Sukses

Menkes Menjenguk "Manusia Pohon"

Dede, "manusia pohon", asal Jawa Barat dijenguk Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari. Warga Cihampelas, Bandung ini mengidap penyakit sejenis kutil yang tumbuh terus menerus dan mengeras seperti kulit pohon.

Liputan6.com, Bandung: Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mengunjungi Dede, penderita penyakit sejenis kutil seperti kulit pohon di ruang perawatan Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat, Ahad (25/11). Kunjungan ini lebih istimewa lagi karena Menkes sengaja diutus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menengok Dede.

Menkes juga menyampaikan pesan dari Presiden dan Ibu Negara agar dede tetap menjalani perawatan di rumah sakit sampai sembuh. Seluruh biaya pengobatan ditanggung pemerintah [baca: "Manusia Pohon" Dirawat di RS Hasan Sadikin].

Kondisi warga Cihampelas, Bandung Barat ini memang memprihatinkan. Akibat penyakit kulit yang deritanya sekujur tubuh Dede terutama wajah, tangan, dan kakinya menjadi tidak normal. Bahkan, tangan dan kakinya tumbuh berbentuk seperti akar pohon sehingga ia dijuluki "manusia pohon". Ketidaknormalan fisik membuat Dede dijauhi orang termasuk istri yang akhirnya meninggalkannya.

Sepuluh tahun silam Dede sebenarnya sempat dirawat di RSHS selama 460 hari. Namun, penyakitnya tak kunjung sembuh. Kini ia berobat lagi dengan bantuan penuh pemerintah. Bantuan ini tentu sangat dibutuhkan Dede meski terkesan sebagai upaya agar pemerintah tidak kehilangan muka setelah justru peneliti dari luar negeri yang tergerak untuk mengobati pria malang ini.(IAN/Patria Hidayat dan Taufik Hidayat)