Sukses

Produk Cina Mulai Diawasi

Puluhan orang dan hewan di Panama serta Amerika Serikat tewas setelah mengkonsumsi produk Cina. Sejauh ini, belum ada peringatan dari BPOM mengenai makanan dan nonmakanan produk Cina berbahaya di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta: Bagi penggemar makanan dan obat-obatan Cina, mulai sekarang harus lebih berhati-hati. Pasalnya, sudah ada puluhan orang dan hewan di Panama serta Amerika Serikat yang mati setelah mengkonsumsi produk cina. Produk yang ditengarai berbahaya antara lain pasta gigi yang mengandung bahan kimia diethylene glycol dan makanan hewan dengan jenis protein mengandung melamine.

Laporan Komisi Uni Eropa pada 2007 tentang keamanan produk makanan menemukan lebih dari 900 produk berbahaya yang hampir separuhnya buatan Cina. Sejauh ini, belum ada pernyataan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan tentang makanan serta nonmakanan produk Cina berbahaya yang masuk ke Indonesia. Desember 2006, BPOM hanya merilis beberapa kosmetik Cina yang mengandung bahan kimia obat keras [baca: Waspadai Produk Kosmetik Anda].(BOG/Zulkarnain dan Junaedi Setiawan)

    Video Terkini