Sukses

Profil Rachel Gupta Pemenang Miss Grand Internasional 2024, Model yang Juga Pemilik Bisnis Salon

Rachel Gupta dinobatkan sebagai Miss Grand India 2024, mendapatkan pengakuan atas kecantikan, ketenangan, dan karya advokasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Rachel Gupta dinobatkan menjadi pemenang Miss Grand International 2024 pada Jumat, 25 Oktober 2024 di Bangkok Thailand. Perempuan asal India itu akan meneruskan langkah pendahulunya, Miss Grand International 2023 Luciana Fuster asal Peru.

Mengutip dari laman India Present, Sabtu (26/10/2024), Rachel lahir pada 24 Januari 2004, di Jalandhar, Punjab, India. Saat ini Rachel berusia 20 tahun dan telah menorehkan prestasi dalam kontes kecantikan.

Dengan tinggi 1,78 meter Rachel bukan hanya seorang model dan aktris profesional, ia juga seorang pengusaha. Fasih berbahasa Inggris, Hindi, dan Punjabi, ia dikenal cerdas sejak kecil. Rachel membuat sejarah sebagai orang India pertama yang memenangkan gelar Miss Grand International yang bergengsi.

Dia berdedikasi untuk mengatasi kemiskinan dan alokasi sumber daya yang efektif, menggunakan platformnya untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong perubahan. Terkait dengan latar belakang keluarga, ayah Rachel Gupta, Rajesh Aggarwal adalah seorang pengusaha yang menggemari seni, sementara ibunya adalah seorang ibu rumah tangga yang menggemari tari klasik India.

Ia juga memiliki seorang adik perempuan bernama Nirjhar Gupta. Lingkungan yang mendukung ini memungkinkan Rachel untuk mengeksplorasi bakatnya sejak usia dini.

Pendidikan penting bagi Rachel, dan ia bersekolah di sekolah lokal di Jalandhar. Ia berprestasi secara akademis dan mengembangkan kecintaannya untuk tampil di atas panggung. Dengan dorongan dari orang tuanya, ia melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi bergengsi, tempat ia belajar filsafat.

2 dari 4 halaman

Ikut Beauty Pageant Sejak Usia 18 Tahun

Perjalanan Rachel Gupta menuju sorotan dimulai pada usia 18 tahun ketika ia mengikuti kompetisi Miss Super Talent di Paris, Prancis. Acara ini bertepatan dengan Paris Fashion Week dan menampilkan kontestan dari sekitar 50 negara. Penampilan Rachel yang memukau membuatnya mendapatkan gelar tersebut, yang melambungkannya ke ketenaran internasional.

Pada tahun 2024, Rachel mencapai tonggak penting lainnya dengan menjadi finalis dalam kompetisi Miss Grand India, yang diselenggarakan oleh Glamanand Group. Acara puncak di Jaipur membuatnya dinobatkan sebagai Miss Grand India 2024, di mana ia juga memenangkan gelar seperti Miss Top Model dan Best in Ramp Walk. Penampilannya membuatnya menjadi sosok yang terkenal di dunia kontes kecantikan.

Kesuksesan Rachel Gupta berlanjut saat ia mewakili India di kontes kecantikan Miss Grand International 2024 di Thailand. Di sana, ia membuat sejarah dengan menjadi orang India pertama dan satu-satunya orang Asia ketiga yang memenangkan mahkota Miss Grand International. Prestasi luar biasa ini membawanya pada ketenaran dan menjadikannya sumber kebanggaan bagi India.

3 dari 4 halaman

Punya Bisnis Salon

Selain kesuksesannya di kontes kecantikan, Rachel adalah seorang pengusaha. Di usianya yang baru 18 tahun, ia memulai "The Glam Bar," sebuah salon perawatan diri yang menawarkan layanan kecantikan dan pelatihan bagi para profesional yang bercita-cita tinggi.

Rachel Gupta berkomitmen untuk memberi kembali kepada masyarakat. Ia secara aktif mendukung Foundation for Slum Child Care di Bangkok dengan menyumbangkan barang-barang penting untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Ia juga mengadvokasi perlawanan terhadap kelebihan populasi. Hal ini menunjukkan kesadarannya terhadap isu-isu global yang penting dan kesediaannya untuk menggunakan platformnya untuk kebaikan.

Saat ini, Rachel masih lajang dan fokus pada karier dan tujuan sosialnya. Dia memilih untuk merahasiakan kehidupan pribadinya dan tidak membagikan detail tentang hubungan asmaranya. 

Jika mempertimbangkan keberhasilannya dalam kontes kecantikan dan usaha kewirausahaannya, kemungkinan kekayaan bersihnya diperkirakan antara sekitar 200 ribu dolar AS atau setara Rp3,1 miliar. Perkiraan ini memperhitungkan penghasilannya dari kontes kecantikan, pemodelan, dan bisnis salonnya. 

4 dari 4 halaman

Jawaban Gupta yang Bikin Juri Terkesan

Gupta mengalahkan empat finalis di lima besar lainnya adalah CJ Opiaza asal Filipina (runner up 1), Thae Su Nyein dari Myanmar (runner up 2), Talita Hartimann dari Brasil (runner up 3), dan Safietou Kabengele (runner up 4). Dalam kesempatan itu, langkah wakil Indonesia Nova Liana terhenti di babak 10 besar.

Jawaban perempuan India yang berprofesi sebagai model itu dianggap mengesankan dewan juri. Ia disodori pertanyaan soal permasalahan paling kritis di dunia saat ini yang perlu diselesaikan dan solusi yang diusulkan.

Rachel menjawab, "Para hadirin, di setiap sudut dunia, perang dan kekerasan meninggalkan bekas yang melampaui generasi, menciptakan siklus rasa sakit dan kebencian. Tetapi hari ini, saya berdiri di depan kalian untuk mengatakan bahwa siklus ini bisa dihentikan. Kita harus terlebih dahulu menerima kekuatan empati. Kita harus mendengarkan suara mereka yang berjuang dan memahami rasa sakit mereka sebagai milik kita sendiri." 

Video Terkini