Sukses

Bengkel Motor Penderita HIV/AIDS

Bengkel motor di Kabupaten Wajo didirikan Ambo Dalle dan kedua rekannya yang juga menderita HIV/AIDS. Mereka kini sedang berupaya menghimpun para penderita AIDS di Wajo yang telah mencapai 70 orang.

Liputan6.com, Wajo: Menderita penyakit Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) tidak mematahkan semangat hidup penderitanya. Itulah yang ditunjukkan Ambo Dalle. Kebiasaan menggunakan jarum suntik narkotik dan obat-obatan berbahaya telah membuat dia dan kedua rekannya terserang HIV/AIDS. Namun mereka tak berdiam diri menunggu waktu. Ketiganya bertahan hidup dengan membuka usaha bengkel motor di Wajo, Sulawesi Selatan.

Tak hanya itu, Ambo Dalle berupaya menghimpun para penderita AIDS yang diperkirakan mencapai 70 orang. Sepengetahuannya, penyakit mematikan ini sudah menelan 20 korban jiwa di Kabupaten Wajo. Namun hal itu dibantah Dinas Kesehatan Wajo yang menyebutkan penderita AIDS hanya berjumlah 13 orang. Dinkes pun mengaku telah memberikan perhatian kepada para penderita.

Terlepas dari perbedaan jumlah, penyakit AIDS yang sudah menyebar ini tetap harus mendapat perhatian. Tanpa kebijakan yang jelas, bukan tak mungkin jumlah penderita akan terus bertambah. Jumlah penderita HIV/AIDS di Indonesia sudah mencapai lebih dari 11 ribu orang. Lebih dari 1.600 di antaranya meninggal.(YNI/Zainuddin dan Rusly Hendra)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.