Sukses

Selvi Ananda dan Titiek Soeharto Anggun Pakai Kebaya di Pelantikan Prabowo-Gibran

Prabowo Subianto mengenakan baju beskap warna biru cerah, kain merah, celana panjang dan peci hitam. Sedangkan Gibran Rakabuming Raka juga memakai beskap tapi berwarna hitam Gibran datang dengan didampingi oleh istrinya, Selvi Ananda.

Liputan6.com, Jakarta - Pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 baru saja berlangsung di Gedung DPR-MPR ,Jakarta, Minggu (20/10/2024). Prabowo Subianto dan Gibran pun resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI.

Prabowo mengenakan baju beskap warna biru cerah, kain merah, celana panjang dan peci hitam. Sedangkan Gibran juga memakai beskap tapi berwarna hitam Gibran datang dengan didampingi oleh istrinya, Selvi Ananda.

Dilihat dari tayangan live streaming vidio.com dan TVR Parlemen, Selvi tampak mendampingi Gibran dengan setelan kebaya merah dan selendang berwarna senada. Ia tampak anggun dengan sanggul. yang dipenuhi dengan payet. Detail dari kebaya itu terlihat makin indah, adanya bros bunga besar di sisi kanan tubuhnya yang mengunci selendang merah.

Sementara itu, Titiek Soeharto mengenakan kebaya biru muda dan selendang biru cerah dan rambut disanggul. Ia diberi tepuk tangan disertai sorakan saat kamera TVR Parlemen mengarah ke wajahnya. Meski datang ke acara pelantikan dan bahkan sempat mampir ke rumah Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan, Titiek tidak datang bersama Prabowo

Sementara itu, tepuk tangan juga terdengar kala kamera menyorot Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden ke-11 Boediono, dan Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno.

Sebelumnya, Prabowo mengucapkan sumpah jabatan sekitar pukul 10.31 WIB. Dalam sumpahnya, Prabowo mengucapkan janji untuk memegang teguh Undang Undang Dasar.

"Bismillahirrahmannirrahim, Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Prabowo di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Minggu (20/10/2024), melansir kanal News Liputan6.com.

 

2 dari 4 halaman

Pengucapan Sumpah Presiden dan Wapres

Setelah itu, Gibran Rakabuming Raka yang mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden. "Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Gibran.

Dengan ini, Prabowo-Gibran resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029.Seusai pengambilan sumpah, Prabowo dan Gibran menandatangani berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan oleh pimpinan MPR.

Semnentara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jakarta Syafrin Liputo mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta akan menyelenggarakan panggung rakyat sebagai bagian dari acara pelantikan Prabowo-Gibran, Minggu, 20 Oktober 2024. Total, ada 13 panggung yang tersebar di 13 titik terpisah sepanjang jalan Medan Merdeka, kawasan Thamrin hingga Sudirman, lapor kanal News Liputan6.com.

Maka itu, Syafrin menegaskan kegiatan car free day (CFD) yang biasa diselenggarakan setiap hari Minggu di ruas jalan tersebut ditiadakan.Ia menjelaskan, hal tersebut merujuk pada Pasal 5 ayat 1 yang berbunyi dalam rangka mendukung kegiatan yang bersifat khusus (nasional/internasional), yang mana kegiatan tersebut memerlukan suatu pengaturan lalu lintas dan pengamanan yang bersifat khusus, maka pelaksanaan HBKB ditiadakan.

"Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau car free day (CFD) akan ditiadakan," ungkap dia. Hal serupa disampaikan Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid. Selain panggung hiburan, ada juga UMKM kuliner di sepanjang jalan.

 

3 dari 4 halaman

13 Titik Panggung Rakyat

1. Titik 1 Panggung Sumatra: Depan Gedung BRI2. ⁠Titik

2 Panggung Kalimantan: Depan Mid Plaza3. Titik

3 Panggung Sulawesi: Depan Gedung BNI Tower4. Titik

4 Panggung Nusantara: Depan Gedung Plaza Indonesia (HI)5. Titik

5 Panggung Jawa: Depan Gedung Sarinah6. Titik

6 Panggung Papua: Bundaran Patung Kuda7. Titik

7 Panggung Merah Putih: Taman Pandang Istana Merdeka8. Titik

8 Panggung Rakyat: Depan Hotel Mandarin Oriental9. Titik

9 Panggung Rakyat: Depan Darma Intiland10. Titik

10 Panggung Rakyat: Depan Gedung Jaya11. Titik

11 Panggung Rakyat: Area Chillax12. Titik

12 Panggung Rakyat: Pintu 6 GBK13.

Titik 13 Panggung Rakyat: Depan FX Sudirman

Panggung Sumatra, kata Nusron, akan diramaikan oleh Band Kotak dan Melody Band. Kemudian, Panggung Kalimantan akan dimeriahkan David Bayu 'Naif' dan Iis Dahlia. Kemudian, panggung di Dukuh Atas depan Gedung BNI Tower yang akan diramaikan Ayu Dewi selaku pembawa acara dan dimeriahkan Happy Asmara dan Oom Leo Berkaraoke ft. Bisma Kharisma.

Panggung di Bundaran Hotel Indonesia akan dimeriahkan Nella Kharisma, Ayu Ting-Ting, dan Chaplin Band.Panggung di pertigaan depan gedung Thamrin Jaya akan diramaikan pedangdut Via Vallen. Lalu, panggung di Bundaran Patung Kuda akan diisi oleh RAN, Mendadak Koplo, dan Kanda Brothers. 

4 dari 4 halaman

Prabowo Akan Datangi Panggung Pesta Rakyat

Tidak ketinggalan, Panggung IKN di Taman Pandang Istana akan dimeriahkan Dewa 19.Usai resmi dilantik, Prabowo-Gibran dijadwalkan akan menghampiri satu per satu panggung Pesta Rakyat di sepanjang Jalan Sudirman hingga Istana Merdeka, menurut Nusron.

Presiden terpilih, Prabowo Subianto disebut akan mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuju Bandara Halim Perdanakusuma sebelum bertolak ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah. Selain Prabowo, sejumlah pendukung Jokowi juga direncanakan ikut mengawal.

"Pak Jokowi sekitar jam 02.00 atau jam 03.00 (siang) beliau akan bertolak ke Halim Perdanakusuma. Insya Allah juga akan diantar langsung oleh Bapak Prabowo, dan banyak juga rakyat yang sudah siap mengantarkan Pak Jokowi ke Halim. Baru beliau akan bertolak dari Halim Perdanakusuma ke Solo, kampung halamannya," ujar Bendahara Umum Projo, Panel Barus, di DPP Projo kepada wartawan, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Panel juga menambahkan bahwa para relawan Projo di Solo siap menyambut kepulangan Jokowi dengan antusiasme tinggi. "Itu pilihan ribu rakyat udah mau sambut di sana. Ada ekspresi-ekspresi dalam bentuk baliho, spanduk, itu bentuk yang orisinil. Ada rakyat yang keluar gang-gang lambaikan tangan, itu saya pikir ekspresi yang orisinil, bukan dibuat. Jangan dimaknai yang beda untuk solid gitu," klaim Panel Barus.Panel juga mengungkapkan bahwa Jokowi akan beristirahat di Solo, tetapi belum ada informasi mengenai kegiatan selanjutnya."Yang saya dapat kabar, Jokowi akan istirahat di kampung halamannya. Untuk aktivitas selanjutnya belum tahu ya," lanjut Panel.

 

Video Terkini