada kesederhanaan, penggunaan material alami, dan palet warna netral yang hangat. Konsep Japandi sangat cocok untuk keluarga muda yang menginginkan suasana rumah tenang dan rapi. Dengan mengedepankan furnitur yang fungsional dengan garis-garis sederhana, sehingga membantu menciptakan ruang yang terasa lapang dan teratur.

Elemen kayu yang hangat sering digunakan dalam desain Japandi untuk menambah kesan alami dan organik di dalam rumah. Selain itu, penggunaan tanaman indoor yang sederhana namun elegan juga menjadi ciri khas desain ini untuk memberikan nuansa yang lebih segar dan menenangkan. Berbekal konsep tersebut, keluarga muda bisa menikmati lingkungan rumah yang nyaman dan menenangkan. Cocok untuk beristirahat setelah aktivitas yang padat.

3 dari 5 halaman

2. Scandinavian-Industrial

Desain Scandinavian-Industrial adalah kombinasi gaya Skandinavia yang cerah dengan elemen-elemen industrial yang lebih keras seperti besi dan beton. Desain ini menciptakan keseimbangan antara kesan hangat dan modern dengan sedikit sentuhan maskulin. Gaya ini sangat cocok untuk keluarga muda yang menyukai estetika modern namun tetap ingin mempertahankan kenyamanan di dalam rumah mereka.

Interior rumah dengan gaya Scandinavian-Industrial sering menggunakan palet warna netral dengan aksen hitam atau abu-abu untuk menambahkan karakter. Penggunaan lampu gantung industrial, pipa-pipa terbuka, dan furnitur dengan bahan logam memberikan kesan kuat namun tetap harmonis. Selain itu, material kayu yang hangat tetap digunakan untuk menjaga kehangatan dalam desain ini. Jadi, nuansa tersebut membuatnya tetap ramah untuk keluarga muda yang ingin suasana yang hangat dan modern.

4 dari 5 halaman

3. Monokromatik

Desain rumah minimalis monokromatik menggunakan satu palet warna dengan berbagai gradasi untuk menciptakan tampilan yang bersih dan elegan. Biasanya, warna-warna yang digunakan adalah hitam, putih, dan abu-abu untuk memberikan kesan minimalis namun tetap berkelas. Gaya ini sangat cocok untuk keluarga muda yang menginginkan rumah dengan tampilan sederhana tetapi tetap stylish dan mudah untuk dikustomisasi.

Penggunaan warna yang seragam dalam desain monokromatik membuat ruangan terasa lebih luas dan terang. Tentunya jadi poin yang sangat menguntungkan bagi rumah dengan luas yang terbatas. Selain itu, dengan sedikit penambahan dekorasi atau aksen warna, rumah monokromatik bisa dengan mudah disesuaikan sesuai selera atau tren terbaru tanpa harus merombak keseluruhan desain. Jadi lebih memberikan fleksibilitas dan kesederhanaan yang cocok untuk keluarga muda yang dinamis.

5 dari 5 halaman

4. Korean Chic

Desain Korean Chic adalah gaya yang terinspirasi dari tren interior rumah di Korea Selatan, yang memadukan elemen modern dengan sentuhan tradisional. Gaya ini menampilkan estetika yang sederhana, bersih, namun tetap memberikan kesan yang hangat dan mengundang. Konsep desain rumah minimalis ini sangat cocok untuk keluarga muda yang menginginkan rumah yang stylish namun tetap nyaman untuk kegiatan sehari-hari.

Palet warna yang umum digunakan adalah warna netral seperti putih, beige, atau pastel yang didukung furnitur ramping dan fungsional. Elemen kayu sering dimasukkan untuk memberikan nuansa yang lebih alami dan homey, serta penggunaan tekstil yang lembut untuk menambah kenyamanan. Desain ini juga sering memasukkan elemen dekorasi minimalis seperti poster seni atau tanaman hijau. Tak hanya mempercantik ruangan tetapi juga menambah kesan yang lebih hidup dan segar.

Dari beberapa referensi di atas, mana nih desain rumah minimalis modern yang kira-kira paling cocok dengan gaya kamu dan keluarga? Tertarik untuk mulai mencari rumah dijual yang mengusung konsep minimalis dan modern ini atau melakukan renovasi rumah lama yang sudah ada? Hal pertama yang harus disiapkan adalah mempersiapkan budget untuk realisasinya. 

Namun, tak perlu khawatir jika tabungan belum cukup untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau renovasi rumah lama. Manfaatkan saja program KPR BRI yang memiliki banyak keunggulan. 

KPR BRI adalah program yang diberikan secara perseorangan sebagai solusi kemudahan dalam memiliki hunian impian. Tak hanya sebatas rumah tinggal, tapi bisa juga digunakan untuk pengajuan apartemen, ruko atau rukan, baik melalui developer maupun non developer. Program ini berlaku untuk pembelian baru, bekas, refinancing, top up, pembangunan, renovasi, dan take over/take over top up dari bank lain. 

Untuk mengajukan KPR BRI, kamu cukup mengisi formulir lewat aplikasi KPR BRI dan telah memiliki rekening BRItama. Pihak yang mengajukan telah berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah. 

Adapun dokumen yang perlu disiapkan untuk pengajuan KPR BRI adalah copy KTP, copy KK, NPWP, pasfoto suami/istri terbaru, dan surat keterangan gaji. Pengajuannya sendiri bisa dilakukan di kantor cabang tempat kamu tinggal/lokasi bekerja/usaha/praktek.

Bagi yang ingin mengajukan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR, bisa mencari referensinya lewat situs Homespot.id. Dengan mengaksesnya, kamu bisa mencari tahu properti yang ada di sekitar berdasarkan lokasi, nama properti, atau nama developer. Kamu juga bisa langsung melakukan simulasi kredit untuk mengetahui berapa perkiraan besaran KPR yang harus dibayarkan setiap bulannya. Lengkap banget kan!

So, tunggu apa lagi? Saatnya wujudkan desain rumah minimalis impian yang bisa kamu mulai lewat pengajuan KPR BRI.