Sukses

Pertamina, Pemimpin Pasar Pelumas Nasional

Kualitas pelumas Pertamina sudah diakui masyarakat nasional dan internasional. Pertamina juga memberikan keuntungan yang optimal tidak hanya kepada konsumen tapi juga bagi pemilik usaha dan pemerintah.

Liputan6.com, Bandung: PT Pertamina berhasil mempertahankan reputasi sebagai pemimpin pasar pelumas nasional hingga penghujung 2007. Bahkan, kualitas produk pelumas Pertamina telah diakui masyarakat internasional. Market share yang dibukukan Pertamina juga mencapai 55 persen.

Menurut Retail Marketing Manager Pelumas Pertamina Hasto Wibowo, Pertamina menawarkan produk pelumas yang sangat lengkap untuk berbagai kebutuhan seperti alat berat, industri, dan otomotif. "Untuk kebutuhan sehari-hari bisa memakai Mesran dan Prima XP. Sedangkan penggemar otomotif atau balap formula dapat menggunakan sintetic oil seperti Fastron," Kata Hasto belum lama ini.

Posisi pelumas Pertamina di pasaran memang sangat kuat. Ini diakui sejumlah pemilik bengkel di Tanah Air. Salah satunya Susan Aulia, pemilik bengkel layanan ganti oli mobil dan sepeda motor Setyabudhi Oil Sevice di Bandung, Jawa Barat. Susan mengaku sudah menyediakan pelumas Pertamina sejak membuka bengkel pada 1986. "Oli Pertamina mudah dijangkau konsumen. Pelumas yang banyak diminati adalah Mesran Prima XP," tutur Susan.

Pujian senada disampaikan Yongi Setiadi, pemilik bengkel Yong's Motor di Bandung. Yongi makin setia menjual pelumas Pertamina sejak kemunculan Enduro 4 Tak Race pada 2005. "Saya menjamin kepuasan konsumen dengan membeli pelumas Pertamina," ujar Yongi.

Kualitas Pertamina memang tak diragukan lagi. Selain pemilik bengkel, manfaat pelumas Pertamina juga dirasakan masyarakat umum. Musisi Jimmy Manopo, misalnya. Ia mengaku dapat mengendarai sepeda motornya dengan nyaman sejak memakai pelumas Pertamina. "Memakai Enduro mesin sepeda motor saya menjadi lebih bagus," jelas Jimmy.

Pengakuan tak jauh berbeda diungkapkan Mario Susanto. Ia mempercayakan pelumas Pertamina untuk mesin kendaraannya sejak dua bulan silam. "Produk mahal belum tentu bagus, pelumas Pertamina pilihan saya," kata Mario.

Selama ini Pertamina telah membuktikan upayanya memberikan keuntungan optimal bagi semua pihak. Produk yang dihasilkan Pertamina lebih tinggi dari nilai rupiah yang mesti dibayar konsumennya. Begitupun kepada pengusaha bengkel, Pertamina menjamin kepastian usaha. Sementara manfaat Pertamina bagi pemerintah adalah keuntungan dalam bentuk deviden. Keberhasilan ini sesuai dengan motto yang diusung Pertamina "Kita Untung Bangsa Untung".(RMA/Tim Usaha Anda)

Pertamina Contact Center : (021) 79173000
Layanan pesan singkat (SMS) : (021) 71113000
Kunjungi situs kami : www.pertamina.com/pelumas/