Sukses

Kapal Tribuana I Berangkat ke Merak

KMP Tribuana I diharapkan bisa langsung kembali melayani penyeberangan Merak-Bakauheni dan mengurangi kepadatan di Pelabuhan Merak. Dua kapal bantuan TNI AL malam ini bertolak ke Pelabuhan Panjang, Lampung, khusus mengangkut truk.

Liputan6.com, Surabaya: Kapal Motor Penumpang Tribuana I yang selesai diperbaiki telah berangkat ke Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (30/8) petang. Kapal motor ini telah menjalani perbaikan selama 12 hari di PT Dok dan Perkapalan Surabaya, Jawa Timur. Perjalanan menuju Jakarta diperkirakan memerlukan waktu sekitar 40 jam. Kapal penumpang ini diharapkan bisa langsung kembali melayani penyeberangan Merak-Bakauheni.

KMP Tribuana I mengalami perbaikan pada beberapa bagian. Kapal penumpang berbobot mati 6.188 gross ton ini mengalami kerusakan pada baling-baling, engsel room door, serta pergantian pelat dok kapal. Di pangkalan dok Jakarta sendiri terdapat dua feri yang masih dalam perbaikan [baca: Baru Satu Kapal Bantuan Tiba di Pelabuhan Merak].

Sementara itu, dua kapal bantuan dari TNI Angkatan Laut sudah merapat di Dermaga Merak. Kedua kapal tersebut petang ini menuju Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten. Rencananya dua kapal ini akan bertolak ke Pelabuhan Panjang, Lampung, khusus mengangkut truk. Meski kapasitasnya tak sebanyak feri yang biasa digunakan, kapal TNI AL ini diharapkan dapat membantu mengurangi kepadatan arus truk yang saat ini terjadi di Pelabuhan Merak.(TOZ/Tim Liputan 6 SCTV)