Sukses

Perpustakan Nasional Indonesia Jadi Perpustakaan Terindah ke-2 di Asia Versi Travel and Leisure

Di Asia ada beberapa perpustakaan terindah yang tidak hanya menyimpan ribuan buku, tapi juga menawarkan pengalaman dan visual yang memukau. Salah satunya adalah Perpustakan Nasional Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Perpustakaan Nasional Indonesia berhasil menduduki peringkat kedua dalam daftar 10 perpustakaan terindah di Asia, menurut laporan dari Travel + Leisure Asia. engan desain modern yang menggabungkan keindahan estetika dan fungsionalitas canggih, Perpusnas mencerminkan inovasi serta kemajuan teknologi informasi.

Ha ini seperti makin membuktikan perpustakaan bukan hanya menyimpan ribuan buku saja, tapi juga bisa mencerminkan karakter, minat, dan intelektualitas seseorang. Jika kamu berpikir perpustakaan hanya tempat penuh buku dan rak yang membosankan, kamu harus berpikir ulang.

Di Asia ada beberapa perpustakaan terindah yang tidak hanya menyimpan ribuan buku, tapi juga menawarkan pengalaman dan visual yang memukau. Melansir laman Travel and Leisure, Minggu, 20 Oktober 2024, Rotunda Library & Archives di Singapura sebgai 'the most beautiful libraries in Asia' (perpustakaan paling indah di Asia).

Rotunda Library & Archives merupakan sebuah perpustakaan yang menonjol dengan desain arsitektur yang megah dan koleksi pengetahuan yang kaya. Terletak di pusat salah satu kota penting di Asia, perpustakaan ini menawarkan pengalaman membaca dan penelitian yang luar biasa dalam suasana yang menenangkan.

Sedangkan Perpustakaan Nasional Indonesia atau Perpusnas berada di urutan kedua karena dianggap memancarkan kemegahan dengan desain modern yang canggih, menggabungkan estetika yang menawan dengan fungsionalitas tinggi. Bentuknya yang unik mencerminkan inovasi dan kemajuan teknologi informasi.

Dari buku klasik hingga arsip bersejarah, Perpusnas menyimpan harta karun pengetahuan yang luas. Setiap rak bercerita tentang kekayaan literatur Indonesia dan dunia yang siap untuk dijelajahi. Terpilihnya Perpusnas juga dibagikan akun Instagram @gnfi pada 16 Oktober 2024.

 

2 dari 4 halaman

Daftar 10 Perpusatakaan Paling Indah di Asia

Dalam unggahannya, disebutkan bahwa setiap sudut perpustakaan ini menawarkan pengalaman membaca yang memikat dan mendalam. Perpustakaan Nasional Indonesia menjadi salah satu destinasi literatur paling megah di Asia. Para pengunjung dapat menikmati kekayaan literatur Indonesia dan dunia dalam suasana yang elegan dan penuh inspirasi.

Perpusnas yang berkolasi di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat ini berhasjl mengungguli Starfield Library di Korea Selatan yang memiliki desain interior yang spektakuler. Rak buku tinggi menjulang ke langit-langit, memberikan efek visual yang menakjubkan seolah-olah kamu berada di tengah galaksi buku. Para penggemar K-Drama mungkin tidak asing lagi dengan perpustakaan ini karena pernah beberapa kali ditampilkan di sejumlah drama korea (drakor).

Berikut daftar 10 perpusatakaan paling indah di Asia menurut penilaian Travel+Leisure 2024:

1. Rotunda Library & Archive, Singapura

2. Perpustakaan Nasional, Indonesia

3. Starfield Library, Korea Selatan

4. Tianjin Binhai Library, China

5. Nakajima Library, Jepang

6. The David Sassoon Library and Reading Room, India

7. National Library and Archives of Bhutan

8. Bishan Public Library, Singapura

9. Taipei Public Libray, Taiwan

10. Raja Tun Uda Library, Malaysia.

3 dari 4 halaman

Hari Kunjung Perpustakaan

Cara merayakan Hari Kunjung Perpustakaan simpel saja, kunjungi perpustakaan di sekitar Anda dan mulailah cari buku maupun bahan bacaan kesukaan Anda. Kalau Anda punya waktu dan tentunya dana yang lebih, kunjungi juga perpustakaan di daerah lain atau bahkan di negara-negara lainnya.

Anda bisa menyambangi berbagai perpustakaan terpopuler di dunia yang merupakan objek yang wajib dikunjungi orang-orang yang bepergian ke luar negeri. Meski bukan merupakan objek wisata, tetapi perpustakaan sebagai salah satu penanda peradaban manusia selalu menarik perhatian. Hari Kunjung Perpustakaan 14 September jadi saat yang tepat untuk membuat daftar perpustakaan terpopuler di dunia.

Banyak sekali perpustakaan di dunia yang masuk ke berbagai daftar paling populer dengan kategori tertentu, misalnya desain yang menarik, megah, modern, klasik, artistik hingga terbesar atau memiliki koleksi buku terbanyak. Perpustakaan Nasional Amerika Serikat atau biasa disebut Library of Congress banyak disebut sebagai salah satu perpustakaan terpopuler di dunia. 

4 dari 4 halaman

Koleksi Perpustakaan Terbesar di Dunia

Berlokasi di Washington D.C., Library of Congress juga merupakan perpustakaan terbesar di dunia dan lembaga budaya federal tertua di Amerika Serikat. Dengan koleksi yang mencapai lebih dari 170 juta item (sampai awal 2023), termasuk buku, naskah, rekaman suara, foto, dan peta, tempat ini merupakan surga bagi para penikmat sejarah, seni, dan pengetahuan.

Katalog perpustakaan yang didirikan pada 24 April 1800 ini mendaftar lebih dari 32 juta judul bahan pustaka yang ditulis dalam 470 bahasa. Perpustakaan ini juga dikenal sebagai "library of last resort" di Amerika Serikat, yang bertugas menyediakan koleksi tertentu untuk perpustakaan nasional lain jika semua sumber lain telah habis.

Satu fakta unik dari perpustakaan ini, dilansir dari kanal Showbiz Liputan6.com dan VOA Indonesia, ada kaset lagu-lagu Indonesia, mulai dari aliran pop hingga dangdut yang ru dikoleksi oleh Perpustakaan NasionalAmerika Serikat ini, mulai kaset lagu-lagu Chrisye hingga Raja Dangdut Rhoma Irama ada di sini.

Â