Sukses

Kebakaran Lahan di Jambi Kian Parah

Hari ini aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Thaha Jambi ditiadakan akibat kabut asap yang ditimbulkan kebakaran lahan. Berdasarkan data Dinas Kehutanan Jambi, tercatat 3.289 titik api di 10 kabupaten.

Liputan6.com, Jambi: Kebakaran lahan di Provinsi Jambi kian meluas hingga Sabtu (26/8). Menurut Dinas Kehutanan Jambi, sebanyak 3.289 titik api tercatat dari 10 kabupaten di Jambi. Titik api terbanyak berada di Kabupaten Tebo yakni 941 titik. Sementara di Kabupaten Muaro Jambi sebanyak 586 titik dan Batanghari 355 titik.

Kondisi ini juga telah mengganggu aktivitas penerbangan di Bandar Udara Sultan Thaha Jambi. Akibatnya jadwal penerbangan untuk hari ini tidak ada sama sekali. Berdasarkan pantauan SCTV dari udara, lokasi kebakaran yang mengeluarkan asap banyak terlihat di seluruh kabupaten dan kota di Jambi. Kondisi ini membuat Jambi berada pada urutan kelima di Tanah Air yang memiliki titik api terbanyak setelah Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Riau, dan Sumatra Selatan.

Setidaknya lebih dari 400 personel pemadam kebakaran atau Manggal Agni telah diturunkan Dinas Kehutanan Jambi ke berbagai lokasi untuk memadamkan kobaran api. Dari sekitar 5.000 hektare lahan yang terbakar sebanyak 1.157 hektare di antaranya telah berhasil dipadamkan hingga saat ini [baca: Ratusan Warga Jambi Terserang Penyakit Pernapasan].(ZIZ/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.