Sukses

Simpatisan Calon Gubernur Meminta Pilkada Ditunda

Sejumlah massa yang berasal dari empat pendukung calon Gubernur Sulteng dan Masyarakat Banawa meminta pilkada setempat ditunda. Protes ini dilakukan mereka dalam unjuk rasa di Gedung KPU Sulteng.

Liputan6.com, Palu: Ratusan massa dari dua kelompok berbeda berunjuk rasa secara bergelombang di depan Gedung Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tengah, Ahad (15/1) siang. Dalam orasinya, mereka meminta pemilihan kepala daerah (pilkada) Sulteng yang akan digelar besok ditunda karena belum seluruh pemilih terdaftar.

Protes ini awalnya berjalan lancar. Namun, ketika mereka hendak memaksa masuk ke dalam gedung (KPU) sempat terjadi aksi saling dorong dengan sejumlah polisi yang menjaga jalannya unjuk rasa. Massa yang kesal akhirnya merobohkan dua pintu gapura dan membakarnya.

Hingga menjelang petang pengunjuk rasa tetap bertahan di lokasi unjuk rasa. Menurut Seketaris KPU Sulteng, Yahdi Basma, kedua kelompok itu berasal dari para pendukung calon Gubernur Sulteng peserta pilkada dan masyarakat Banawa. "Mereka datang selang beberapa menit setelah kelompok pertama (simpatisan calon Gubernur Sulteng) datang," kata Yadi kepada presenter SCTV, Rieke Amru, dalam telewicara Liputan 6 Petang.

Yahdi menambahkan, pukul 17.00 WITA akhirnya mereka membubarkan diri. Dan, aksi mereka tidak akan mempengaruhi pelaksanaan pilkada Sulteng. "Pilkada Gubernur Sulteng pasti akan digelar besok," tegas Yahdi.

Penolakan terhadap pelaksanaan pilkada ini memungkinkan menambah ketegangan politik di daerah tersebut. Sementara itu, dalam pilkada tersebut para pemilih akan memilih satu dari empat pasangan calon Gubernur. Mereka adalah pasangan Aminudin Pinolele-Shahabudin Mustafa, Bandela Paliuju-Ahman Tjahja, Yusuf Paddong-Muisthahir, dan Rully Lamadjido-Sudarto.(ZIZ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini