Sukses

Malaysia Mamatenkan Obat Kanker Indonesia

Susi Endrini berhasil menemukan obat kanker dalam bentuk teh dan sop yang hak patennya berada di tangan Malaysia yang membiayai penelitiannya. Dia sedang berupaya menemukan obat kanker baru.

Liputan6.com, Jakarta: Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara-negara berkembang. Di Indonesia, penyakit ini berada dalam urutan kelima penyebab kematian. Dan, seorang peneliti Indonesia berhasil menemukan obat kanker dalam bentuk teh dan sop. Sayangnya, hak paten temuan itu justu dimiliki Malaysia yang membiayai penelitian dosen berjilbab ini.

Ditemui di Jakarta, baru-baru ini, Susi Endrini menceritakan penemuan obat kanker dengan bahan dasar tanaman keji beling. Tanaman asli Indonesia ini dikenal sebagai obat ginjal. Namun di tangan perempuan berkacamata ini, keji beling ternyata juga efektif mencegah pertumbuhan sel kanker tanpa membunuh sel normal. Uniknya lagi, obat pencegah kanker temuan Susi bisa dikonsumsi dalam bentuk teh dan sop. Hanya, produk-produk ini tidak bisa dibeli di dalam negeri karena penelitian Susi dibiayai pemerintah Malaysia melalui program beasiswa.

Namun Wakil Rektor dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta ini tak berkecil hati. Dia terus berkreasi membuat obat kanker baru. Selain dalam bentuk teh dan sop, dia juga sedang mencoba menciptakan permen pencegah kanker. Upaya Susi bakal dinikmati warga Indonesia jika pemerintah lebih sigap mendukung penuh penelitiannya. Sebab, selama ini, produk penelitian Susi cuma dinikmati warga negara maju di Asia, Timur Tengah, dan Eropa.(TNA/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini