Sukses

Ritual Homa untuk Keselamatan Bangsa

Penyelenggaraan ritual ini dilatarbelakangi banyaknya bencana alam yang menimpa bangsa Indonesia. Selain dihadiri beberapa pendeta Hindu dari Bali, upacara keagamaan ini juga dihadiri beberapa pendeta dan orang suci dari India.

Liputan6.com, Buleleng: Ratusan umat Hindu mengikuti upacara Homa di Monumen Sri Maha Ganesh, kawasan Lovina di Kabupaten Buleleng, Bali, belum lama ini. Dalam ritual yang dihadiri juga beberapa pendeta dan orang suci asal India ini untuk memohon kedamaian dan keselamatan bagi bangsa Indonesia yang terus didera bencana alam.

Monumen Dewa Ganesha dipilih sebagai tempat ritual karena dipercaya sebagai Dewa Penolak Bala. Dalam ritual bajan atau puji-pujian kepada Tuhan dipanjatkan secara secara bersama-sama. Diharapkan doa ini didengar Sang Pencipta sehingga berbagai bencana alam yang melanda Tanah Air tidak berlanjut.

Dalam upacara Homa, mereka juga memohon kekuatan dan ketabahan untuk menghadapi bencana yang diberikan pada rakyat Indonesia. Dalam kesempatan ini, para peserta mengajak warga tidak hanya menyalahkan alam. Diharapkan warga untuk introspeksi diri, terutama tentang cara memperlakukan alam.(JUM/Putu Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.