Sukses

Olahan Daun Bayam Menjadi Soto

Pada umumnya, daun bayam dimasak sebagai sayur bening, pecel, atau lalapan. Namun di Warung Makan Pringgading yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol, Semarang, daun bayam dimasak menjadi soto.

Liputan6.com, Semarang: Hampir semua orang pernah menikmati soto karena makanan ini mudah ditemui di setiap daerah di Tanah Air. Namun soto di Semarang yang satu ini tergolong istimewa dan barangkali hanya satu-satunya. Namanya soto bayam.

Umumnya daun bayam dimasak sebagai sayur bening, pecel, atau lalapan. Tetapi di Warung Makan Pringgading yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol Nomor 10 A, Semarang, daun bayam dimasak menjadi soto. Soto bayam ini boleh dikatakan satu-satunya yang ada di Semarang.

Nyonya Sumarjo, pemilik tempat itu menuturkan, membuat soto bayam awalnya hanya coba-coba untuk mencari jenis masakan baru. Tanpa diduga ternyata hasilnya menggembirakan, banyak pembeli yang menyukai olahan soto bayamnya. Bahkan banyak di antara mereka yang menjadi pelanggan tetap restorannya.

Dalam satu mangkuk soto terdiri dari sayur bayam, kecambah, nasi, irisan daging sapi, serta kuah yang telah diberi bumbu layaknya soto. Tak lupa bumbu rempah-rempah yang menjadi kekhasan soto bayam ini. Cukup dengan uang Rp 3.500 pengunjung dapat menikmati semangkuk soto bayam. Hidangan ini sangat cocok bila dipadukan dengan sate daging koyor seharga Rp 1.500 per tusuk.

Usaha soto bayam bagi Nyonya Sumarjo bukan hanya sambilan. Warung yang dirintis sejak tahun 1984 ini menjadi tumpuan hidup seluruh keluarga. Setiap hari, ratusan pembeli datang ke warung makan tersebut. Warung dibuka mulai pukul 06.00 WIB dan tutup sekitar pukul 17.00 WIB. Bagi yang ingin mencoba Soto Bayam Pringgading ini dianjurkan untuk datang waktu sarapan pagi atau di luar jam makan siang. Maklum, pada jam itu biasanya warung penuh pembeli.(YNI/ Teguh Hadi Prayitno dan Kukuh Ary Wibowo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.