Sukses

Jam Antik Berharga Miliaran Rupiah

Di Medan, Sumatera Utara ada sebuah jam yang dibuat pada 1854. Keseluruhan jam berharga tiga miliar rupiah ini terbuat dari perunggu, karenanya dinamai jam bronz.

Liputan6.com, Jakarta: Bagi para kolektor, jam tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu tapi mempunyai nilai tersendiri. Apalagi jika benda itu sudah tua atau antik. Di Medan, Sumatra Utara, ada sebuah jam antik berharga tiga miliar rupiah.

Menurut Nurhayati, pemilik jam antik yang ditemui SCTV belum lama berselang, jam ini dibuat pada 1854 di Amerika Serikat. Keseluruhan elemen jam ini terbuat dari perunggu. Karena itu dinamai jam bronz.

Untuk memperindah penampilan, jam dihiasi gambar patung Ratu Victoria, pengawal Kerajaan Inggris, serta sebuah brankas tempat menyimpan dokumen dan uang.

Awalnya jam ini dibeli dari makelar barang antik dalam kondisi tidak utuh. Berbekal buku sejarah jam, Nurhayati berhasil menyatukan elemen yang terpisah-pisah di beberapa kota. Menurut dia, di dunia hanya ada tiga jam semacam ini. Dua jam lainnya berada di London, Inggris dan Paris, Prancis.(IAN/Chaerul Dharma dan Cuk Arbianto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini