Sukses

Harga Minyak Tanah di Lampung Meninggi

Di Lampung, minyak tanah dijual di atas harga eceran tertinggi sebesar Rp 520 per liter. Bahkan, di Sumatera Selatan harga minyak tanah mencapai Rp 1.000 per lite

Liputan6.com, Lampung: Harga minyak tanah di Lampung dijual di atas harga eceran tetinggi yang ditetapkan Pemerintah Daerah setempat sebesar Rp 520 per liter. Misalnya, di Teluk Betung, yang hanya berjarak dua kilometer dari Depot Pertamina, minyak dijual seharga Rp 700 rupiah per liter. Sedangkan di Sukajawa dan Kemiling, harga mencapai Rp 800 hingga Rp 850 per liter. Demikian hasil pantauan SCTV, di Lampung, baru-baru ini.

Menurut Maskun, penyalur minyak tanah, pelanggaran harga sudah terjadi di tingkat agen. Sebagian besar agen di Lampung menjual minyak tanah dengan harga Rp 550 per liter. Sedangkan harga yang ditetapkan Pemda setempat hanya berlaku di tingkat pangkalan.

Keluhan yang sama juga disampaikan warga Kabupaten Prabumulih, Sumatera Selatan. Harga minyak tanah di daerah itu berkisar Rp 700 hingga Rp 800 per liter. Bahkan, di Lubuk Raman, harga minyak dijual seharga Rp 1.000 per liter.

Kepala Hubungan Pemerintahan dan Masyarakat Unit Pembekalan dan Pemasaran Dalam Negeri Rasyid Salim menyatakan, harga jual para pedagang sudah menyalahi ketentuan. Sebab itu, Pertamina berencana menggelar operasi pasar dengan menjual harga minyak sesuai harga eceran, yakni Rp 550 per liter.(COK/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini