Sukses

Masyarakat Kembali ke Minyak Tanah

Unih tak mau lagi memakai kompor gas karena harga gas yang lebih mahal ketimbang harga minyak tanah. Warung-warung pengecer menjual gas Pertamina di atas harga eceran yang ditetapkan.

Liputan6.com, Depok: Usaha pemerintah mengkonversi minyak tanah ke gas tampaknya akan sia-sia. Warga Depok, Jawa Barat, yang sudah diberikan kompor gas gratis justru kembali memakai kompor minyak tanah bahkan kayu bakar. Alasannya, agen pengisian gas sangat jauh dan mahal.

Unih contohnya, tak mau lagi memakai kompor dan gas gratis dari pemerintah. Selain merasa tak terlalu paham menggunakannya, harga gas yang mencapai Rp 12.750 per tiga kilogram ternyata masih lebih mahal ketimbang harga minyak tanah yang hanya mencapai Rp 2.750 per liter. Untuk membelinya pun Unih harus berjalan cukup jauh dan makan biaya.

Hal serupa dilakukan Halimah. Kompor gas gratis miliknya sudah rusak. Dia terpaksa kembali menggunakan kompor minyak tanah bahkan kayu bakar untuk lebih menghemat. Penghasilan suaminya yang hanya kuli bangunan juga tak mampu membeli gas. Apalagi gas dari Pertamina dijual di atas harga eceran yang ditetapkan.

Minyak tanah tampaknya masih menjadi pilihan masyarakat kecil lantaran murah dan mudah didapat. Jika demikian, konversi minyak tanah ke gas elpiji dikhawatirkan membuat warga makin terpuruk. Pemerintah perlu melakukan terobosan kebijakan yang bisa memberi kemudahan bagi rakyat kecil bukan sekadar memberi kompor dan gas gratis.(TOZ/Nahyudi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini