Sukses

Penampilan Elegan Para Menteri Perempuan Kabinet Prabowo di Hari Pelantikan, Kompak Pakai Kebaya dan Batik

Kabinet Merah Putih bentukan Presiden Prabowo memiliki lima menteri perempuan dari 48 menteri yang dilantik Mereka berlima terlihat menawan dalam balutan busana tradisional Indonesia yaitu baju kurung atau kebaya dipadu dengan kain batik.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto yang baru saja dilantik bersama Wakil Presiden Republik Indonesia Gibran Rakabuming Raka sudah memilih dan melantik 48 menteri yang masuk Kabinet Merah Putih. Pelantikan para menteri digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2024). Dilihat dari unggahan di akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin, para menteri pun sudah hadir sejak pagi di hari pelantikan mereka.

Para menteri pria terlihat mengenakan jas warna hitam dipadukan dasi biru muda. Sedangkan untuk menteri perempuan memakai kebaya. Diketahui, pada Kabinet Prabowo-Gibran memiliki lima menteri perempuan dari 48 menteri yang dilantik

Mereka berlima terlihat menawan dalam balutan busana tradisional Indonesia yaitu baju kurung atau kebaya dipadu dengan kain batik. Berikut beberapa menteri wanita di Kabinet Merah Putih masa bakti 2024-2029 dengan penampilan mereka yang anggun dan memikat.

Sri Mulyani (Menteri Keuangan)

Sri Mulyani Indrawati kembali dipercaya menjadi Menteri Keuangan di kabinet Merah Putih. Ia menjadi satu-satunya menteri perempuan di masa pemerintahan Jokowi yang kembali masuk kabinet Prabowo.

Wanita yang akrab disapa Ibu Ani iini bahkan ttelah menjadi menteri sejak Kabinet Indonesia Bersatu di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan menjadi Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas.  Sayangnya, bestie Ibu Ani, mantan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang juga menjabat selama dua periode di era pemerintahan Jokowi tidak lagi terpilih sebagai menteri.

Meski begitu ia tetap tampil menawan di hari pelantikannya dengan mengajak keluarganya. Sri Mulyani mengenakan baju kurung warna cokelat dipadukan selendang batik dan bros silver, serta bawahan kain batik cokelat.Ia melengkapi penampilannya dengan kalung dan mules heels warna putih. Rambutnya ditata rapi ke belakang dengan sanggul modern serta tusuk konde

2 dari 4 halaman

Arifatul Choiri Fauzi (Menteri PPPA)

Arifatul Choiri Fauzi dipercaya mengisi posisi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menggantikan I Gusti Ayu Bintang Darmawati pada era Jokowi. Wajah menteri wanita baru ini merupakan Sekretaris Umum Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (PP Muslimat NU) dan aktif sebagai anggota Komisi Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia (Infokom MUI).

Didapuk sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Arifah akan bekerja didampingi oleh Veronica Tan, sebagai Wakil Menteri PPPA. Saat pelantikan, Arifatul tampil serbahijau. Ia tampak memakai kebaya hijau bercorak bunga-bunga dipadu dengan kain batik dan selendang nuansa hijau. Dia padukan busana hijau itu dengan kerudung warna pink muda..

Rini Widyantini (Menteri PAN-RB)

Wajah baru lainnya adalah Rini Widyantini yang menjadi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menggantikan Abdullah Azwar Anas. Rini ternyata memulai karier di Kementerian PAN-RB sebagai analis kebijakan pada Asisten Deputi Urusan Pelaksanaan Kebijakan pada 2 Juli 1997.

Rini tampil dalam balutan busana bernuansa gelar saat pelantikan dirinya sebagai menteri. Ia mengenakan kebaya hitam dihiasi manik-manik berpadu dengan kain batik cokleat. Dia juga memakai selendang senada kain. Untuk jilbab, Rini memilih memakai hijab warna hijau zaitun.

3 dari 4 halaman

Widiyanti Putri Wardhana (Menteri Pariwisata)

Widiyanti Putri Wardhana menggantikan Sandiaga Salahuddin Uno, sebagai Menteri Pariwisata (Menpar) pada era Presiden Prabowo. Wanita yang dikenal sebagai pengusaha, tampil elegan mengenakan kebaya kutu baru hitam senada dengan selendang panjangnya di hari pelantikannya.

Ia juga memakai bawahan kain batik serta heels gold. Untuk melengkapi tampilannya. Widiyanti Putri mengenakan kalung mutiara waena hijau mint serta bros di selendangnya.Ia pun tampak mengenakan anting-anting dan gaya rambut disanggul bergaya modern.

Meutya Hafid (Menteri Komunikasi dan Digital)

Politisi Golkar yang juga mantan jurnalis Meutya Hafid memakai kebaya kutubaru modern warna ungun dihiasi manik-manik dan kristal di hari pelantikannya sebagai Menteri Komunikasi dan Digital. Meutya memadukan kebaya tersebut dengan kain batik motif parang cokelat dan selendang corak senada.

Senada dengan busananya, Meutya bersanggul modern rendah dengan tusuk konde minimalis. Dia juga memakai anting, kalung, dan bros dan tampil dengan riasan simpel.

Sebelum dilantik sebagai presiden, beredar nama-nama calon menteri Prabowo Subianto yang berseliweran di pemberitaan nasional. Salah satunya adalahIsyana Bagoes Oka. Ia sempat dipanggil untuk menghadap dan menyambangi rumah Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan.

Gaya fesyen Osyana Isyana kerap mencuri perhatian. Ia sering tampil berkebaya maupun mengenakan busana batik. Salah satu potret yang ia unggah adalah saat perayaan 17 Agustus 2024, ia mengenakan kebaya kutu baru bernuansa kecokelatan dengan kain batik palet merah.

Mengenakan ikat pinggang dan bros emas, rambutnya dicepol sederhana. Sosok lainnya yang terlihat dipanggil ke kediaman Prabowo di Kertanegara adalah Dyah Roro Esti. Ia merupakan politikus muda Partai Golkar yang menjadi salah satu dari puluhan tokoh yang dipanggil Prabowo Subianto.

4 dari 4 halaman

Gaya Wakil Menteri Perempuan

Mengutip dari laman Antara, Dyah Roro lahir pada 25 Mei 1993. Ia merupakan putri pasangan Satya Widya Yudha dan Diah Ambarsari. Ayahnya dikenal sebagai seorang politisi Partai Golkar sekaligus eks anggota DPR RI selama 2 periode (2009-2019).

Mengulik laman Instagram miliknya yang beralamat @dyahroroestiwp, terlihat bagaimana aktivitasnya sehari-hari sebagai anggota DPR. Ciri khas dalam gaya fesyen-nya adalah kerudung yang hampir selalu tersampir di kepalanya, mirip dengan gaya putri almarhum mantan presiden Gus Dur, Yenny Wahid. Ia juga kerap mengenakan kebaya maupun batik di berbagai kesempatan dan tampak hobi berolahraga.

Stella Christie, seorang akademisi berkaliber internasional, menjadi salah satu nama yang mencuat dalam daftar calon anggota kabinet Prabowo-Gibran untuk periode lima tahun ke depan. Ada juga Dian Kusumastuti yang termasuk dalam nama yang dipanggil menghadap Prabowo. Saat itu, tampilan Diana adalah memakai busana batik dominasi palet hijau.

Mengulik dari Instagram miliknya Diana sudah sering bersinggungan dengan Jokowi maupun jajaran menteri di pemerintahan sebelumnya. Ia juga tampak ikut hadir di HUT RI yang diselenggarakan di IKN. Diana akhirnya ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umun.

 

Video Terkini