Sukses

Hari Kedua Pensiun, Jokowi Asyik Makan di Warung Soto Bareng Iriana

Jokowi dan Iriana duduk saling berhadapan di salah satu warung soto sederhana di kota Solo.

Liputan6.com, Jakarta - Joko Widodo atau Jokowi sudah melepas jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia. Ia menjalani masa pension dengan menghabiskan waktu bersama keluarganya di kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah.

Usai serah terima jabatan dengan Prabowo Subianto pada Minggu, 20 Oktober 2024, Jokowi dan Iriana terbang ke Solo dikawal oleh pesawat tempur Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU). Setelah kembali ke Solo, Jokowi mengaku belum memiliki acara khusus. Presiden ke-7 RI itu sepertinya hanya ingin menghabiskan waktu santai bersama sang istri di awal masa pensiun.

Hal ini terlihat lewat unggahan terbaru di akun Instagramnya lewat Insta Story, Selasa,22 Oktober 2024. Pria berusia 64 tahun ini nampak asyik menikmati momen makan soto bareng Iriana. Keduanya duduk saling berhadapan di salah satu warung soto sederhana di kota Solo. Jokowi terlihat memakai kemeja putih tangan panjang dan Iriana memakai tunik motif warna krem dipadukan dengan celana warna senada. Iriana melengkapi penampilannya dengan jilbab warna pink.

Keduanya menikmati semangkuk soto mereka masing-masing denagan berbagai lauk yang tersaji. Momen sederhana dan hangat seperti ini tentu dinantikan oleh Jokowi dan Iriana. Pasalnya selama ini mereka sibuk dengan berbagai kegiatan kenegaraan.

Tak hanya ke warung soto, Jokowi dan Iriana ternyata juag berburu kuliner lainnya di hari itu. Mereka menyantap olahan daging kambing di warung sate kambing Mas Di, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo pada Selasa, 22 Oktober 2024.

Sepeti diketahui, mantan Wali Kota Solo itu meninggalkan kediaman pribadinya di Jalan Kutai Utara No 1 Sumber, Banjarsari, Solo sekitar pukul 08.49 WIB. Dilansir dari kanal Regional Liputan6.com, Jokowi dan Iriana yang naik mobil Toyota Fortuner dan dikawal satu mobil serupa yang berwarna hitam itu ternyata menuju sate kambing Mas Di yang beralamat di Jalan Slamet Riyadi No 162B, Kopen, Ngadirejo, Kartasura, Sukoharjo.

Hal itu dibenarkan oleh salah satu karyawan sate kambing Mas Di yang bernama Isman. Menurut dia, Jokowi dan Iriana tiba di warung makannya sekitar pukul 09.00 WIB. Kedua orangtua Wakil Presiden RI, Gibran Rakabuming Raka itu memesan makanan olahan kambing. Hanya saja antara Jokowi dan Iriana berbeda menu yang dipesan.

 

2 dari 4 halaman

Warung Sate Kambing di Solo

"Tadi Bapak (Jokowi) dhahare (makan) tongseng kambing. Kalau Ibu (Iriana) sate buntel sama gule,” kata dia ketika dihubungi melalui sambungan telepon pada Selasa, 22 Oktober 2024. Isman menambahkan, kedatangan Jokowi dan Iriana Jokowi di warung makan sate kambingnya itu menjadi pusat perhatian pembeli maupun warga yang sedang di sekitar lokasi tersebut.

Tak pelak sejumlah pembeli yang sedang jajan di sate kambing Mas Di menyempatkan untuk foto bersama dengan Jokowi dan Iriana. “Tadi cuma bapak dan ibu sama pengawalnya. Tadi pembeli juga banyak yang foto dengan Pak Jokowi,” ucapnya.

Setelah selesai makan, kemudian Jokowi dan Iriana kembali lagi ke kediamannya di Sumber, Banjarsari, Solo. Iringan dua mobil Toyota Fortuner itu tiba di depan rumah Jokowi sekitar pukul 09.57 WIB. Jokowi dan Iriana selanjutnya keluar dari mobil dan langsung masuk ke dalam rumah.

Sepertinya soto termasuk salah satu makanan favorit Jokowi. Bulan lalu, Jokowi bersama paspampres, ditemani cucu pertamanya yakni Jan Ethes Sri Narendra makan di sebuah warung soto. Momen ini tertangkap kamera ponsel pelanggan soto Boyolali yang lokasinya di diduga di kawasan Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta Pusat.

Video itu dibagikan di media sosial, salah satunya di akun TikTok @dedioko pada 9 September 2024.  "Si akrab tuh salaman sama pak Jokowi 😅🫱🏼‍🫲🏽 kalian salaman juga gak sih kalo ketemu pak Jokowi ditempat umum?" tulis keterangan unggahan tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Jokowi dan Jan Ethes Makan di Warung

Dalam video itu Jokowi terlihat tampil santai dengan kaus putih lengan panjang. Ia duduk di sebuah kursi kayu berdampingan dengan Jan Ethes. Beberapa pengunjung terlihat menghampiri presiden untuk berfoto bersama. Usai makan soto Boyolali tersebut, Jokowi membawa dua kantong plastik yang sepertinya ia bawa pulang.

Momen Jokowi menampilkan kesederhanaan itu mendapat beragam respons warganet. Sejumlah warganet bahkan mengaitkannya dengan tingkah polah anak dan menantunya yang sedang disorot karena bergaya hidup mewah. "Tau nggak, Pak Jokowi itu sedang mengajarkan cucunya untuk bekal di masa depan supayar tidak sombong dan bersikap sederhana meski jadi orang hebat," tulis seorang warganet.

Seperti diketahui, putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono, menjadi bulan-bulanan publik karena ketahuan bepergian ke Amerika Serikat dengan menaiki sebuah pesawat jet pribadi mewah.

Sederet unggahan Instagram Story Erina Gudono, Rabu, 21 Agustus 2024, mendapat sorotan lebih dari biasanya di tengah tuntutan #KawalPutusanMK dan demo besar-besaran di Gedung DPR/MPR di Jakarta.

Dari foto dan video yang dibagikan, publik mengetahui bahwa ia bersama suaminya, Kaesang Pangarep, tengah berada di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), dalam rangka orientasi S2 Master of Science di Fakultas Social Policy and Practice (SP2) di University of Pennsylvania (UPenn).

4 dari 4 halaman

Stroller dan Roti

Namun sebelumnya, pasangan yang menikah pada Desember 2022 tersebut tampak berjalan-jalan menikmati suasana kota pesisir termahsyur tersebut. Di antaranya, mereka kedapatan belanja kebutuhan bagi calon anak mereka, seperti stroller.

Kereta bayi yang sempat muncul di Instagram Story Erina disebut sama dengan milik bayi Syahrini, yang baru saja melahirkan anak pertama buah cinta dengan suaminya, Reino Barack.

Stroller didominasi warna cokelat itu merupakan rilisan Mima seri Xari. Melansir situs web merek AS tersebut, Kamis, 22 Agustus 2024, produk ini dijelaskan sebagai kereta dorong yang unik, elegan, dan ringkas yang menawarkan pengendaraan yang nyaman dan akomodatif bagi orangtua dan bayi.

"Berkat sistem 'carrycot inside' yang dipatenkan, unit kursi berubah jadi carrycot dan sebaliknya hanya dalam 15 detik, sebuah bukti desain inovatifnya," sebut brand tersebut. Barang ini dibanderol 1.349 dolar AS (sekitar Rp21 juta).

Selain itu, Erina Gudono tampak menggoda Kaesang Pangarep terkait harga makanan di Los Angeles, AS. Salah satunya saat putra bungsu Presiden Jokowi itu tampak memakan hot dog di Grand Central Market. "Mas Kaesang, 'Mahal banget roti Rp400 ribu,'" tulis Erina mengutip ucapan suaminya.