Sukses

Sosok Menteri Ekonomi Kreatif Teuku Riefky Harsya, Sarjana Teknik yang Pernah Aktif di PHRI dan Didampingi Irene Umar

Menteri Ekonomi Kreatif Teuku Riefky Harsya menggantikan menteri sebelumnya, Sandiaga Uno, dan didampingi Irene Umar yang dilantik sebagai Wakil Menteri Ekonomi Kreatif.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto sudah memgumumkam sususan kabinet masa jabatan 2024-2029 pada Minggu, 20 Oktober 2024, di Istana Merdeka Jakarta. Salah satu yang terpilih dalam kabinet yang disebut Kabinet Merah Putih tersebut adalah Teuku Riefky Harsya sebagai Menteri Ekonomi Kreatif.

Teuku Riefky Harsya sebelumnya muncul di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Senin, 14 Oktober 2024. Dalam menjalankan tugasnya, Teuku Riefky Harsya yang menggantikan menteri sebelumnya, Sandiaga Salahuddin Uno, akan didampingi Irene Umar yang dilantik sebagai Wakil Menteri Ekonomi Kreatif. Dilansir dari laman fraksidemokrat.org dan berbagai sumber lainnya, Teuku Riefky Harsya lahir di Jakarta pada 28 Juni 1972.

Ia merupakan salah satu politiskus senior Partai Demokrat yang menjadi anggota DPR selama empat periode berturut-turut sejak 2005. Pria yang akrab disapa Riefky tersebut adalah cucu dari T Abdul Hamid Azwar dan Cut Nyak Djariah yang merupakan penerima Bintang Mahaputera Nararya dan penyumbang salah satu pesawat pertama Indonesia, Avro Anson RI 004.

Lahir dan besar di Jakarta, putra pengusaha dan politikus Golkar Teuku Syahrul Mudadalam yang berdarah Aceh ini melanjutkan pendidikannya ke luar negeri. Pada 1990-1994, ia menempuh pendidikan sarjana Mass Communication di Millitary College of Vermont (US Army rotc) Norwich University, Amerika. Namun, ia urung masuk dunia militer dan memilih jalan jadi pengusaha seperti ayahnya.

Ia kemudian menjadi direksi di beberapa anak perusahaan milik Investment Group (Tbk) pada era 1990an. Riefky mencoba peruntungan di dunia politik melalui partai besutan SBY, Partai Demokrat. Pada 2005, ia terpilih sebagai anggota pengganti antar-waktu DPR RI periode 2004-2009 menggantikan Rusli Ramli yang meninggal dunia. Sejak saat itu, namanya selalu mewakili Aceh di Senayan.

2 dari 4 halaman

Wakil Ketua Umum Tim Kampanye Prabowo-Gibran

Riefky melanjutkan pendidikan S2 dengan memgambil jurusan Teknik Kimia di Universitas Indonesia pada 2011-2013. Selain aktif di dunia politik, Riefky juga terlibat aktif dalam berbagai organisasi sosial kemasyarakatan, di antaranya Pengurus Pusat Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Wakil Ketua bidang Investasi Persatuan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI). Ia juga pernah menjadi Wakil Ketua Bidang Minyak & Gas Kamar Dagang Indonesia dan terakhir sebagai Wakil Ketua Umum Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Sementara itu, Irene Umar termasuk salah satu nama dari kalangan profesional yang masuk dalam Kabinet Merah Putih dan memiliki jejak pengalaman di perbankan yang melebar ke ekonomi kreatif, terutama game, teknologi, dan blockchain. Sebelum memasuki dunia ekonomi kreatif, Irene mengawali kariernya di bidang perbankan.

Ia bekerja sebagai Associate Director di Standard Chartered Bank (SCB), dengan penugasan di Uni Emirat Arab, India, dan Singapura. Di sana, ia menangani berbagai sektor penting, termasuk shipping finance, project finance, dan leverage finance. Pengalaman ini membekalinya dengan pemahaman yang mendalam tentang keuangan global dan memberi landasan yang kuat dalam memahami dinamika ekonomi internasional.

Di luar aktivitas bisnisnya, Irene juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Ia adalah Co-Founder dari One Indonesia, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia Irene juga memimpin inisiatif fun2bkind (sebelumnya dikenal sebagai BerbagiLoka), sebuah program filantropi yang bertujuan untuk membagikan makanan gratis kepada mereka yang membutuhkan.

3 dari 4 halaman

Profil Irene Umar

Selama pandemi, inisiatif ini berhasil mendistribusikan lebih dari 30.000 porsi makanan vegan dan lebih dari 1 ton beras kepada masyarakat terdampak. Irene juga mendirikan restoran Loka Padang, sebuah restoran vegan yang menawarkan hidangan khas Padang, Sumatera Barat.

Pada 2023, Irene Umar terpilih sebagai salah satu ‘14 Tokoh Paling Berpengaruh di Industri Kripto Indonesia’. Dilansir dari kanal Tekno Liputan6.com, 17 Februari 2023, ia dimasukkan dalam daftar tersebut karena sebagai Co-Founder YGG SEA, ingin membuat ekonomi berbagai lapisan masyarakat berdaya lewat game play to earn.

YGG SEA telah memiliki lebih dari 15 ribu scholar di Asia Tenggara dalam setahun di enam negara. YGG SEA adalah Gaming Guild dengan game blockchain terbanyak yang tersedia.

Di masa pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kembali dipisah setelah sebelumnya juga pernah dilakukan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Posisi Menteri Pariwisata (Menpar) yang sebelumnya juga dijabat Sandiaga Uno kini diemban oleh Widiyanti Putri Wardhana.

Sedangkan, jurnalis TV Ni Luh Enik Ermawati atrau lebih dikenal dengan Ni Luh Puspa didapuk sebagai Wakil Menteri Pariwisata. Widi dan Ni Luh masuk dalam kabinet Prabowo yang disebut Kabinet Merah Putih yang diumumkan pada Minggu malam. 

4 dari 4 halaman

Menteri Pariwisata Widiyanti Putri

Widiyanti Putri dikenal sebagai sosok yang berpengaruh di dunia bisnis dan sosial. Dia merupakan putri dari konglomerat Wiwoho Basuki Tjokronegoro, pendiri Teladan Group, sebuah perusahaan besar yang aktif di berbagai sektor, termasuk agribisnis dan pertambangan.

Selain itu, Widiyanti adalah istri dari Wishnu Wardhana yang merupakan mantan direktur utama PT Indika Energy Tbk (INDY), salah satu perusahaan energi terbesar di Indonesia. Melansir Antara, 15 Oktober 2024, latar belakang pendidikan Widiyanti adalah meraih gelar Bachelor of Science di bidang Administrasi Bisnis dari Pepperdine University. Malibu, California pada 1993. Pengalamannya di dunia pendidikan internasional ini memperkuat wawasan dan kemampuan bisnisnya dalam mengelola perusahaan.

Selain aktif di dunia bisnis, Widiyanti juga dikenal sebagai sosok yang memiliki kepedulian besar di bidang sosial. Dia dipercaya sebagai Sekretaris Jenderal Yayasan Jantung Indonesia (YJI) untuk periode 2018-2024, di mana dia berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah.