Sukses

Pasukan Sound Horeg Ngaku Bakal Ikut Getarkan Pesta Rakyat Pelantikan Prabowo-Gibran

Prabowo-Gibran akan resmi dilantik jadi presiden dan wakil presiden besok, Minggu, 20 Oktober 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Hitung mundur acara pelantikan Prabowo-Gibran makin mendekati akhir. Di tengah berbagai antisipasi, kabar pasukan sound horeg dari Jawa Timur akan turut meramaikan pesta rakyat sebagai bagian dari acara tersebut beredar di media sosial.

Dari unggahan Instagram @media_sound_horeg, misalnya. "Hallo Kota Jakarta, Kami datang kembali bersama pasukan Horeg Jatim 🫵🏻😎," tulisnya dalam unggahan Kamis, 17 Oktober 2024, memperlihatkan bahwa ada tujuh komunitas sound horeg yang akan berpartisipasi.

Di unggahan lebih baru, Sabtu (19/10/2024), akun Instagram itu menyebut bahwa rombongan sound horeg sudah meluncur ke Jakarta. Tidak hanya di Instagram, kabar serupa beredar di TikTok melalui unggahan akun @media_soundhoreg, pekan lalu.

Disebutkan di video itu bahwa titik kumpul pasukan sound horeg adalah di Jalan Sudirman. Namun, ada juga komentar online yang mengatakan bahwa pasukan sound horeg akan tampil di kawasan GBK, Senayan, Jakarta Pusat.

Lifestyle Liputan6.com sudah menghubungi para pengunggah video yang mengklaim keikutsertaan sound horeg di pesta rakyat pelantikan Prabowo-Gibran besok, Minggu, 20 Oktober 2024. Namun, kami belum mendapat tanggapan sampai artikel ini tayang.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama sound horeg meramaikan acara Prabowo-Gibran. Pada Sabtu, 10 Februari 2024, truk yang membawa sound horeg sempat berjejer menghibur massa yang tidak kebagian masuk ke dalam GBK, merujuk unggahan media sosial saat itu. Sebagaimana diketahui, kampanye akbar pasangan Prabowo-Gibran tengah digelar di waktu tersebut.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Sound Horeg?

Menurut Jawa Pos, sound horeg merupakan salah satu tradisi, yang umum didapati di Jawa Timur, dan tengah berkembang di berbagai acara. Menurut Kamus Bahasa Jawa-Indonesia, istilah "horeg" berarti "bergerak atau bergetar."

Sesuai dengan itu, sound horeg merupakan kumpulan alat pengeras suara berukuran besar yang menghasilkan efek suara menggetarkan, bahkan terkadang sangat keras hingga memekakkan telinga. Ditambah dengan pencahayaan yang mencolok dan kehadiran penari latar, sound horeg merupakan hiburan yang penuh sensasi.

Namun, kemunculan sound horeg juga menimbulkan kontroversi. Banyak warga yang merasa terganggu dengan suaranya yang terlalu keras dan bergetar hingga memicu kaca rumah bergetar, bahkan hampir pecah. Banyak juga yang menyebutnya dengan istilah battle sound, di mana tim-tim sound system berlomba menunjukkan kekuatan suara mereka.

Sound horeg biasanya mencakup rangkaian sound system skala besar yang ditempatkan di sekitar panggung, di atas truk besar, hingga dibawa berkeliling karnaval. Hal ini memberikan sensasi suara yang berbeda dari sekadar pengeras suara biasa.

3 dari 4 halaman

Pelantikan Prabowo-Gibran

Sementara kumunculan pasukan sound horeg belum terkonfirmasi, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jakarta Syafrin Liputo mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta akan menyelenggarakan panggung rakyat sebagai bagian dari acara pelantikan Prabowo-Gibran, Minggu, 20 Oktober 2024.

Total, ada 13 panggung yang tersebar di 13 titik terpisah sepanjang jalan Medan Merdeka, kawasan Thamrin hingga Sudirman, lapor kanal News Liputan6.com. Maka itu, Syafrin menegaskan kegiatan car free day (CFD) yang biasa diselenggarakan setiap hari Minggu di ruas jalan tersebut ditiadakan.

Ia menjelaskan, hal tersebut merujuk pada Pasal 5 ayat 1 yang berbunyi dalam rangka mendukung kegiatan yang bersifat khusus (nasional/internasional), yang mana kegiatan tersebut memerlukan suatu pengaturan lalu lintas dan pengamanan yang bersifat khusus, maka pelaksanaan HBKB ditiadakan.

"Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau car free day (CFD) akan ditiadakan," ungkap dia. Hal serupa disampaikan Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid. Selain panggung hiburan, ada juga UMKM kuliner di sepanjang jalan.

4 dari 4 halaman

13 Titik Panggung Rakyat

  1. Titik 1 Panggung Sumatra: Depan Gedung BRI
  2. ⁠Titik 2 Panggung Kalimantan: Depan Mid Plaza
  3. Titik 3 Panggung Sulawesi: Depan Gedung BNI Tower
  4. Titik 4 Panggung Nusantara: Depan Gedung Plaza Indonesia (HI)
  5. Titik 5 Panggung Jawa: Depan Gedung Sarinah
  6. Titik 6 Panggung Papua: Bundaran Patung Kuda
  7. Titik 7 Panggung Merah Putih: Taman Pandang Istana Merdeka
  8. Titik 8 Panggung Rakyat: Depan Hotel Mandarin Oriental
  9. Titik 9 Panggung Rakyat: Depan Darma Intiland
  10. Titik 10 Panggung Rakyat: Depan Gedung Jaya
  11. Titik 11 Panggung Rakyat: Area Chillax
  12. Titik 12 Panggung Rakyat: Pintu 6 GBK
  13. Titik 13 Panggung Rakyat: Depan FX Sudirman

Panggung Sumatra, kata Nusron, akan diramaikan oleh Band Kotak dan Melody Band. Kemudian, Panggung Kalimantan akan dimeriahkan David Bayu 'Naif' dan Iis Dahlia.

Kemudian, panggung di Dukuh Atas depan Gedung BNI Tower yang akan diramaikan Ayu Dewi selaku pembawa acara dan dimeriahkan Happy Asmara dan Oom Leo Berkaraoke ft. Bisma Kharisma. Panggung di Bundaran Hotel Indonesia akan dimeriahkan Nella Kharisma, Ayu Ting-Ting, dan Chaplin Band.

Panggung di pertigaan depan gedung Thamrin Jaya akan diramaikan pedangdut Via Vallen. Lalu, panggung di Bundaran Patung Kuda akan diisi oleh RAN, Mendadak Koplo, dan Kanda Brothers. Tidak ketinggalan, Panggung IKN di Taman Pandang Istana akan dimeriahkan Dewa 19.

Usai resmi dilantik, Prabowo-Gibran dijadwalkan akan menghampiri satu per satu panggung Pesta Rakyat di sepanjang Jalan Sudirman hingga Istana Merdeka, menurut Nusron.