Sukses

Perumahan Pantai Indah Kapuk Dianggap Penyebab Banjir

Perumahan Pantai Indah Kapuk dinilai telah mengambil areal yang sebenarnya menjadi semacam tempat parkir air. Pihak perumahan Pantai Indah Kapuk membantah keras tudingan bahwa mereka bersalah.

Liputan6.com, Jakarta: Salah satu biang banjir yang merendam Jalan Tol Sedyatmo yang merupakan akses menuju Bandar Udara Soekarno-Hatta dalam beberapa tahun terakhir adalah banyaknya perumahan di pesisir utara Jakarta. Perumahan-perumahan itu telah mengambil areal yang sebenarnya menjadi semacam tempat parkir air.

Salah satu perumahan penyebab banjir tol menuju Bandara Soekarno-Hatta adalah Pantai Indah Kapuk. Perumahan seluas 800 hektare ini tidak terkena banjir meskipun sebagian besar wilayah bandara dan sekitarnya yang ada di pesisir utara Jakarta terendam banjir.

Padahal letak Perumahan Pantai Indah Kapuk justru berada di lokasi yang disebut-sebut sebagai tempat parkir air Ibukota yang pembangunannya didukung pemerintah Orde Baru. Namun pihak perumahan Pantai Indah Kapuk membantah keras tudingan bahwa mereka bersalah.

Sebenarnya selain pembangunan Pantai Indah Kapuk, ada faktor lain yang ikut memicu banjir yaitu penurunan ketinggian jalan tol yang terjadi setiap tahunnya. Yang jelas, apapun penyebabnya pemerintah sadar sudah waktunya Ibukota memiliki perencanaan tata kota yang lebih baik.(JUM/Nastiti Lestari dan Akbar Berno)

    Video Terkini