Sukses

Sabda Ahessa Menikah di Yordania, Mantan Pacar Wulan Guritno Dandan bak Pangeran Arab

Sabda Ahessa menikah di Yordania. Sosok sang istri masih disembunyikan.

Liputan6.com, Jakarta - Lama tak terdengar kabar, terutama setelah akun Instagram pribadinya dihapus, Sabda Ahessa datang membawa kabar bahagia. Ia telah menikah di Yordania dalam suasana yang sederhana.

Kabar Sabda Ahessa menikah disampaikan oleh ibunya, Shanty Widhiyanti, pada Minggu, 27 Oktober 2024. Sederet foto diunggah ke akun Instagram pribadinya, menggambarkan prosesi pernikahan yang dijalani.

Akad nikah digelar saat senja, terlihat dari sorot sinar matahari oranye dari belakang tubuh mantan pebasket yang saat itu mengenakan jubah warna putih gading panjang khas Arab yang disebut dishdasha. Penampilannya makin mirip pangeran Arab saat mengenakan penutup kepala khas Yordania berwarna putih yang disebut shamagh.

Senyum terkembang dari wajahnya yang kini berjenggot saat bersalaman dengan seorang pria diduga ayah mertuanya. Di samping kanan kirinya duduk pria berwajah Timur Tengah yang disinyalir menjadi saksi nikah. Sementara dari pihak Sabda, ia terekam didampingi ibu dan ayah sambungnya yang berkemeja batik lengan panjang.

"Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jama’a bainakumaa fii khair. Alhamdulillah Allah mempertemukan Sabda dengan jodohnya di Yordania. In Shaa Allah semoga samawa dan Bunda selalu mendoakan yang terbaik. Love you," tulis Shanty dalam unggahan tersebut. 

 

Meski begitu, sosok istri Sabda tak sama sekali diperlihatkan dalam deretan potret tersebut. Sejumlah rekan Shanty menyelamati pernikahan Sabda.

"MasyaAllah Alhamdulillah Semoga Semakin Bahagia , Berkah & SAMAWA Rumah Tangga Sabda & Istri ya, Aamiin YRA🤲🙏🤍," tulis penyanyi dangdut Kristina.

2 dari 4 halaman

Sabda Ahessa Putuskan Hijrah

Sebelumnya, Sabda Ahessa memilih jalan hijrah dari dunia malam, tidak lama setelah putus dari Wulan Guritno. Karena itu, banyak orang berasumsi perpisahan itu yang memicu perubahan dalam hidup pria bernama lengkap Sabdayagra Ahessa tersebut. 

Namun, Sabda menegaskan bahwa alasan hijrahnya bukan karena putus cinta, melainkan masalah kesehatan. Pria kelahiran 21 Maret 1996 itu secara terbuka mengaku gaya hidupnya yang buruk menjadi alasan hijrah saat berbincang di kanal YouTube Melaney Ricardo.

Ia mengaku sering pergi ke klub malam dan mengonsumsi alkohol, telah mempengaruhi kesehatannya secara negatif. Penyesalan terlihat jelas di raut wajahnya ketika ia menceritakan masa lalu yang penuh dengan kesenangan duniawi.

Disambung Sabda, faktor utama yang menjadi motivasinya untuk berhijrah adalah masalah kesehatan. Ia mengaku ususnya mengalami gangguan lantaran sebelumnya kerap kali berfoya-foya hingga mengonsumsi alkohol.

"Hidupku sebelum radang usus, itu hanya serangkaian kesenangan duniawi. Semuanya hanya untuk memuaskan hawa nafsu," aku Sabda, dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com.

3 dari 4 halaman

Ingin Taaruf

Dari kondisi kesehatan yang mulai menurun itu, Sabda mulai mengintrospeksi diri dan mendalami agama. "Mulai kepikiran, mulai introspeksi, dan mulai menilai semua keputusan-keputusan besar di hidupku yang sudah aku buat itu dasarnya apa," ungkap Sabda Ahessa. 

Setelah mendalami agama, Sabda Ahessa mengubah pandangannya mengenai pasangan. Ia tak ingin lagi pacaran, melainkan mencari wanita yang punya visi serta misi serupa agar bisa menikah melalui proses ta'aruf.

Perubahan sikap Sabda disambut gembira sang ibu. "Anak saya menjadi sangat religius, alhamdulillah," ujar Shanty, dalam wawancara di kanal YouTube Alvin in Love, Kamis, 21 Maret 2024.

Shanty menyatakan bahwa perubahan tersebut merupakan anugerah dari Tuhan. Sabda kini lebih sering mengingatkan dirinya untuk berdoa, sesuatu yang sebelumnya tidak pernah dilakukannya. "Bahkan dia yang mengingatkan saya, 'Bunda, sudah waktunya berdoa setelah shalat Ashar' padahal sebelumnya tidak pernah," ungkapnya.

Selain itu, Shanty juga menceritakan bahwa Sabda sekarang lebih rajin beribadah dan membaca Al-Quran setiap hari setelah menunaikan salat. Selama menjomlo, Sabda juga kerap mengingatkan ibunda mengenai hal-hal religius. Salah satunya, perkara patung.

 

4 dari 4 halaman

Sempat Sengketa dengan Wulan Guritno

Sebelumnya, Sabda berkonflik dengan Wulan Guritno setelah mereka putus sekitar Oktober 2023. Wulan menggugat mantan kekasihnya itu karena masalah utang piutang ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Perkara tersebut tercatat dengan nomor perkara 5/Pdt.G.S/2024/PN JKT.SEL dengan tergugat Sabdayagra Ahessa.

Humas Pengadilan Negeri atau PN Jakarta Selatan, Djuyamto, membenarkan adanya gugatan Wulan terhadap pria bernama lengkap Sabdayagra Ahessa. "Benar terdaftar," kata Djuyamto saat dihubungi pewarta di Jakarta, Senin, 26 Februari 2024, mengutip kanal Showbiz Liputan6.com.

Berita itu cukup mengejutkan, karena selama ini tidak ada kabar kalau keduanya terlibat konflik, apalagi yang berhubungan dengan masalah keuangan. Kuasa hukum Wulan, Ficky Fernando membeberkan ihwal gugatan yang dilayangkan kliennya terhadap Sabda.

Menurut dia, Wulan mencoba untuk menagih uang renovasi rumah yang terletak di Jalan Kemang Timur IAPCO Nomor 16, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan."Awalnya mereka sudah mau ke jenjang serius, karena itu awalnya Wulan dan Sabda sepakat untuk merenovasi rumah. Tapi karena suatu hal, mereka putus," ungkap Ficky.

Saat putus, dikatakan Ficky, Sabda sepakat untuk mengembalikan seluruh pemberian Wulan, termasuk uang renovasi rumah senilai Rp 396.150.000. Berulang kali Wulan meminta agar uang renovasi dibayar, Sabda tak kunjung mengembalikan uang sejak 2023.