Sukses

Miriam Budiardjo Tutup Usia

Profesor ilmu politik UI Miriam Budiardjo meninggal karena penyakit pernapasan dan gagal ginjal. Rencananya, mantan Wakil Ketua Komnas HAM ini dimakamkan di Parung, Bogor, Jawa Barat, esok pagi.

Liputan6.com, Jakarta: Satu lagi ilmuwan besar Indonesia tutup usia. Senin (8/1) petang, guru besar ilmu politik Universitas Indonesia Miriam Budiardjo meninggal dunia di rumah sakit karena penyakit pernapasan dan gagal ginjal. Saat ini, almarhumah disemayamkan di rumah duka Jalan Proklamasi 37, Menteng, Jakarta Pusat. Rencana, mendiang dimakamkan di Parung, Bogor, Jawa Barat, besok pagi.

Wanita cerdas ini mengembuskan napas terakhir setelah menjalani perawatan di rumah sakit selama sebulan. Miriam meninggal di usia 83. Mertua sosiolog Imam B. Prasodjo ini adalah salah satu pendiri Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI.

Semasa hidupnya, Miriam pernah menjabat Wakil Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia. Dia telah menghasilkan buku-buku ilmu politik yang dipakai referensi di hampir seluruh disiplin ilmu sosial dan politik di Tanah Air. Atas jasa-jasanya nama almarhumah diabadikan untuk perpustakaan FISIP UI, yakni Miriam Budiardjo Resource Center.(JUM/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini